Friday, March 22, 2019

Jangan Dibuang! Ampas Kopi Dapat Dimanfaatkan Untuk 10 Hal Ini

Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Usai menyeduh kopi, sebaiknya ampas kopi jangan pribadi dibuang. Ampas kopi juga sanggup dimanfaatkan untuk hal yang tak terduga ini.

Orang-orang biasanya membuang ampas kopi yang tersisa sesudah kopi diminum. Tetapi ternyata Anda masih sanggup memakai ampas kopi untuk hal yang berkhasiat di sekitar rumah.

Berikut kegunaan bubuk kopi dan ampas kopi yang belum Anda ketahui yang dilansir dalam Times of India.

Baca Juga: Mana Yang Lebih Sehat untuk Sarapan, Minum Teh Atau Kopi?

1. Mengharumkan kulkas

Jangan Dibuang! Ampas Kopi Bisa Dimanfaatkan Untuk 10 Hal IniFoto: iStock

Menyimpan banyak masakan di kulkas menciptakan aroma kulkas bercampur aduk. Tapi tahukah Anda, kalau menyimpan masakan terlalu usang di kulkas juga sanggup menciptakan masakan menjadi bau dan sanggup menyebabkan aroma tidak sedap di kulkas.

Jika bacin tidak sedap itu sulit hilang dari kulkas, Anda sanggup menaruh ampas kopi di mangkuk kemudian diamkan selama 2 jam di dalam kulkas. Maka aroma kopi akan membantu menetralkan bacin kulkas.

2. Bisa jadi body scrub atau lulur tubuh

Jangan Dibuang! Ampas Kopi Bisa Dimanfaatkan Untuk 10 Hal IniFoto: iStock

Saat ini banyak klinik kecantikan, spa atau produk kosmetik yang menciptakan lulur dengan materi dasar kopi. Kandungan di dalam kopi ternyata sanggup membantu kulit semakin halus. Partikel garang dan kandungan asam dari bubuk kopi berfungsi sebagai exfoliator yang tepat untuk kulit, yang sanggup menghilangkan kotoran dan sel-sel mati dikulit Anda.

Anda sanggup menciptakan lulur kopi sendiri. Proses pembuatannya juga gampang dan tidak butuh alat yang sulit. Cukup campurkan ampas kopi dengan air atau minyak kelapa, kemudian lulur sudah sanggup digunakan.

3. Anti hama atau serangga bagi tumbuhan

Jangan Dibuang! Ampas Kopi Bisa Dimanfaatkan Untuk 10 Hal IniFoto: Dok. Getty Images

Siapa yang menyangka ternyata bubuk kopi sanggup mencegah hama pada tumbuhan Anda. Untuk mencegah hama pada tumbuhan kesayangan, Anda sanggup menaburkan ampas kopi pada tanah di sekitar pot tanaman. Nah, sebaran bubuk kopi ini akan mencegah datangnya bekicot, siput, dan binatang pemakan daun lainnya yang bertubuh lunak. Tak hanya itu, kopi juga sanggup mencegah munculnya ulat di daun, sebab kupu-kupu jadi tidak tertarik untuk bertelur pada daunnya, sebab aroma kopi tersebut.

4. Mengurangi dan menyamarkan selulit di tubuh

Jangan Dibuang! Ampas Kopi Bisa Dimanfaatkan Untuk 10 Hal IniFoto: iStock

Banyak perempuan terus mencari bagaimana cara menghilangkan selulit sebab memang sangat mengganggu penampilan. Salah satu resep alami yang gampang dilakukan di rumah yaitu dengan bubuk kopi. Anda sanggup melakukannya dengan cara mencampurkan bubuk kopi dengan body lotion kemudian letakkan dibagian selulit tersebut kemudian digosok atau dipijat.

Hal ini akan memfasilitasi pemecahan lemak dikulit yang akan menghilangkan selulit. Lalu diamkan selama setengah jam sebelum dibilas.

5. Menjadi pupuk tanaman

Jangan Dibuang! Ampas Kopi Bisa Dimanfaatkan Untuk 10 Hal IniFoto: iStock

Siapa yang menyangka ternyata ampas kopi sanggup menjadi pupuk tumbuhan yang akan menambah nutrisi untuk tanah dan membantu pertumbuhan tumbuhan tersebut. Tingginya kandungan fosfor, potasium, magnesium dan tembaga, tentu akan memperlihatkan nutrisi yang sangat baik untuk tanah.

Caranya sangat mudah, ampas kopi tersebut jangan dicuci dan pribadi taburkan ampas tersebut ke tumbuhan Anda.

6. Dapat menghilangkan noda pada wajan

Jangan Dibuang! Ampas Kopi Bisa Dimanfaatkan Untuk 10 Hal IniFoto: iStock

Tentu sebagai ibu rumah tangga paham bagaimana sulitnya menghilangkan noda pada panci atau wajan. Ternyata dengan bubuk kopi juga sanggup menghilangkan noda tersebut lebih mudah. Cukup hanya mencuci dengan air sabun yang dicampur dengan bubuk kopi, kemudian gosok di cuilan noda yang sulit hilang.

7. Mengempukkan daging

Jangan Dibuang! Ampas Kopi Bisa Dimanfaatkan Untuk 10 Hal IniFoto: Istock

Dalam mengolah daging kambing atau sapi, memang memerlukan tantangan tersendiri. Karena tidak gampang menciptakan daging empuk ketika dikunyah. Sifat asam dari kopi bekerja sebagai pelunak daging yang baik dan meningkatkan rasanya. Kopi mengandung asam dan enzim alami, yang membantu melunakkan daging dan menambahkan rasa yang indah dan kaya pada steak Anda. Cukup rendam dengan bubuk kopi yang dilarutkan sebelum dimasak.

8. Sebagai pewarna alami

Jangan Dibuang! Ampas Kopi Bisa Dimanfaatkan Untuk 10 Hal IniFoto: Istock

Ternyata kopi sanggup menjadi pewarna masakan dan rambut lho! Bahkan mewarnai rambut dengan kopi tidak akan merusak rambut, sebab tidak mengandung kimia. Meskipun tidak bertahan lama, tapi setidaknya sanggup menghilangkan uban pada rambut Anda.

9. Bisa menghilangkan tabrakan pada furnitur

Jangan Dibuang! Ampas Kopi Bisa Dimanfaatkan Untuk 10 Hal IniFoto: Istimewa

Pasti Anda berpikir bahwa tabrakan pada furnitur tidak sanggup hilang. Ternyata dengan bubuk kopi, juga sanggup menghilangkan tabrakan - tabrakan yang merusak pemandangan pada furnitur Anda. Hanya dengan cara oleskan furniture yang tergores dengan kain lap yang dicelup dengan kopi hitam kental.

10. Mencegah penuaan

Jangan Dibuang! Ampas Kopi Bisa Dimanfaatkan Untuk 10 Hal IniFoto: Thinkstock

Ternyata kopi juga sanggup dipakai sebagai masker yang akan menunda penuaan pada wajah. Membuat masker wajah berbahan dasar kopi juga sangat mudah. Cukup memakai ampas kopi yang sudah diseduh sebelumnya, kemudian oleskan pada wajah selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Bubuk kopi penuh dengan kafein dan antioksidan. Mereka sepertinya menjadi solusi untuk mencegah penuaan dan mengurangi munculnya bulat hitam di bawah mata.

Baca Juga: 6 Kopi Favorit Ini Bisa Ungkap Pribadimu, yang Mana Kopi Pilihanmu?

Artikel Terkait

Jangan Dibuang! Ampas Kopi Dapat Dimanfaatkan Untuk 10 Hal Ini
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email