Saturday, March 9, 2019

Sate Taichan Berlumur Sambal Rawit Selalu Diburu Pencinta Pedas

Foto: IstimewaFoto: Istimewa

Jakarta - Muncul sekitar 2016, sate taichan pribadi terkenal di kalangan foodies. Racikan sate ayam polos ini dibaluri sambal rawit plus perasan jeruk limo. Huah!

Tak menyerupai sate ayam umumnya yang berbalut bumbu kacang, sate taichan hadir dengan suplemen sambal cabai rawit yang super pedas. Pelengkapnya perasan jeruk limo yang asam dan menyegarkan.

Mengenai asal-usul atau sejarahnya, tak ada yang tahu niscaya soal sate taichan. Hanya saja penjualnya sempat hits di daerah Senayan. Pasalnya penjual sate taichan dulu berderet sampai puluhan kios meski memperlihatkan sajian yang sama.

Mereka mulai menjajakan sate taichan sore menjelang malam. Jam bukanya pun sampai dini hari sehingga selalu jadi buruan para pencinta kuliner malam.

Sate Taichan Berlumur Sambal Rawit Selalu Diburu Pencinta PedasFoto: Istimewa



Untuk membuatnya, sebelum dibakar, daging ayam yang sudah ditusukkan dengan sebilah bambu ini diberi taburan garam serta olesan sedikit minyak. Sate dibiarkan polos kemudian disajikan dengan guyuran sambal rawit yang super pedas.

Menyantap sate taichan tidak dengan nasi melainkan kepingan lontong. Banyak orang bisa habiskan puluhan tusuk sate taichan sekali makan.

Salah satu penjual sate taichan terkenal dulu ialah Sate Taichan 87 Bang Ocit. Sebelum dibuka, warung sate ini bahkan sudah diantre pembeli. Mereka umumnya membeli sate dalam jumlah banyak.

Sate Taichan Berlumur Sambal Rawit Selalu Diburu Pencinta PedasFoto: dok. detikFood

Yang khas dari sate taichan Bang Ocit, pembeli bebas mengambil sambal sate sesuai keinginan. Rasanyapun terbilang pedas.

Lokasi lainnya ada di Kedai Uncle Do Sate Taichan. Nama menu-menunya juga unik. Ada Pasta Taichan, Sayap Sayap patah, Sate Kulit Taichan Pedes Manis, Sate Taichan Pedes Manis. Semua sajian tadi rasanya pedas nonjok. Kalau tak ingin terlalu pedas, Anda bisa pesan sate original.

Sate Taichan juga tak boleh dilewatkan. Total gerainya ada 30 termasuk di Bintaro. Sate taichan di sini terbuat dari daging ayam yang dibakar dan diberi bumbu. Bumbunya terbuat dari paduan cabai merah, cabai rawit, air jeruk limau, dan garam. Sehingga rasanya dijamin pedas segar. Tersedia juga sate sayap ayam taihcan.



Seiring waktu, topping sate taichan bukan hanya sambal rawit. Inovasi muncul dengan penambahan sambal matah. Ada kepingan cabai rawit merah, bawang merah, tomat hijau dalam baluran air jeruk nipis yang asam segar. Rasa pedas yang tidak terlalu menonjok menciptakan sate taichan sambal matah bisa jadi alternatif mereka yang bukan penggemar pedas.

Sate Taichan Berlumur Sambal Rawit Selalu Diburu Pencinta PedasFoto: Instagram Sate Taichan Bang Kumis

Pencinta keju juga niscaya suka sate taichan topping keju leleh. Sate taichan mozzarella sempt hits. Lembaran keju ini dilelehkan dengan blow torch. Menghasilkan sensasi benang-benang mulur sekaligus rasa gurih ketika disantap!

Kalau mau buat sate taichan sendiri juga mudah. Ada resep berisi materi dan cara menciptakan sate taichan ala detikFood yang bisa diikuti.

Bahan:
500 g fillet ayam, potong-potong
Tusuk sate
100 g keju mozzarella
Bumbu:
1 sdt bawang putih parut
1 sdm kecap manis
2 sdm shoyu
1 sdm saus tiram
Sambal:
1 sdm air jeruk nipis
Giling jadi satu:
15 buah cabai rawit merah
2 siung bawang putih
1 sdt garam

Cara membuat:

1. Aduk kepingan ayam dengan bumbu sampai rata. Biarkan terendam beberapa saat.
2. Tusuki tiap 3-4 potong ayam dengan tusuk satai.
3. Bakar atau panggang sampai matang. Taruh di piring saji.
4. Beri keju mozzarella parut.
5. Panggang sampai keju leleh.
6. Sajikan dengan Sambalnya.

Untuk 10 tusuk

Artikel Terkait

Sate Taichan Berlumur Sambal Rawit Selalu Diburu Pencinta Pedas
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email