Wednesday, May 15, 2019

Sedapnya Nasi Bakar Mamong Yang Unik Khas Bondowoso

Foto: dok.detikFood/Chuk Shatu W.Foto: dok.detikFood/Chuk Shatu W.

Bondowoso - Jika Anda berkunjung ke Bondowoso, Jawa Timur, rasanya kurang lengkap kalau belum cicipi Nasi Bakar Mamong. Menu kuliner sederhana tapi sedap ini makin makyus untuk berbuka puasa.

Kata Mamong diambil dari bahasa Madura, artinya gundah sampai termangu. Istilah mamong pada nasi bakar ini sengaja disematkan. Karena sehabis memakannya, orang dijamin niscaya gundah dan termangu, saking enaknya. Lalu ketagihan.

Nasi bakar yang satu ini memang mempunyai cita rasa dan keunikan tersendiri. Perpaduan rasa antara gurih, pedas, serta lezat. Ditambah aroma bacin khas daun pisang yang terbakar.
Sedapnya Nasi Bakar Mamong yang Unik Khas BondowosoFoto: dok.detikFood/Chuk Shatu W.

"Nasi bakar ini kan bekerjsama sajian yang sudah ada semenjak turun temurun. Zaman lampau, orang bepergian biasanya kan berbekal nasi untuk makan di perjalanan," tutur Rifka (47), pemilik restoran yang menjual nasi bakar mamong, ketika ditemui detikfood, Rabu (15/5/2019).

Diceritakan Rifka, berbekal resep kuno itulah beliau kemudian menciptakan kreasi, menyesuaikan dengan pengecap kekinian. Jika zaman dulu isiannya cuma daun singkong, lauk seadanya, ditambah sambal, sekarang banyak macam variasi. Bisa daging ayam atau daging sapi.

"Permintaan memang makin meningkat ketika bulan ramadhan. Hingga 3-4 kali lipat dari hari biasa. Nasi bakar mamong ini biasanya digunakan berbuka puasa. Kalau yang dari luar daerah, untuk oleh-oleh," imbuhnya.

Sedapnya Nasi Bakar Mamong yang Unik Khas BondowosoFoto: dok.detikFood/Chuk Shatu W.

Untuk mengolah nasi bakar bekerjsama tak terlalu sulit. Mirip menciptakan nasi uduk atau nasi kebuli. Beras yang sudah dicuci higienis dicampur santan kelapa dan beberapa bumbu dan rempah. Lalu dimasak lazimnya menanak nasi.

Selanjutnya, nasi yang sudah matang tersebut dibungkus daun pisang. Lalu di bab tengahnya diberi isian lauk pelengkap. Isian yang diselipkan dalam nasi gurih tersebut terdiri dari suwiran ayam, kemangi, ikan teri. Semua materi isian ini terlebih dulu dimasak.

Sedapnya Nasi Bakar Mamong yang Unik Khas BondowosoFoto: dok.detikFood/Chuk Shatu W.

Nasi gurih berbungkus daun pisang itu yang telah bercampur isian tersebut lantas ditanak selama beberapa menit. Hal itu dilakukan biar nasi lebih matang dan dapat bertahan lama. Untuk menambah aroma dan citarasa , nasi yang sudah natang itu kemudian dibakar.

Adapun cara penyajiannya, bungkusan nasi bakar itu eksklusif ditaruh di atas piring. Saat hendak disantap, barulah bungkusan daun dibuka. Sebagai lauk pelengkap, bervariasi. Sesuai selera.

Jangan lupa, acar mentimun sebagai penetral rasa di lidah. Jika suka pedas, bolehlah ditambah sambal bawang. Atau pun lauk lainnya. Mantap betul!

Artikel Terkait

Sedapnya Nasi Bakar Mamong Yang Unik Khas Bondowoso
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email