Thursday, May 23, 2019

7 Kesalahan Yang Paling Sering Dilakukan Dikala Bumbui Masakan

Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Pemasak pemula kerap melaksanakan kesalahan sepele ketika menciptakan hidangan. Termasuk 7 kesalahan dalam membumbui masakan menyerupai berikut.

Membumbui masakan mungkin terasa lebih rumit dari asumsi sebab tidak ada tolak ukur khusus dalam setiap resep. Hal ini niscaya dirasa jadi kendala utama terutama bagi mereka yang gres berguru memasak.

Setiap jenis bumbu dan rempah mempunyai kadar rasa yang berbeda sehingga dosis yang sempurna sanggup berbeda pula. Jika masakan Anda kerap terasa dingin atau tidak memuaskan dalam hal bumbu, mungkin ada yang salah dengan cara membumbuinya. Mulai dari memakai garam dalam jumlah terlalu sedikit atau menyimpan rempah terlalu lama.

Baca juga: Bisa Kaprikornus Anda Sering Lakukan 8 Kesalahan Umum Ini Saat Memasak

Menurut Dan Zuccarello, editor direktur buku masakan di America's Test Kitchen, ada tujuh kesalahan umum yang dilakukan ketika membumbui masakan. Informasinya dirangkum Self (23/5) menyerupai berikut.

7 Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Saat Bumbui MasakanFoto: iStock

1. Tidak menambahkan garam
Menggarami masakan sangatlah penting untuk keberhasilan resep. Garam mempunyai kekuatan untuk menciptakan daging lebih juicy sampai kuliner anggun menjadi lebih manis. Samin Nosrat menjelaskan dalam bukunya yang berjudul "Salt Fat Acid Heat", ketika garam dipakai dalam jumlah yang tepat, kuliner akan terasa lebih alami dan lezat.

2. Menggunakan garam dalam jumlah yang salah
Kapanpun Anda merebus sesuatu, air yang dipakai harus ditambahkan 1 sendok makan garam (disarankan memakai garam kosher) dalam setiap 4 liter air. Dengan demikian, kuliner akan lebih efektif menyerap bumbu ketika diolah. Jumlah garam yang banyak karenanya akan menguap, sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan masakan. Cobalah rasakan kadar rasa asin pada air sebelum digunakan. Jika asinnya menciptakan bibir Anda terasa keriput, maka air siap digunakan.

Tambahkanlah garam pada masakan secara sedikit demi sedikit dan rasakan terlebih dahulu. Hal ini mencegah masakan menjadi terlalu asin atau kurang asin. Jika mengolah daging, Zuccarello menyarankan untuk memakai 1 sendok teh garam kosher untuk setiap pound daging. Pastikan Anda tidak mengasinkan daging terlalu usang dan sesuaikan dengan jenis dagingnya.

7 Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Saat Bumbui MasakanFoto: iStock

3. Selalu memakai lada hitam
Zuccarella mengatakan, "Lebih dari sekadar sensasi hangat dan menggigit yang diberikan, lada hitam meningkatkan kemampuan pengecap untuk merasakan makanan, menstimulasi kelenjar ludah sehingga merasakan lebih baik." Namun tidak perlu selalu menggunakannya bersama dengan garam sebab lada memang meningkatkan kemampuan perasa namun tidak sanggup mengelurkan rasa orisinil dari kuliner menyerupai garam.

Baca juga: Jangan Ditiru, 5 Kesalahan Soal Makanan yang Sering Dilakukan Orang

4. Menggunakan bumbu instan
Penggunaan bumbu instan memang terkenal dalam gaya hidup yang praktis. Namun, lebih baik memakai rempah segar dan diolah sendiri biar masakan menjadi lebih enak maksimal. "Proses pemarutan akan melepaskan senyawa gampang menguap yang menawarkan rasa dan aroma pada rempah," ujar Zuccarello. Anda sanggup tetap memakai bumbu yang sudah jadi atau sudah digiling dari pasar, tetapi bila mengharapkan rasa yang besar lengan berkuasa cobalah untuk mengolahnya sendiri.

5. Rempah sudah terlalu lama
Jika Anda sudah memakai rempah yang melimpah namun tetap tidak mendapat rasa yang diinginkan, mungkin Anda sudah terlalu usang menyimpan rempah tersebut di dapur. Hal ini dikarenakan semakin usang rempah disimpan, maka semakin banyak senyawa yang hilang. Sebaliknya, semakin segar rempah tersebut maka rasanya akan semakin kuat. Cobalah untuk memperbarui simpanan rempah Anda enam bulan atau satu tahun sekali. Deteksi usia rempah dengan menciumnya, bila aromanya tidak terasa berarti sudah saatnya untuk disingkirkan.

7 Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Saat Bumbui MasakanFoto: iStock

6. Tidak memasak rempah dahulu
Menurut Zuccarello, berbagi rempah atau "blooming" memakai lemak (minyak, butter, atau ghee) atau memanggangnya dalam wajan kering akan membantu rempah melepaskan senyawa lebih maksimal. Menumis rempah dengan sedikit minyak sampai harum akan mensugesti keseluruhan cita rasa masakan. Meskipun hanya menambahkan rempah sebagai taburan masakan, Zuccarello tetap menyarankan untuk memasaknya terlebih dahulu.

7. Tidak mencicipi
Satu-satunya cara untuk mengetahui rasa masakan ialah dengan mencicipinya. Jika Anda menambahkan sejumlah garam dan rempah di awal memasak dan tidak mencicipinya kembali sampai matang, maka hasilnya tidak akan terlalu maksiimal. Selain itu, bebaskanlah diri Anda untuk improvisasi di luar resep sebab selera setiap orang berbeda. Cicipilah setiap kali Anda menambahkan bumbu gres biar rasanya terkontrol.

Baca juga: Masakan Terlalu Asin? Pakai 7 Trik Ini Agar Tetap Enak Dimakan

Artikel Terkait

7 Kesalahan Yang Paling Sering Dilakukan Dikala Bumbui Masakan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email