Friday, March 22, 2019

Resep Udang Kering Tempura Ala Restoran Jepang Yang Garing Renyah

Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Tempura udang atau udang kering tempura enak untuk lauk atau topping ramen. Resep tempura seenak buatan restoran Jepang dapat dibentuk dengan langkah mudah.

Tempura merupakan masakan Jepang yang biasa dibentuk dari seafood, ubi dan sayur-sayuran. Beberapa materi ini dicelupkan dengan adonan tepung dan digoreng dalam minyak panas. Meski berasal dari Jepang, namun kepopulerannya sudah mendunia.

Baca juga: Inilah 5 Fakta yang Perlu Diketahui Tentang Tempura

Seiring dengan kepopuleran masakan Jepang, tempura juga makin digemari. Kunci kelezatan tempura udang terletak pada udang yang segar dan adonan tepungnya.

Resep Ebi Tempura ala Restoran Jepang yang Garing RenyahFoto: iStock

"Adonan tempura dibentuk dengan adonan tepung terigu yang dicampur dengan kuning telur. Kemudian ditambah dengan air es dan diaduk rata tetapi hingga tidak terlalu kental atau licin," tutur Triyanto, Komi di Restoran Yoshi Izakaya kepada detikFood (19/03).

Pria berusia 43 tahun ini juga menyampaikan bab perut udang bab bawah harus dikerat-kerat biar tidak bengkok ketika digoreng. "Bagian perutnya dikerat sedikit dan diluruskan gres kemudian dicelup ke dalam tepung dan goreng," tambah Triyanto.

Proses mencelupkan adonan dilakukan dengan memasukkan udang ke dalam tepung terigu kering terlebih dulu kemudian adonan. Agar warna tempura udangnya cokelat keemasan, minyak yang dipakai harus banyak dan baru.

"Setelah dicelup ke adonan, udang dimasukkan ke minyak. Supaya bab adonannya renyah, ketika masuk ke minyak, udang diperciki dengan sedikit adonan di sekitarnya," ungkapnya.

Jika tidak ingin menciptakan adonan. Tempura juga dapat dibentuk dengan cara lain. Udang digulingkan ke tepung kering, kemudian dicelupkan ke dalam telur kocok dan dibalut dengan tepung panko.

Resep Ebi Tempura ala Restoran Jepang yang Garing RenyahFoto: iStock

"Kalau mau buat di rumah, sausnya dapat memakai soy sauce, penyedap rasa, sedikit gula dan garam. Kemudian dicampur dengan sedikit lobak dan jahe yang diparut halus," pungkas Triyanto.

Agar terasa garing dan renyah udang kering tempura harus dimakan selagi hangat. Karenanya tempura selalu dibentuk atau digoreng ketika akan disantap. Agar rasa kres renyah adonannya masih terasa ketika digigit.

Baca juga: Krenyes Renyah Tempura hingga Kakiage yang Gurih Enak

Artikel Terkait

Resep Udang Kering Tempura Ala Restoran Jepang Yang Garing Renyah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email