Thursday, May 9, 2019

3 Cara Bikin Ayam Goreng Yang Renyah Gurih Untuk Hidangan Buka Puasa

Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Ayam goreng yang renyah dan gurih memang menggugah selera untuk sajian puasa. Dari pada membeli ayam goreng buatan restoran, lebih baik membuatnya sendiri di rumah.

Sebelum mengolah daging ayam, pastikan untuk membersihkannya dengan baik. Jangan membilas daging ayam di air yang mengalir alasannya yakni tidak ada jaminan keamanan dari cara ini. Faktanya, cara tersebut menciptakan basil dari daging menyebar ke serpihan lain. Sebaiknya keringkanlah daging ayam dengan tisu dapur biar tidak beriak saat di goreng dengan minyak.

Setelah dibersihkan, Anda sanggup menentukan cara menggoreng ayam yang tepat. Bisa digoreng dalam minyak banyak, di dalam oven, atau di atas wajan. Tips dan triknya diungkap Table Spoon (8/5) berikut ini.

Baca juga: Resep Ayam Goreng Rumahan yang Gurih dan Empuk

3 Cara Bikin Ayam Goreng yang Renyah Gurih untuk Menu PuasaFoto: Istimewa

1. DEEP-FRIED
Deep-fried yakni metode goreng dengan memakai banyak minyak sampai makanan yang digoreng terendam. Untuk mendapat ayam goreng deep-fried yang sempurna, gunakan wajan dengan permukaan yang dalam minimal sekitar 7 cm dan tahan temperatur tinggi.

Cara membuat:

1. Isilah wajan dengan minyak goreng setinggi sekitar 7 cm (sesuaikan dengan ukuran wajan) dan panaskan sampai 176 C. Di mangkuk terpisah, campurkan rempah, bumbu, dan tepung kemudian tambahkan sedikit gula dan garam.

2. Celupkan ayam ke dalam telur yang telah dikocok, kemudian baluri dengan gabungan tepung. Tekan-tekan biar tepung melekat seluruhnya.

3. Sisihkan ayam yang telah dibalur tepung biar menyerap sempurna.

4. Gunakan pencapit panjang untuk memasukan ayam kedalam minyak yang sudah panas. Goreng selama 12-14 menit untuk serpihan dada dan sayap, dan beberapa menit lebih usang untuk serpihan kaki dan paha.

5. Tiriskan ayam dengan tisu dapur dan sajikan.

3 Cara Bikin Ayam Goreng yang Renyah Gurih untuk Menu PuasaFoto: Istimewa

2. AYAM GORENG OVEN
Membuat ayam goreng juga sanggup memakai oven. Dengan cara ini Anda sanggup menciptakan ayam buttermilk yang gurih dan lezat. Dalam resep ini, kulit ayam disisihkan untuk mengurangi lemak.

Cara membuat:

1. Campurkan buttermilk atau susu cair dengan rempah kering atau bumbu sesuai selera. Tiriskan daging ayam sampai kering dan letakkan satu per satu di loyang. Kemudian tuangkan gabungan buttermilk dan masukkan dalam lemari pendingin selama 30 menit.

2. Panaskan panggangan sampai 204 C. Sambil menunggu, hancurkan 100 g sereal cornflakes sampai menjadi remah. Campurkan remah sereal dengan garam dan lada dalam piring tahan panas yang rata.

3. Ambil potongan ayam yang telah didinginkan dan baluri dengan remah sereal.

4. Susun potongan ayam dalam loyang yang telah dilapisi alumunium foil atau kertas anti lengket. Olesi sedikit mentega cair pada tiap potong ayam, kemudian panggang selama 35 menit sampai cokelat keemasan.

Baca juga: Resep Ayam Penyet, Varian Ayam Goreng Favorit

3 Cara Bikin Ayam Goreng yang Renyah Gurih untuk Menu PuasaFoto: Istimewa

3. PAN-FRIED
Resep dan metode yang gampang dilakukan ini sangat terkenal di Korea. Pengolahannya dilakukan dengan wajan datar atau disebut juga dengan fry-pan. Gunakanlah ayam tanpa tulang dan tanpa kulit. Semakin kecil potongan ayam maka bumbu akan lebih cepat meresap.

Pertama-tama, campurkan tepung dan pati jagung kemudian bumbui dengan rempah sesuai resep. Selanjutnya siapkan kocokan telur dan kecap asin. Terakhir, siapkan bumbu BBQ ala Korea dan minyak wijen seta komplemen kecap asin. Rahasia untuk menciptakan ayam goreng ala korea yang garing dan berbumbu yakni membalur ayam dengan tepung sebanyak dua kali.

Cara membuat:

1. Celupkan potongan ayam ke dalam gabungan tepung, kemudian telur, dan kembali lagi ke tepung.

2. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Kecilkan sampai api sedang dan masak ayam selama 5-7 menit. Jangan lupa untuk membalik ayam biar matang kedua sisinya. Ketika sudah tidak ada serpihan berwarna merah muda, angkat dan tiriskan.

3. Lumuri dengan saus yang telah disiapkan dan taburi dengan wijen.

Baca juga: Aneka Resep Ayam Goreng Ini Bisa Makara Stok Sahur Selama Ramadhan

Artikel Terkait

3 Cara Bikin Ayam Goreng Yang Renyah Gurih Untuk Hidangan Buka Puasa
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email