Tuesday, March 26, 2019

Jangan Tambahkan Minyak Ketika Merebus Pasta, Ini Alasannya!

Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Meskipun dianggap mudah, merebus pasta ada triknya. Supaya tak lengket, kebanyakan orang menambahkan minyak dalam rebusan pasta. Tapi hal ini justru salah.

Pasta merupakan salah satu sumber karbohidrat dalam masakan Italia. Dibuat dari adonan tepung terigu, air, telur, dan garam yang dibuat menjadi banyak sekali variasi ukuran dan bentuk. Setelah direbus, pasta disajikan dengan banyak sekali saus atau isian.

Jangan Tambahkan Minyak Saat Merebus Pasta, Ini Alasannya!Foto: iStock

Kebiasaan banyak orang dalam merebus pasta ialah dengan menambahkan sedikit garam kemudian memasukan beberapa sendok teh minyak biar tidak lengket.

Baca Juga: Doyan Pasta? Ini 5 Resep Spaghetti Enak Yang Gampang Dibuat

Temuan terbaru ternyata menambahkan minyak ke dalam air sanggup merusak rasa makanan. Semuanya kembali ke konsep sains sederhana yang telah dipelajari semenjak kecil bahwa minyak tidak akan bercampur dengan air. Bahkan ketika Anda menggabungkan dua cairan, mereka kesudahannya akan terpisah dan minyak akan mengapung ke atas.

Jadi, ketika Anda menambahkan minyak ke air mendidih, minyak yang mengapung ke atas akan membuatnya berminyak dan justru sulit bagi saus untuk melekat ke pasta.

Cara termudah untuk mencegah pasta lengket ketika direbus ialah dengan memakai panci besar dan air yang banyak untuk merebus pasta.

Dikutip dalam Shared, untuk mencegah hal tersebut memakai tiga liter air untuk setiap 250 gram pasta. Sesekali mengaduk pasta ketika dimasak juga akan mencegah pasta lengket.

Kesalahan umum lainnya yang mungkin Anda lakukan ialah ketika mengeringkan pasta dan mengalirkan air bekas rebusan ke wastafel.

Menurut Bon Appetit, air pasta yang keruh, sanggup meningkatkan rasa yang enak untuk saus pasta yang akan dibuat. Ternyata, cairan ini ialah yang paling dibutuhkan, yang akan menghasilkan saus lembut dengan konsistensi yang sempurna.

Jangan Tambahkan Minyak Saat Merebus Pasta, Ini Alasannya!Foto: iStock

Menambahkan sedikit air rebusan pasta ke dalam saus Anda tidak hanya akan menggabungkan minyak dari saus dan air, itu juga akan mengentalkan saus sehingga Anda tidak perlu repot menambahkan beberapa jenis tepung, tepung jagung atau krim tambahan, yang semuanya sanggup mengubah rasa pasta.

Jadi lain kali ketika Anda memasak pasta, cobalah memakai tips sederhana ini untuk mengetahui perbedaan rasa dan penampilan.

Baca Juga: Akhir Bulan Tetap Bisa Makan Pasta Enak dengan Harga Terjangkau

Artikel Terkait

Jangan Tambahkan Minyak Ketika Merebus Pasta, Ini Alasannya!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email