Thursday, May 9, 2019

Ini Tips Sahur Dari Pakar Diet, Semoga Tak Cepat Lapar Dan Haus Ketika Berpuasa

Foto: IstimewaFoto: Istimewa

Jakarta - Sekitar 13 jam umat muslim menahan lapar untuk berpuasa. Agar berpengaruh menjalankan puasa secara optimal, ada tips dari pakar diet supaya dapat berpengaruh jalani puasa.

Meskipun berpuasa, di bulan Ramadhan ini umat muslim menjalankan aktifitasnya menyerupai biasa. Tentu ini dapat jadi tantangan tersendiri dikala menahan minum dan makan berjam-jam. Ini juga dapat berpotensi menciptakan berat tubuh bertambah alasannya ialah terlalu banyak makan dikala berbuka puasa.

Selain itu, tidak mengonsumsi cukup air juga dapat jadi kebiasaan yang berbahaya bagi tubuh. Pakar diet Maryem Berrin Ak dari Nisantasi University di Istanbul berikan beberapa tips bagaimana mengatur contoh diet dikala Ramadhan.

Begini Tips Sahur dari Pakar Diet, Agar Tak Cepat Lapar dan Haus Saat BerpuasaFoto: iStock

Menurut Ak yang terbaik ialah menikmati satu atau dua kudapan antara waktu buka puasa dan sahur. "Salah kalau Anda berpikir harus makan banyak dikala sahur supaya tidak merasa lapar di siang hari. Yang terpenting ialah makan lebih sedikit dan makan secukupnya," terang Ak.

Baca juga: Minum Air Putih Hangat Saat Sahur untuk Dapatkan 6 Manfaat Sehat Ini

Sarapan menjadi waktu makan yang terpenting. Saat puasa, sahur bisa dijadikan sebagai pengganti sarapan.

"Penting untuk tidak melewatkan sahur di bulan Ramadhan kalau Anda tidak ingin merasa sangat lapar di siang hari," ujarnya dalam Daily Sabah (08/05).

Saat sahur, sebaiknya pilih makanan yang dapat dicerna dengan mudah. Makanan harus tinggi protein dan vitamin. Susu, telur, keju, mentimun, tomat, kacang-kacangan dan roti gandum dapat jadi pilihan makanan sempurna dikala sahur.

Atau kalau ingin sahur praktis dan cepat, semangkuk sup dan sepotong roti gandum juga dapat dikonsumsi. Disarankan juga konsumsi kurma dan hindari makanan yang digoreng dan asin supaya tak kehilangan cairan tubuh di siang hari.

Begini Tips Sahur dari Pakar Diet, Agar Tak Cepat Lapar dan Haus Saat BerpuasaFoto: Istock

Ak juga menyampaikan dikala berbuka puasa mulailah dengan makanan yang ringan menyerupai yogurt dan salad. "Mulailah makanan utama sehabis 10 menit kemudian semoga memberi waktu bagi tubuh untuk menyesuaikan," tambah Ak.

"Perasaan kenyang muncul sehabis 10 sampai 12 menit. Jika Anda makan terlalu cepat untuk menghilangkan rasa lapar, ini justru akan mendorong sistem pencernaan Anda terlalu keras. Untuk mencegahnya, kuncinya ialah makan perlahan dan tetap dengan porsi kecil," ujar Ak.

Begini Tips Sahur dari Pakar Diet, Agar Tak Cepat Lapar dan Haus Saat BerpuasaFoto: Istimewa

Ia juga menambahkan untuk mempertahankan sistem pencernaan yang sehat di bulan Ramadhan, hal yang terbaik yang dapat Anda lakukan ialah mengonsumsi makanan tinggi serat menyerupai minum air sebanyak mungkin. Dan jadikan buah sebagai kudapan yang dikonsumsi di antara waktu berbuka dan sahur.

Baca juga: Resep Telur Orak-arik Plus 5 Bahan Kaya Nutrisi Untuk Sahur

Artikel Terkait

Ini Tips Sahur Dari Pakar Diet, Semoga Tak Cepat Lapar Dan Haus Ketika Berpuasa
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email