Thursday, August 8, 2019

Gunakan Resep 127 Tahun, Roti Italia Ini Diproses Selama 4 Hari

Foto: istimewaFoto: istimewa

Jakarta - Bukan hanya pasta, Italia juga punya roti khas yang dikenal dengan nama panettone. Di Italia ada toko yang menciptakan panneton dengan resep klasik.

Toko kuliner ringan bagus Olivieri dikenal mempunyai panettone super enak. Ternyata diam-diam kelezatannya ada di resep baku yang dipertahankan secara turun-temurun.

Dilansir dari Insider (8/8) resep panettone yang digunakan pada toko kuliner ringan bagus ini sudah digunakan semenjak tahun 1882. Baker berjulukan Nicola Oliviery merupakan garis keturunan keluarga Oliviery yang sekarang memegang dan menciptakan panettone dengan resep leluhurnya.
Gunakan Resep 127 Tahun, Roti Italia Ini Diproses Selama 4 Hari Foto: istimewa

Baca juga : Sourdough sampai Brioche, Ini Jenis Artisan Bread yang Populer

Untuk menciptakan panettone, diharapkan proses empat hari. Proses yang berlangsung usang ini menciptakan panettone tidak dapat dijual di hari yang sama ketika produksi.

Dalam resep roti ini, kuning telur yang digunakan lebih banyak empat kali dibanding resep biasa. Inilah yang membuatnya jadi lebih enak dan bertekstur.

Untuk menciptakan panettone ini, pembuat roti akan menciptakan biang roti dari adonan tepung dan air. Biang roti ini lalu didiamkan selama 11 jam sebelum digiling menjadi adonan yang pipih.

Biang ini belum dapat dicampur dengan materi lainnya alasannya yakni harus direndam dalam air untuk mengontrol keasamannya. Setelah itu barulah biang roti ini dicampur dengan telur, gula, tepung dan mentega.
Gunakan Resep 127 Tahun, Roti Italia Ini Diproses Selama 4 Hari Foto: istimewa

Setelah jadi adonan yang elastis, lalu didiamkan selama 12 sampai 16 jam. Proses ini dilakukan sebagai langkah fermentasi alami.

Adonan yang sudah difermentasi ini lalu diaduk lagi dan dicampur kembali dengan telur, terigu, gula, madu dan butter. Setelah semua materi tercampur rata, barulah dicampur buah kering.

Adonan ini harus didiamkan selama satu jam. Barulah adonan dapat dibagi menjadi bab kecil sesuai porsinya. Saat sudah ditaruh dalam loyang kertas, adonan masih harus didiamkan selama dua jam sebelum dipanggang.

Proses pemanggangan berlangsung selama satu jam sampai matang. Eits, ketika sudah matang pun roti ini tak dapat eksklusif disantap.
Gunakan Resep 127 Tahun, Roti Italia Ini Diproses Selama 4 Hari Foto: istimewa

Baca juga : Selain Ciabatta dan Foccacia, Ini 5 Varian Roti Unik Khas Italia

Roti harus didinginkan dengan cara menyimpan dalam keadaan terbalik. Didiamkan kembali selama 12 jam dan barulah roti dapat dijual.

Proses yang super panjang ini menciptakan panettone di toko ini super laris. Jumlahnya yang terbatas tak jarang menciptakan orang harus rela antre dan berebut demi mendapat seloyang roti bagus ini.



Simak Video "Roti Gambang dari Indonesia Masuk '50 Roti Terbaik Dunia' Versi CNN"
[Gambas:Video 20detik]

Artikel Terkait

Gunakan Resep 127 Tahun, Roti Italia Ini Diproses Selama 4 Hari
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email