Thursday, May 23, 2019

Jenis Keju Untuk Kastengel Yang Paling Gurih Dan Mantap

Foto: iStock/InstagramFoto: iStock/Instagram

Jakarta - Jenis keju untuk kastengel ada beberapa pilihan. Namun pastry chef ternama Yongki Gunawan memaparkan jenis keju untuk kastengel yang paling tepat. Hal ini akan mempengaruhi tingkat kegurihan kastengel.

Kue Idulfitri tak lengkap tanpa kastengel. Rasa gurih kastengel seolah menjadi penyeimbang usai makan nastar yang bagus dan legit. Untuk menciptakan kastengel yang enak, kunci utamanya ada pada pemilihan jenis keju yang tepat.

Penggunaan keju cheddar yang umum digunakan di Indonesia bantu-membantu kurang cocok untuk kastengel. Menurut Chef Yongki, keju cheddar tidak dapat menghadirkan tekstur renyah sekaligus rasa gurih keju yang berpengaruh pada kastengel.

Jenis Keju untuk Kastengel yang Paling Gurih dan MantapJenis keju untuk kastengel terenak ialah parmesan dan gouda (Foto: Agung Pambudhy)

Baca Juga: 8 Jenis Keju Paling Sering Dipakai di Restoran dan Bakery

"Harus pakai keju tua," tuturnya. Jenis keju ini kering alasannya ialah kandungan airnya sedikit sehingga tidak mempengaruhi tekstur camilan bagus ketika digunakan. Proses fermentasi yang panjang pada keju renta juga menciptakan rasanya lebih kuat. Aromanya untuk tiap jenis juga berbeda.

Chef Yongki menuturkan, "Ada edam yang kejunya merah kuning, gouda, keju natural, atau ada juga parmesan. Itu semua keju tua." Adapun jenis keju renta yang paling muda ialah keju edam. Disusul dengan parmesan, natural, dan gouda.

Jenis Keju untuk Kastengel yang Paling Gurih dan MantapJenis keju untuk kastengel populer, salah satunya keju edam (Foto: iStock)

Pastry chef senior ini menyampaikan keju renta memang mahal, terutama gouda. Namun untuk kastengel terenak, sebaiknya menggunakan parmesan atau gouda. "Di pasaran, gouda ada 3 jenis yaitu old, medium, dan young. Untuk jenis medium ada yang berupa bubuk," jelasnya.

Usai menciptakan adonan, kastengel biasanya dipotong dalam ukuran 4 cm dengan olesan kuning telur dan taburan keju parut. "Diberi keju parutnya tetap pakai keju tua, jangan cheddar," kata Chef Yongki.

Jenis Keju untuk Kastengel yang Paling Gurih dan MantapProses pemanggangan kastengel yang butuh trik (Foto: Agung Pambudhy)

Ia turut memberi tips memanggang kastengel. "Supaya renyah, panggang dalam suhu 120 C selama sekitar 15-20 menit. Keluarkan dari oven, kemudian biarkan cuek betul. Panggang lagi 20 menit dengan suhu yang sama. Begitu keluar, kastengel akan renyah sekali," tutup Chef Yongki.

Baca Juga: Tiga Keju Ini Paling Sering Digunakan Orang Indonesia

Artikel Terkait

Jenis Keju Untuk Kastengel Yang Paling Gurih Dan Mantap
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email