Tuesday, April 16, 2019

Telur Mata Sapi Lebih Lezat Jika Dibentuk Dengan Cara Ini

Foto: istimewaFoto: istimewa

Jakarta - Telur mata sapi sering jadi sajian sarapan. Mudah dibentuk dan harganya terjangkau. Membuat telur mata sapi yang yummy sanggup dilakukan dengan cara ini.

Bagi Anda yang tidak terlalu jago masak, telur sanggup menjadi kuliner andalan. Telur yang mengandung gizi tinggi juga yummy disajikan dengan nasi atau telur ketika sarapan.
Telur telah menjadi salah satu sajian kuliner yang digemari masyarakat Indonesia. Selain gampang dibuat, telur mata sapi juga nikmat, dan punya banyak sekali nutrisi penting untuk badan ibarat protein dan omega 3.

Telur mata sapi memang gampang dibuat, tapi alhasil niscaya selalu berbeda. Ada yang kuningnya kematangan hingga putihnya belum terlalu matang.

Supaya telur mata sapi yummy dan punya rasa gurih. Anda sanggup menciptakan telur mata sapi yang direkomendasikan oleh Nick Korbee, chef dari Egg Shop di New York City.

Baca Juga: Malas Masak? 5 Resep Telur Mudah Ini Bisa Kaprikornus Sajian Enak

1. Gunakan wajan anti lengket dan spatula silikon
Telur Mata Sapi Lebih Enak Kalau Dibuat dengan Cara IniFoto: Getty Images

Kalau ingin menghasilkan telur mata sapi setengah matang, gunkan saja wajan anti lengket. Wajan anti lengket atau teflon sanggup mencegah telur melekat di wajan.

Meskipun sudah menambahkan minyak atau mentega. Wajan sanggup masih berpotensi untuk menciptakan telur lengket di wajan. Bagi Anda yang ingin menciptakan telur mata sapi matang sempurna, sanggup juga memakai teflon dan membaliknya dengan spatula berbahan silikon.

2. Gunakan telur segar

Menurut Korbee, dengan memakai telur yang segar, maka akan kecil kemungkinan putih telur akan berair. "Telur segar mempunyai putih telur yang padat untuk membungkus kuning telur," jelasnya.

Jika Anda ingin tahu kesegarannya, ia menyampaikan Anda sanggup tahu dari seberapa basah atau tidam telur Anda ketika dibuka. Korbee juga merekomendasikan untuk menaruh telur Anda hingga pada suhu kamar sebelum Anda gunakan kalau sebelumnya disimpan dalam lemari es.

3. Gunakan minyak yang sesuai
Telur Mata Sapi Lebih Enak Kalau Dibuat dengan Cara IniFoto: istimewa

Korbee menyampaikan bahwa ada dua minyak terbaik untuk menggoreng telur ialah minyak zaitun dan canola. Minyak canola mempunyai titik asap lebih tinggi, jadi itu pilihan yang baik kalau Anda ingin mendapat hasil telur yang renyah. Tetapi kalau tidak ingin renyah, maka gunakan minyak zaitun alasannya cukup di panaskan sebentar.

Anda juga sanggup memakai mentega kalau suka. Perlu diingat bahwa mentega mempunyai titik asap yang lebih rendah daripada canola dan minyak zaitun. Maka telur akan lebih cepat gosong pada suhu tinggi, harus gunakan api kecil apabila ingin menggorengnya dengan mentega.

4. Panaskan minyak di wajan
Panaskan wajan anti lengket di atas api sedang-rendah atau sedang-tinggi, tergantung seberapa renyah telur yang Anda inginkan.

Tambahkan cukup minyak atau mentega untuk melapisi wajan secara merata. Putar wajan untuk memastikan sepenuhnya wajan terlapisi minyak.

5. Pecahkan telur dalam mangkuk terpisah

Pecahkan telur ke dalam mangkuk terpisah, kemudian masukan ke wajan dari jarak dekat. Jangan jatuhkan telur dari atas alasannya akan menciptakan kuning telur pecah. Lalu biarkan matang sekitar tiga hingga empat menit.

Memecahkan telur dalam mangkuk terpisah sebelum digoreng juga sanggup menghindari tercampurnya telur yang anyir ke dalam telur segar yang akan digoreng.

6. Sesuaikan tingkat kematangan
Telur Mata Sapi Lebih Enak Kalau Dibuat dengan Cara IniFoto: istimewa

Setelah putih dimasukan, Korbee menyampaikan Anda sanggup menutup wajan. Barkan uapnya ada supaya membantu telur matang selama dua hingga tiga menit, tergantung seberapa matang telur yang Anda inginkan.

"Cukup buka tutup wajan, sesuai tingkat kematangan yang Anda inginkan," katanya.

Jika Anda ingin telur Anda lebih menonjol ke atas, tidak perlu ditutup. Korbee biasanya membutuhkan waktu sekitar tiga menit dalam memasak ini.

Saat telur Anda sudah matang, gunakan spatula untuk memindahkannya dari wajan ke piring yang sudah berlapis tisu atau kertas minyak. Tisu yang sanggup menyerap minyak yang berlebih. Baru disini Anda masukan sedikit garam dan merica, kemudian sajikan.

Baca Juga: Mau Bikin Olahan Telur Enak Buat Sarapan? Ini 9 Pilihan yang Mudah dan Enak

Artikel Terkait

Telur Mata Sapi Lebih Lezat Jika Dibentuk Dengan Cara Ini
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email