Saturday, March 9, 2019

Slurpp! Ini Resep Es Campur Yang Legit Dan Segar

Slurpp! Ini Resep Es Campur yang Legit dan Segar/Foto: iStockSlurpp! Ini Resep Es Campur yang Legit dan Segar/Foto: iStock

Jakarta - Es campur merupakan es favorit di Indonesia. Diracik dari buah yang direndam dalam kuah manis legit berbahan santan sampai susu kental manis.

Berbeda dengan es buah, bahan-bahan dalam es campur tidak hanya buah. Ada bahan-bahan lain menyerupai sagu mutiara, roti, cendol, kolang-kaling, tape singkong, dan lainnya. Sementara kuah sirupnya juga mempunyai varian hanya dengan sirup atau memakai santan kelapa.

Di beberapa kawasan terdapat banyak sekali adonan untuk materi es campur. Jadi, jangan heran bila menemukan es campur dengan varian berbeda.

Es campur paling pas dinikmati ketika panas terik. Selain menyegarkan, racikan es campur juga sanggup bikin kenyang alasannya banyak adonan di dalamnya. Es campur gampang ditemui di beberapa penjaja rumah makan atau penjaja es pinggir pinggir jalan

Kalau mau menciptakan es campur sendiri juga mudah, hanya saja perlu memperhatikan beberapa hal. Masalah paling umum ialah kuah santan pecah dan salah menentukan buah.



Tips dan Trik Memasak Santan Es Campur

Pada es campur tradisional, penggunaan santan ialah ciri dari hidangan es satu ini. Santan atau sari pati buah kelapa renta ini mempunyai rasa gurih dan manis. Memasak santan mempunyai kesulitan tersendiri alasannya bila salah santan sanggup pecah dan menggumpal. Hal ini menciptakan rasa dan penampilan es campur berubah. Tampilannya pun jadi kurang menarik.

Sebenarnya ada cara biar santan tidak pecah yang sanggup Anda coba. Pertama yang perlu Anda tahu ketika memasak santan yaitu dihentikan ditinggal.

Anda harus mengaduknya terus-menerus secara konsisten. Pastikan santan benar-benar mendidih sebelum Anda mematikan api. Jika cara mengaduk santan secara terus-menerus cukup sulit, Anda sanggup mencoba cara kedua yaitu mencampurkan sedikit tepung beras. Sedikit saja, biar tidak memengaruhi rasa. Sebelum memasak, aduk adonan sampai merata.

Cara selanjutnya ialah bila Anda memisahkan perasan santan kental dan encer. Saat memasak Anda harus memasukkannya satu per satu. Pertama, masukkan santan encer kemudian masak sampai mendidih.

Masukkan adonan masakan lain bila ada yang gres kemudian masukkan santan kental. Memasukkan santan kental secara perlahan sembari terus diaduk biar tidak pecah. Paling penting dalam proses memasak santan biar tidak pecah ialah memastikan api dalam keadaan kecil. Api yang menyala terlalu besar akan gampang menciptakan santan menggumpal. Kaprikornus pastikan api selalu kecil alasannya bila santan pecah rasa dan tampilan masakan menjadi kurang yummy dan menarik lagi.

Tips Memilih Buah untuk Es Campur

Memilih buah untuk adonan es campur Istimewa sama menyerupai menentukan buah untuk hidangan jus dan es buah lainnya. Buah yang sempurna akan memaksimalkan rasa masakan anda. Nah yang penting ialah mengukur tingkat kematangan buah. Jangan menentukan buah yang terlalu muda alasannya rasanya cenderung masam. Hindari pula memakai buah terlalu masak yang mungkin akan amis dan rasanya kurang enak.

Selain tingkat kematangan, untuk memastikan hidangan es campur jadi menarik, Anda sanggup memadukan warna buah yang berbeda biar lebih berwarna- warni. Buah yang sering dipakai dalam adonan es campur biasanya alpukat. Buah satu ini mempunyai rasa yang gurih sehingga cocok untuk hidangan es campur dengan santan. Pastikan alpukat yang dipakai sudah empuk dan matang. Buah selanjutnya ialah nangka. Buah dengan aroma yang sangat berpengaruh ini tidak terlalu sulit mendapatkannya. Karena selain tekstur rasa buah tidak berubah, Anda sanggup menentukan buah yang masih segar biar lebih infinit disimpan.

Berikutnya pemilihan buah kelapa muda untuk adonan es campur. Pastikan untuk tidak memiih buah kelapa terlalu renta alasannya akan bertekstur keras. Rasanya juga kurang nikmat alasannya tidak manis lagi. Anda juga sanggup menambahkan varian buah lainnya yang anda sukai.



Resep Es Campur

Ada banyak resep menciptakan es campur dari banyak sekali daerah. Apalagi ketika ini kian banyak penemuan yang menciptakan kreasi es campur dan masakan lainnya menjadi kian kekinian. Berikut ialah resep es campur tradisional memakai santan dengan suplemen buah segar. Buah-buahan dan materi lainnya sanggup Anda ganti dengan lainnya sesuai selera.

Bahan-bahan:

1. Es kerikil untuk disajikan serpihan kecil dan diserut.
2. 2 buah alpukat kualitas bagus, kerok, kemudian ambil daging buahnya.
Daging kelapa muda yang sudah dikerok banyaknya sesuai selera.

3. Jika suka tambahkan strawberry segar kemudian potong kecil
4. Nangka segar yang sudah dikeluarkan bijinya kemudian potong-potong kecil.
5. Siapkan kolang-kaling dan kacang merah yang sudah dicuci bersih
6. Siapkan cendol hijau segar
7. Potong- potong kotak kecil cincau hitam.
8. Siapkan santan 500 ml. Lebih baik bila santan perasan (lebih gurih dan legit) atau boleh santan kemasan.
9. Siapkan sirup dengan rasa sesuai selera dan krim kental manis sesuai selera.

Cara Membuat Es Campur

Langkah pertama ialah menyiapkan santan dengan cara direbus dahulu dengan api yang kecil, sambil tetap diaduk perlahan supaya santan tidak pecah. Aduk sampai mendidih kemudian matikan api kompor dan angkat santan.

Masukkan satu persatu materi adonan dalam mangkuk atau gelas saji. Pastikan semua materi masuk dan atur supaya rapi dan menarik. Tambahkan sirup terlebih dahulu dan kemudian santan untuk kuahnya. Terakhir masukkan es serut atau es kristal di bab paling atas kemudian tuang topping dengan susu kental manis di atasnya. Es campur Istimewa sudah siap disajikan.

Es campur ini lebih yummy ketika gres saja dibentuk dalam keadaan dingin. Apalagi diminumnya bersama keluarga atau teman-teman. Coba juga aneka kreasi es campur dari banyak sekali kawasan serta varian penemuan es campur yang kian kekinian. Anda juga sanggup mencoba menciptakan kreasi sendiri dengan buah favorit.

Masih ada banyak varian resep es campur yang ternyata mempunyai ciri khas di tiap kawasan di Indonesia. Di Jakarta es campur disajikan dengan suplemen tape singkong, di Jawa Barat ditambah jelly siap saji dan sagu mutiara. Di Solo terlihat menyerupai cendol alasannya memang mayoritas isian cendol hanya dengan kuah yang lebih encer. Di Surabaya isinya terbilang lengkap ditambah dengan blewah.

Pastinya masih banyak varian di banyak sekali daerah. Karena itu tidak sanggup dipastikan dari mana asal dari minuman tradisional yang segar ini. Yang niscaya dari manapun asalnya, es campur telah menjadi kekayaan masakan Indonesia yang telah diakui dunia.

Jangan lupa konsumsi buah alasannya ada banyak manfaat mengonsumsi buah untuk tubuh. Tidak duduk perkara mengonsumsinya eksklusif maupun diolah terlebih dahulu. Asalkan buah masih dalam keadaan segar tidak berkurang kadar vitaminnya.

Nah, untuk pilihan lain, Anda sanggup bikin es campur buah susu dengan resep detikFood ini. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Slurpp! Ini Resep Es Campur Yang Legit Dan Segar
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email