Friday, March 22, 2019

Nikmatnya Pecel Lele, Makanan Merakyat Yang Gurih Renyah

Nikmatnya Pecel Lele, Makanan Merakyat yang Gurih Renyah/Foto: iStockNikmatnya Pecel Lele, Makanan Merakyat yang Gurih Renyah/Foto: iStock

Jakarta - Pecel lele selalu jadi sajian andalan kala lapar dan persediaan uang menipis. Lele goreng yang gurih renyah ini yummy dinikmati dengan sambal terasi.

Jika Anda tinggal di Pulau Jawa dan Bali, niscaya mengenal yang namanya pecel lele. Makanan ini sangat gampang dijumpai di dua pulau tersebut, juga di pulau-pulau lain di Indonesia. Jangan heran kalau masakan ini disebut masakan sejuta umat alasannya ialah semua kalangan menyukainya.

Pecel lele sanggup ditemukan di warung-warung kaki lima sampai restoran yang menyajikan masakan khas Indonesia. Harganya pun relatif murah, cocok untuk tanggal tua.



Nama pecel lele bergotong-royong ialah pecek lele yang dikenal dari Lamongan, Jawa Timur. Karena itu banyak warung kaki lima yang menamakan warung mereka warung makan Lamongan. Lengkap dengan spanduk seragam khas warung Lamongan.

Biasanya tidak hanya pecel lele, mereka juga menjual aneka penyetan. Namun ada versi lain yang menyampaikan pecel lele berasal dari Jawa Tengah. Nah, terlepas dari mana asalnya, yang terang pecel lele menjadi satu dari sekian banyak kekayaan masakan Indonesia yang enak.

Nama pecek lele mulai berubah semenjak masakan ini merambah Jakarta. Di Jakarta ada masakan khas Betawi berjulukan Pecak. Pecak ialah sajian ikan air tawar termasuk lele yang disiram dengan kuah bumbu santan.

Karena susah membedakan penyebutan keduanya, pecak lele diganti menjadi pecel lele. Makara jangan salah mengira bahwa pecel lele ialah sayur dengan bumbu pecel (bumbu kacang). Di beberapa kawasan juga mempunyai penyebutan berbeda. Di Malang disebut lalapan sama dengan lalapan ayam dan ikan lainnya. Di Jember disebut pecek ada juga yang menyebut penyet.

Bagi yang belum tahu, pecel lele adalah masakan dengen lele goreng yang disajikan dengan sambal terasi yang nikmat. Hampir mirip penyetan yang biasanya disajikan dengan nasi hangat, sayur lalapan, kemangi, dan kerupuk. Hmm, sedapnya!



Nutrisi Ikan Lele

Ikan lele menjadi ikan yang paling banyak dikonsumsi mulai dari belum dewasa sampai dewasa. Rasa ikan lele memang tidak perlu diragukan lagi. Aroma dan rasanya khas, berbeda dengan ikan lain. Ternyata ikan lele mempunyai banyak manfaat dari kandungan di dalamnya.

Pertama, ikan lele merupakan sumber protein lengkap. Dalam setiap ekor ikan lele mengandung protein berkualitas tinggi yakni 15,6 gram. Jumlah tersebut cukup memenuhi kebutuhan asam amino yang diharapkan tubuh. Protein berkualitas tinggi membantu badan membangun otot tanpa lemak. Ikan lele juga membantu meningkatkan efektivitas kekebalan badan dengan kandungan proteinnya yang tinggi.

Selanjutnya ikan lele rendah kalori dan lemak alasannya ialah dalam 100 gram porsi ikan lele hanya mengandung 122 kalori dan 6,1 gram lemak. Cara memasak penting untuk menjaga tingkat kalori dan lemak misalkan dengan menggoreng sanggup menambah kandungan lemak.

Ikan lele juga menjadi sumber vitamin B-12 yang sangat tinggi. Dalam tiap ekor ikan lele sanggup mencukupi 40 persen kebutuhan badan setiap harinya. Vitamin b-12 penting untuk badan untuk membantu memecah masakan yang dikonsumsi sebagai energi.

Tidak hanya itu vitamin yang larut dalam air berperan penting untuk fungsi otak, sistem saraf, serta pebentukan darah.
Setelah matang dengan warna kecokelatan, angkat ikan kemudian diamkan. Selanjutnya tinggal menciptakan sambal terasi dengan cara menggoreng semua materi sambal sampai matang. Pastikan terasi matang sempurna. Tiriskan bahan-bahan yang sudah digoreng. Tuang semua materi pada cobek kemudian ulek sampai halus merata. Anda juga sanggup memakai blender kalau tidak terbiasa mengulek.

Kemudian pecel lele siap disajikan bersama nasi panas, lalapan sayur, dan kemangi. Rasanya sudah niscaya nikmat!

Artikel Terkait

Nikmatnya Pecel Lele, Makanan Merakyat Yang Gurih Renyah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email