Sunday, March 24, 2019

Malam Ahad Enaknya Jajan Bacol Khas Cimahi Yang Murah Meriah

Foto: Yudha Maulana/detikcomFoto: Yudha Maulana/detikcom

Jakarta - Ragam jenis gorengan yang terkenal umumnya dari Jawa Barat. Seperti masakan ringan gorengan tepung dan sayuran yang disajikan hangat dengan cabe rawit.

Namun, ada cara lain yang tak kalah nikmat untuk menyantap aneka gorengan, yakni dicocolkan ke saus kacang. Cara ini diperkenalkan Syahroni (alm) dan Anih semenjak 1992 kemudian lewat jajanan Bacol.

Bacol atau akronim bala-bala, tahu dan cireng cocol ini berubah menjadi menjadi jajanan primadona di Kota Cimahi. Rasa sausnya yang pedas dan sedikit asam memberi daya tarik tersendiri.


Malam Minggu Enaknya Jajan Bacol Khas Cimahi yang Murah MeriahBacol, bala-bala, tahu dan cireng cocol. Foto: Yudha Maulana/detikcom

"Yang membedakan gorengan di sini dengan di daerah lain ialah sausnya yang khas. Resep diam-diam keluarga," kata Ahmad (31), anak dari Syahroni ketika ditemui Detikcom, Jumat (23/3/2019) malam.

Dibanderol Rp 10.000 per porsi, Anda dapat mendapat 20 buah lebih gorengan berukuran mini yang pas untuk eksklusif dikunyah. Jangan khawatir 'meleg', sebab kandungan jeruk nipis dalam saus menunjukkan efek segar di mulut.

Malam Minggu Enaknya Jajan Bacol Khas Cimahi yang Murah MeriahAhmad dengan racikan bacol. Foto: Yudha Maulana/detikcom

"Mau belinya Rp 5.000 juga bisa, harga menyesuaikan. Yang tiba ke sini banyaknya mahasiswa, namun tak jarang ada yang beli dari luar Cimahi juga," kata Ahmad.

Malam makin larut ketika Detikcom berbincang dengan Ahmad. Pembeli terus berdatangan dan terkadang harus antre di depan kios Bacol yang terletak di seberang Pasir Antri Baru, tepatnya di Jalan Sriwijaya Raya.

Anda dapat membungkus atau menyantap bacol di tempat, sebab tersedia daerah duduk yang terbilang nyaman. Parkirannya pun luas baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat.

Malam Minggu Enaknya Jajan Bacol Khas Cimahi yang Murah MeriahSaus yang pedas gurih sedikit asam jadi ciri khas bacol. Foto: Yudha Maulana/detikcom

"Dalam semalam dapat habis satu karung terigu, kalau di malam ahad dapat habis dua karung, kami biasa beroperasi dari sore sampai pukul 11 malam," katanya.

Artikel Terkait

Malam Ahad Enaknya Jajan Bacol Khas Cimahi Yang Murah Meriah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email