Wednesday, December 12, 2018

Renyah Bagus Shortbread Gampang Dibentuk Dengan 3 Materi Ini

Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Selain cake, biskuit atau cookies juga digemari dikala Natal. Nah, untuk pilihan simpel ada resep biskuit shortbread dengan 3 bahan.

Shortbread yakni biskuit tradisional Skotlandia dengan ciri khas rasa mentega kuat. Tekstur shortbread terbilang renyah dan ringkih di bab luar, namun lembut dikala dikunyah.

Banyak orang menentukan sajikan shortbread dikala Natal alasannya yakni membuatnya gampang dan praktis. Resep yang satu ini hanya mengandalkan 3 materi yaitu mentega, tepung terigu, dan icing sugar.

Renyah Manis Shortbread Praktis Dibuat dengan 3 Bahan IniFoto: iStock

Baca Juga: Yuk, Contek 7 Ide Kue Natal Kekinian yang Cantik Ini!

Adalah seorang ibu rumah tangga di Australia yang membagikan resep shortbread ini di Instagram Budget Living in Australia (@ourlittleozfamily). "Biskuit ini renyah dan meleleh di ekspresi Anda," ujarnya.

Bahan shortbread yakni 250 gram salted butter (lelehkan), 680 gram tepung terigu, dan 250 gram icing sugar. Pertama, kocok mentega sampai lembut kemudian tambahkan icing sugar. Kocok kembali sampai menyatu sempurna.

Kedua, tambahkan tepung terigu dalam 2 kali. Kocok bersama gabungan mentega dan icing sugar sampai mirip tekstur pasir basah.

Selanjutnya ambil gabungan untuk dibuat menjaid bulatan memakai tangan. Susun gabungan di loyang masakan ringan elok persegi panjang dengan ukuran 30 x 24 cm. Tekan-tekan gabungan perlahan dengan tangan.

Renyah Manis Shortbread Praktis Dibuat dengan 3 Bahan IniFoto: iStock

Setelah itu giling gabungan dengan rolling pin sampai permukaannya halus. Hindari menekan kuat-kuat alasannya yakni gabungan menjadi terlalu padat dan akan menghasilkan shortbread yang keras.

Baca Juga: Agar Tetap Renyah dan Enak, Ini Cara Benar Menangani Kue Kering

Panggang shortbread dalam suhu 160 C selama 20 menit. Keluarkan dari oven, potong gabungan biskuit sesuai harapan dengan pisau. Terakhir, panggang kembali shortbread selama 8 menit sampai permukaannya berwarna keemasan.

Matikan oven, biarkan pintu terbuka, dan dinginkan shortbread selama 1 jam. Sisa panas akan mengeringkan shortbread dengan sempurna. Shortbread pun siap jadi suguhan atau kado Natal.

Artikel Terkait

Renyah Bagus Shortbread Gampang Dibentuk Dengan 3 Materi Ini
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email