Friday, March 22, 2019

Masakan Terlalu Asin? Pakai 7 Trik Ini Supaya Tetap Lezat Dimakan

Foto: IstimewaFoto: Istimewa

Jakarta - Tak sengaja menambahkan banyak garam bisa menciptakan kuliner jadi terlalu asin. Jangan membuang kuliner itu, ada 7 trik untuk mengatasinya.

Garam merupakan bumbu dapur yang tidak ketinggalan di setiap hidangan. Garam sanggup memperkuat cita rasa sebuah masakan. Karena pengaruhnya yang kuat, dosis garam dalam kuliner harus sangat diperhitungkan. Jika tidak, kuliner akan terasa cuek atau justru keasinan.

Kalau sudah terlanjur asin, jangan membuang masakan. Ada beberapa trik yang bisa Anda coba untuk mengoreksi rasa asin pada kuliner menyerupai diungkap She Knows (21/3) berikut.

Baca juga: Makanan Kemanisan atau Keasinan? Ini Cara Mengoreksi Rasanya

Masakan Terlalu Asin? Pakai 7 Trik Ini Agar Tetap Enak DimakanFoto: iStock

1. Tambahkan air
Untuk kuliner kuah, cukup tambahkan sedikit air atau kaldu tanpa garam kedalam masakan. Hal ini akan membantu mengurangi rasa asin yang berlebih. Namun jangan didihkan kembali kuliner Anda alasannya ialah rasa asinnya akan kembali terasa. Menurut Rachel Ray, menambahkan bubur nasi plus air ke dalam kuliner juga bisa jadi solusi alasannya ialah bisa menyerap rasa asin tanpa merusak cita rasa hidangan.

2. Tambahkan Krim
Bahan kuliner berbasis krim menyerupai susu dan yogurt sanggup menetralkan rasa asin pada beberapa resep. Jika ditambahkan dalam bentuk cair pada hidangan berkuah maka krim akan mengurangi rasa asin. Sour cream, plain yogurt, dan keju bersodium rendah (seperti keju Swiss atau rocotta) juga sanggup membantu menetralkan rasa asin dari pemakaian garam berlebih pada resep menyerupai mac and cheese dan kari ayam.

3. Tambahkan materi ekstra
Menambahkan materi menyerupai pecahan kentang dan wortel pada sup akan mengurangi rasa asin. Makanan itu akan menyerap kandungan garam berlebih pada masakan. Suku Indian juga mempunyai teknik berjulukan chhaunk yang sanggup Anda coba. Panaskan rempah aromatik dalam minyak atau ghee (mentega yang kandungan susu dan airnya dibuang) kemudian tambahkan secukupnya pada kuliner yang keasinan. Anda juga sanggup menambahkan materi lain pada kuliner yang sudah jadi untuk menyeimbangkan rasa asinnya. Seperti pecahan alpukat untuk daging isian taco yang keasinan atau nasi sebagai pendamping masakan.

Masakan Terlalu Asin? Pakai 7 Trik Ini Agar Tetap Enak DimakanFoto: iStock

4. Tambahkan gula
Rasa manis pada gula bisa menyeimbangkan rasa asin berlebih pada suatu hidangan. Cukup tambahkan sedikit gula atau materi manis lainnya menyerupai madu pada kuliner yang dianggap keasinan.

5. Tambahkan rasa asam
Air jeruk lemon, air jeruk nipis, cuka atau air asam Jawa sanggup mengoreksi rasa asin akhir terlalu banyak garam pada masakan. Sama menyerupai asin, rasa asam merupakan cita rasa penting yang sanggup mendominasi masakan. Metode ini tidak mengurangi rasa asin namun akan menutupinya.

Masakan Terlalu Asin? Pakai 7 Trik Ini Agar Tetap Enak DimakanFoto: Istock

6. Buat resep dua kali lipat
Jika sudah terlanjur menambahkan garam berlebih pada hidangan, perbaikilah dengan memalsukan resepnya. Seperti pada nasi goreng, jikalau satu porsi terasa keasinan maka anda sanggup menambahkan satu porsi nasi lagi tanpa garam tambahan.

7. Kurangi rasa pada resep pendamping
Saat ayam panggang terasa keasinan, buatlah saus tomat dengan kadar garam yang lebih sedikit. Trik ini akan menyeimbangkan rasa pada keseluruhan masakan.

Baca juga: 12 Tempat Garam yang Unik Ini Bisa Mempercantik Dapur Anda

Artikel Terkait

Masakan Terlalu Asin? Pakai 7 Trik Ini Supaya Tetap Lezat Dimakan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email