Tuesday, April 16, 2019

8 Trik Ngemil Sehat Yang Cegah Berat Tubuh Naik

Foto: IstimewaFoto: Istimewa

Jakarta - Ngemil tak sepenuhnya perlu dihindari ketika berdiet. Asal menerapkan trik yang tepat, ngemil nggak akan bikin gendut.

Mengonsumsi kudapan di sela jam makan sering kali dihindari alasannya yaitu dianggap sanggup menaikkan berat badan. Kebanyakan orang lebih fokus mengatur asupan kuliner sehat ketika jam menyantap kuliner namun tidak mengontrol kudapan yang dikonsumsi.

Mengetahui kuliner apa yang sehat untuk dijadikan kudapan tidaklah cukup. Ada trik untuk memastikan berat tubuh tak naik meski Anda memenuhi cita-cita tubuh untuk ngemil. Dirangkum dari Care2 (12/4), inilah trik ngemil sehat yang bisa jadi panduan.

1. Hindari ngemil ketika menonton TV
Mengonsumsi kudapan ketika melaksanakan aktifitas lain akan mengganggu konsenterasi tubuh kepada makanan. Akibatnya, tubuh tidak mencicipi kenyang menskipun mengonsumsi kuliner dalam jumlah banyak. Penelitian mengatakan bahwa menaruh perhatian penuh ketika makan akan mencegah makan berlebihan dan membantu mencicipi kenyang. Sehingga Anda harus menghindari acara menyerupai menonton TV, berselancar di sosial media, atau chatting ketika makan.

Baca juga: 7 Trik biar Tak Ngemil Terus Menerus alasannya yaitu Stress

8 Trik Ngemil Sehat yang Cegah Berat Badan NaikFoto: Istimewa

2. Makan kudapan untuk melengkapi nutrisi
Sesuaikanlah jenis camilan dengan kebutuhan tubuh. Kenali kuliner apa yang cocok untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. Jika mencicipi tubuh kekurangan magnesium, makanlah kacang almond, kacang mete, atau alpukat untuk melengkapinya.

3. Konsumsi protein dan serat
Umumnya orang mengonsumsi kudapan yang tinngi kalori dan kadar gula. Gantilah kudapan tidak sehat ini dengan kuliner mengandung serat dan protein. Dua kandungan ini terbukti bisa menekan rasa lapar dan membantu menurunkan berat badan. Sedialah kudapan berupa kacang tanpa embel-embel penyedap, apel, stroberi atau pisang untuk anda konsumsi.

4. Hindari melewatkan waktu makan
Apakah Anda suka melewatkan sarrapan atau makan siang biar asupan kalori berkurang?. Jika iya, hal ini lah yang meningkatkan cita-cita Anda untuk makan lebih banyak. Karnanya, makan lah sesuai waktunya biar tidak merasa membutuhkan camilan.

Baca juga: Buat Ngemil Sore Ada Roti Bakar Jadul dengan Aneka Isi di Sini

8 Trik Ngemil Sehat yang Cegah Berat Badan NaikFoto: iStock

5. Jangan simpan kudapan tidak sehat di dapur
Suatu penelitian mengemukakan bahwa kanal yang gampang terhadap kudapan tidak sehatlah yang mejadikan orang terus mengonsumsinya. Penelitian lain menemukan bahwa orang akan memakan apapun yang tersedia di dapurnya. Berdasarkan dua penelitian tersebut, singkirkanlah persediaan kudapan tidak sehat di rumah Anda. Sebagai gantinya, sediakanlah buah dan sayuran sehat dan jadikan camilan yang lezat.

6. Rencanakan camilan
Kebanyakan orang mengonsuumsi kudapan apa saja ketika rasa lapar datang. Hal ini memperbesar peluang konsumsi kuliner tidak sehat. Untuk menghindarinya, buat lah rencana kapan Anda akan mengonsumsi kudapan dan apa yang akan dimakan.

8 Trik Ngemil Sehat yang Cegah Berat Badan NaikFoto: iStock

7. Minum air putih sebelum camilan
Air putih akan meningkatkan rasa kenyang, sehingga asupan kudapan akan terbatas. Selain itu, air putih juga meningkatkan metabolisme dan membantu mengurangi berat badan. Penelitian menandakan bahwa mengonsumsi air putih sebelum hidangan utama akan membantu mengurangi berat tubuh lebih cepat.

8. Sugesti diri Anda
Manusia secara alami bisa menahan cita-cita untuk melaksanakan sesuatu. Gunakanlah kemampuan ini untuk menghindari asupan camilan yang berlebih.

Baca juga: Psst! Camilan Berlabel Sehat Belum Tentu Menyehatkan

Artikel Terkait

8 Trik Ngemil Sehat Yang Cegah Berat Tubuh Naik
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email