Friday, October 11, 2019

Keren! Keluarga Ini Punya Resep Teh Campur Nasi Berusia 100 Tahun

Foto: IstimewaFoto: Istimewa

Jakarta - Hampir setiap keluarga punya resep yang turun temurun. Seperti keluarga ini, yang sudah meracik teh dan nasi semenjak ratusan tahun lalu.

Di wilayah Boon Lay, Singapura, ada keluarga Huang yang semenjak dulu berkebun dan makan dari hasil panen yang mereka tanam. Ratusan tahun berselang, kini salah satu generasi Huang, yaitu Bi Zhen dan Bi Hua membagikan resep autentik dari teh dan nasi, lewat YouTube Our Grandfather Story (13/10).

Baca Juga: Penjual Ini Jual Ikan Segar Lewat Live Streaming di Facebook

Disebut Lei Cha, menu yang dikenal sebagai Thunder Tea Rice ini merupakan kuliner tradisional khas Hakka. Di keluarga Huang, mereka punya resep Lei Cha berusia 100 tahun lebih, dengan menggabungkan nasi putih, aneka cuilan sayur tumis, tofu, kacang, dan tentu saja kuah yang berasal dari tumbukkan aneka teh.
Keren! Keluarga Ini Punya Resep Teh Campur Nasi Berusia 100 TahunFoto: Istimewa

"Dulu keluarga kami sangat miskin, tidak dapat belanja ke pasar. Sehingga kami selalu menanam sayuran dan semuanya di kebun," tutur Bi Hua, dikala ditanya asal seruan resep Lei Cha ini.

Dari sana lah, keluarga mereka mulai sering menciptakan teh yang dicampur dengan nasi. Resep itu diwariskan turun temurun, dan masih berjaya sampai sekarang. Makanan ini mungkin terdengar aneh, tapi rasanya cukup enak.

"Resep ini diturunkan oleh ibu kita. Kunci dari resep ini yaitu bawang putih, udang, sayuran, sayur manis, dan buncis. Teh nasi ini dapat dimasak dengan sayuran apapun yang Anda punya," ucap Bi Zhen.
Keren! Keluarga Ini Punya Resep Teh Campur Nasi Berusia 100 TahunKeluarga Huang. Foto: Istimewa

Untuk menciptakan kuah atau sup dari menu ini, biasanya daun teh ditumbuk dengan kacang sampai halus memakai tangan.

"Tak ada yang mau menghaluskan teh, alasannya diharapkan waktu usang dan kesabaran. Tapi teh merupakan bab yang paling penting dari kuliner ini, syaratnya aroma dari teh harus besar lengan berkuasa dengan jejak rasa dari kacang," lanjut Bi Zhen. Biasanya mereka memakai daun teh jenis oolong.

Selain disantap dengan nasi, kuah teh campur kacang ini juga dapat diminum langsung.
Keren! Keluarga Ini Punya Resep Teh Campur Nasi Berusia 100 TahunFoto: Istimewa

Agar tak ada sisa kuliner yang terbuang, sisa sayuran dari teh nasi ini dicampur dengan campuran tepung dan dibentuk ibarat pancake. Kemudian disajikan dengan siraman kuah teh yang enak.

"Hidangan teh nasi ini tidak akan menciptakan Anda gemuk," pungkas mereka berdua sambil tertawa.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk mencoba menu teh nasi ini. Bisa mampir ke Boon Lay Traditional Hakka Lui Cha, yang ada di Boon Lay PI, Singapura.

Baca Juga: Renyah Gurih! Ikan Hiu Goreng yang Legendaris dari Tanjungpinang

Simak Video "Dear Pencinta Boba, Ada Pameran Bubble Tea di Singapura"
[Gambas:Video 20detik]

Artikel Terkait

Keren! Keluarga Ini Punya Resep Teh Campur Nasi Berusia 100 Tahun
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email