Tuesday, May 14, 2019

Ternyata Begini Belakang Layar Bikin Tempura Yang Gurih Dan Renyah

Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Bikin tempura yang renyah ternyata mudah. Cukup perhatikan perbandingan bahan-bahan menyerupai tepung dan air. Dijamin krenyes enak!

Siapa yang tak kenal tempura, bagi yang gemar kuliner Jepang tentu akan suka dengan kuliner ini. Tempura yaitu salah satu kuliner khas Jepang yang paling populer.

Masakan ini muncul pertama kali pada era ke-15, ketika bangsa Portugis membawa masuk kuliner yang digoreng. Di masa itu, tempura dianggap sebagai hidangan kelas atas alasannya yaitu harga minyak goreng sangat mahal.

Namun ketika memasuki zaman Edo di Jepang, produksi minyak goreng bertambah sehingga tempura juga sanggup dinikmati oleh rakyat biasa. Dan sekarang resep kuliner yang memakai tempura di restoran atau rumah juga semakin bertambah tiap tahunnya.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat tempura semoga teksturnya renyah.

Baca Juga: Resep Ebi Tempura Ala Restoran Jepang yang Garing Renyah

1. Tepung

Ternyata Begini Rahasia Bikin Tempura yang Gurih dan RenyahFoto: iStock

Tempura sanggup dibentuk dengan meminimalkan pembentukan gluten dalam adonan. Bisa dengan memakai tepung terigu protein rendah menyerupai tepung jagung atau tepung bebas gluten.

Anda juga sanggup membeli tepung tempura rendah protein di supermarket, tetapi tepung ini mempunyai adonan gandum dan tepung jagung, sehingga harganya lebih murah.

2. Cairan

Ternyata Begini Rahasia Bikin Tempura yang Gurih dan RenyahFoto: detikFood

Adonan biasa dibentuk dengan adonan tepung dan air. Tetapi berdasarkan Bir Bat di pub Inggris, dengan adonan air soda akan membuat adonan lebih ringan. Lebih baik dibandingkan terlebih dahulu sebelum memasaknya. Karena berdasarkan Harold McGee's On Food & Cooking, dengan air soda, adonan akan lebih kental, dan sanggup membantu menempel pada permukaan materi kuliner yang dilapisinya.

Beberapa resep biasanya menambahkan es ke dalam adonan tersebut. Teknik Charmaine Solomon dari bukunya Asian Cookbook, menyarankan dalam pencampuran adonan, lebih baik diletakkan dalam mangkuk es, untuk membuat tempura bertekstur garing.

Dibandingkan dengan air bersuhu ruang, air es akan mencegah perembesan minyak yang terlalu banyak. Jadi, selain lebih renyah, tempura pun akan lebih sehat alasannya yaitu tidak mengandung terlalu banyak minyak.

3. Bumbu

Ternyata Begini Rahasia Bikin Tempura yang Gurih dan RenyahFoto: iStock

Resep utama dari Singleton Hachisu yaitu bebas telur, tetapi ia memperlihatkan pilihan untuk menambahkannya apabila Anda suka. Dan ada juga yang menyampaikan dengan memakai telur akan mempunyai rasa yang lebih kaya. Makara Anda sanggup menambahkan adonan dengan putih telur, ataupun kuning telurnya.

Selain itu ada juga beberapa resep yang membumbui adonan dengan hanya sedikit garam. Hal ini biasanya alasannya yaitu tempura dimaksudkan untuk disajikan dengan saus yang umami. Sehingga garam tidak terlalu diharapkan ketika pembuatan adonan.

4. Pengadukan

Ternyata Begini Rahasia Bikin Tempura yang Gurih dan RenyahFoto: iStock

Salah satu hal paling penting dari resep ini yaitu dalam pengadukannya. Adonan harus diaduk sesering mungkin untuk meminimalkan pembentukan gluten. Adonan yang agak kental mengandung lebih banyak udara sehingga tidak renyah ketika digoreng.

Penting juga ketika adonan jadi, sebaiknya cepat digunakan untuk digoreng, untuk menghasilkan kerenyahan yang pas.

5. Menggoreng

Ternyata Begini Rahasia Bikin Tempura yang Gurih dan RenyahFoto: iStock

Dalam menggoreng, suhu minyak 170C dan 180C (335F-350F) yaitu hukum paling umum. Jangan memakai penggorengan terlalu besar, dan pastikan minyak tetap stabil tidak terlalu panas, apabila tidak stabil maka akan menghasilkan tempura yang berminyak. Dalam memasak juga harus diperhatikan dan diaduk terus menerus.

Tempura biasanya dimakan bersama dengan saus yang biasa disebut tentsuyu. Bahan dasar tentsuyu yaitu kaldu, shoyu, dan mirin atau alkohol khusus untuk memasak yang memperlihatkan rasa manis, terbuat dari fermentasi beras ketan yang direbus. Tentsuyu biasanya dicampur dengan parutan lobak atau jahe untuk memperlihatkan rasa kesat di verbal sehabis makan gorengan yang berminyak.

Selain dinikmati dengan tentsuyu, tempura juga sanggup dinikmati dengan sedikit garam untuk mempertahankan rasa orisinil dari tempura

Untuk menambah kelezatan, tempura juga sanggup diberi perasan air jeruk dan lemon. Pada dasarnya, pemanis untuk menikmati tempura itu tergantung selera, jadi berkreasilah untuk menemukan rasa yang cocok.

Namun yang paling penting, makanlah selagi panas, yang gres diangkat dari wajannya.

Baca Juga: Krenyes Renyah Tempura sampai Kakiage yang Gurih Enak

Artikel Terkait

Ternyata Begini Belakang Layar Bikin Tempura Yang Gurih Dan Renyah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email