Thursday, May 9, 2019

Cheeseslaw, Versi Gurih Coleslaw Yang Dibentuk Dari Keju Cheddar

Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Salad coleslaw sangat terkenal alasannya ialah kerap dijadikan pemanis sajian roti atau burger. Salad ini punya versi lain di Australia berjulukan 'cheeseslaw'.

Coleslaw ialah jenis salad dengan tekstur renyah dan sudah dikenal semenjak era ke-20. Kol dikenal sebagai materi utama dari coleslaw dan menyumbang cita rasa yang besar. Namun bagaimana jikalau materi utama tersebut digantikan keju?

Beberapa tahun ke belakang memang banyak bermunculan inovasi-inovasi materi makanan pengganti dalam hidangan. Namun Cheeseslaw ternyata berbeda alasannya ialah sudah ada semenjak 1939. Salad ini mengganti kol dengan keju cheddar sebagai materi utama dalam coleslaw. Bahan lainnya ada wortel dengan dressing minyak zaitun dan cuka. Di beberapa negara lainnya diberi dressing mayonaise.

'Cheeseslaw,' Versi Gurih 'Coleslaw' yang Dibuat dari Keju CheddarFoto: iStock

Baca juga: Coleslaw, Kres..Kres Renyah Segar!

Inovasi ini berawal dari tempat bab Australia yaitu Broken Hill. Di sana, coleslaw dengan materi keju cheddar ini kerap dijumpai bukan alasannya ialah kreasi semata. Namun ini dilakukan alasannya ialah tempat tersebut tidak mempunyai cukup curah hujan untuk budidaya flora kol. Broken Hill berlokasi di tempat beriklim gurun di Australia, maka tak heran kondisi perkebunannya kurang bersahabat.

Cheeselaw dijadikan bermacam-macam isian sajian di tempat tersebut. Mulai dari isian sandwich, burger, dan roti.

'Cheeseslaw,' Versi Gurih 'Coleslaw' yang Dibuat dari Keju CheddarFoto: iStock

Baca juga: Fried Chicken Makin Nikmat Disantap dengan Salad sampai Waffle

Mengenai asal-usulnya, cheeseslaw bekerjsama agak diperdebatkan. Yang pertama menyebut resep cheeseslaw sudah ada semenjak 1939, tercetak di Townsville Daily Bulletin yang merupakan surat kabar dari Townsville di Queensland. Hal ini tertulis dalam Wikipedia mengenai cheese slaw.

Versi kedua menyebut resep cheeseslaw ada di majalah bulanan perempuan ternama di Australia, Australian Women's Weekly pada tahun 1946 dan 1966. Cheeseslaw ini semenjak dulu banyak dibentuk di restoran dan rumah tangga di Broken Hill. Salah satu sajian yang terkenal ialah ayam panggang dengan cheeseslaw yang kejunya meleleh.

Artikel Terkait

Cheeseslaw, Versi Gurih Coleslaw Yang Dibentuk Dari Keju Cheddar
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email