Friday, May 31, 2019

Potong Daging Sebesar Ini Jikalau Akan Dimasak Rendang

Foto: dok. detikFoodFoto: dok. detikFood

Jakarta - Karena dimasak dalam waktu lama, sebaiknya ketahui ukuran penggalan daging rendang. Kira-kira satu kilogram daging sanggup berapa potong rendang, ya?

Rendang selalu jadi suguhan istimewa di Hari Raya. Jika Anda jarang atau bahkan belum pernah menciptakan rendang, pastikan Anda memasaknya dengan benar.

Potong Daging Sebesar Ini Jika Akan Dimasak RendangFoto: detikfood

Sebab banyak orang yang masih galau soal perbedaan antara kalio dan rendang. Alih-alih menciptakan rendang, menu dibentuk sebetulnya yaitu kalio.

Sesuai namanya, randang berasal dari kata 'marandang' yaitu proses memasak untuk menghilangkan air. Dengan begitu tampilan rendang tidak lagi berkuah, tapi justru kering dengan minyak naik dan tak ada air.

"Kalio itu masih ada airnya, masih ada kuahnya sebab proses merendang itukan menghasilkan air. Kalau ia udah jadi rendang artinya ia udah nggak ada airnya lagi," terang pakar kuliner Minang, Uni Reno Andam Suri pada detikFood (30/5/2019).

Baca juga: Perhatikan 6 Hal Ini Saat Beli Daging Sapi untuk Rendang

Potong Daging Sebesar Ini Jika Akan Dimasak RendangFoto: iStock

Berbeda dengan rendang, daging kalio tidak sepadat jikalau daging dimasak hingga menjadi rendang. Karenanya butuh waktu berjam-jam untuk memasak rendang.

"Biasanya masyarakat Minang bikin rendang nggak sekilo dua kilo daging. Proses marandangnya sendiri biasa disebut 2 hari. Karena hari pertama dimasak hingga kalio. Besoknya dilanjutkan lagi hingga menjadi rendang. Makanya disebut masak dua hari. Tapi kalau nonstop sekitar 8 jam," terang perempuan kelahiran Payakumbuh itu.

Potong Daging Sebesar Ini Jika Akan Dimasak RendangFoto: detikFood/iStock

Dengan waktu masak selama itu, sebaiknya Anda mengetahui seberapa besar ukuran penggalan daging jikalau ingin diolah menjadi rendang. Sebab daging yang tadinya berukuran besar akan menciut jikalau dimasak dalam waktu lama.

Menurut Uni Reno, satu kilogram daging biasa dipotong menjadi 18 hingga 20 potong. "Rata-rata 18 hingga 20 penggalan per satu kilogram daging. Biasanya potongannya sebesar 50-70 gram," pungkasnya.

Baca juga: Resep Daging: Rendang Padang

Artikel Terkait

Potong Daging Sebesar Ini Jikalau Akan Dimasak Rendang
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email