Saturday, March 9, 2019

Rumah Makan Minang Unik Dengan Gaya Peranakan Sampai Vegetarian!

Hidangan Minang Vegetarian di Loka Padang Foto: dok. detikFoodHidangan Minang Vegetarian di Loka Padang Foto: dok. detikFood

Jakarta - Rumah makan Minang ada yang mengusung konsep berbeda. Seperti diberi sentuhan Palembang, Peranakan, sampai dibentuk khusus untuk vegetarian.

Tak hanya menyuguhkan sajian orisinil Minangkabau, beberapa rumah makan Minang terbilang unik alasannya yakni konsepnya berbeda. Sebut saja rumah makan Minang dengan sentuhan Palembang yang dihadirkan Pagi Sore.

Rumah makan di tempat Cipete dan Jeruk Purut ini memang menghadirkan unsur kuliner Palembang diantara formasi lauk Minang. Salah satunya gulai kepala ikan yang menyerupai pindang Palembang. Gulai ini terasa nikmat dengan sentuhan rasa asam yang pas.

Rumah Makan Minang Unik dengan Gaya Peranakan sampai Vegetarian!Gulai kepala ikan, sajian favorit di Pagi Sore Foto: dok. detikFood

Baca Juga: Rumah Makan Padang Gaya Palembang

Ada juga rumah makan Minang dengan sentuhan peranakan. Konsep ini dihadirkan oleh Marco by Chef Marco Lim yang gerainya ada di mall-mall besar di Jakarta. Tak menyerupai rumah makan Minang pada umumnya, Marco lebih terlihat menyerupai restoran glamor dengan suasana bersantap istimewa.

Mengenai masakannya, chef Marco memadukan teknik memasak dan bahan-bahan kuliner dari kuliner China dan Padang. Ia menggunakan racikan resep turun temurun dan beberapa materi yang masih didatangkan dari Padang.

Menu andalannya yakni Randang Itam Kayu Bakar. Sesuai namanya, rendang ini berwarna hitam alasannya yakni bumbunya begitu meresap. Dimasak setidaknya 8 jam di atas kayu bakar.

Rumah Makan Minang Unik dengan Gaya Peranakan sampai Vegetarian!Randang Itam buatan Marco Padang Foto: Instagram marcopadang

Yang juga mengusung konsep Minang Peranakan yakni restoran Cikang di Menteng. Deretan menunya terinspirasi kuliner di Pondok, Alang Lawas. Masakan ini populer sebagai Chinatown-nya kota Padang alasannya yakni menjadi saksi sejarah kekayaan budaya serta terjaganya harmonisasi antara warga keturunan Tionghoa dengan etnis lainnya.

Menu unik dari Cikang yakni Mie Rebus Alang Laweh, berupa mie kuning dalam rendaman kuah kental bercampur telur kocok. Pelengkapnya sawi, wortel, pecahan daging sapi, dan kerupuk merah. Selain itu, Cikang juga punya kopi dan dessert yummy menyerupai es rojak cikang yang segar.

Rumah Makan Minang Unik dengan Gaya Peranakan sampai Vegetarian!Mie Rebus Alang Laweh bikinan Cikang Foto: dok. detikFood

Baca Juga: Cikang: Lamaknyo! Berbuka dengan Nasi Uda Berlauk Dendeng Batokok yang Gurih Pedas

Paling berbeda dari yang lain, Loka Padang menghadirkan sajian Minang khusus vegetarian. Tak ada penggunaan materi hewani pada lauk di restoran ini. Semuanya dibentuk menggunakan materi nabati menyerupai kentang dan jamur yang menghadirkan rasa umami menyerupai daging.

Rumah Makan Minang Unik dengan Gaya Peranakan sampai Vegetarian!Sajian Minang vegetarian di Loka Padang Foto: Istimewa

Loka Padang ada di tempat Sudirman. Pilihan sajian di sini antara lain rendang kentang, rendang jamur, jamur krispi balado, gulai jamur, pepes tahu, sampai soto Padang.

Tersedia juga pilihan ekonomis dan mudah menyerupai Paket, A, B atau C. Paket ini dibedakan menurut jumlah lauknya dengan pilihan terbanyak yakni 3 lauk. Tertarik coba?

Baca Juga: Loka Padang: Mantap! Nasi Padang Vegan Lauknya Jamur Balado dan Rendang Kentang

Artikel Terkait

Rumah Makan Minang Unik Dengan Gaya Peranakan Sampai Vegetarian!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email