Saturday, March 23, 2019

Ini Khasiat Bawang Putih, Si Mungil Yang Penuh Manfaat

Foto: Getty ImagesFoto: Getty Images

Jakarta - Bawang putih selalu jadi bumbu dapur andalan. Bukan hanya memberi aroma dan rasa sedap, khasiat bawang putih untuk kesehatan sangatlah banyak.

Siapa yang tidak kenal dengan bumbu dapur beraroma khas ini. Tidak hanya sedap dalam hidangan, bawang putih juga kaya akan manfaat. Beberapa penelitian mengemukakan bahwa bawang putih mengandung senyawa allicin yang berfungsi sebagai anti virus, anti jamur, sanggup turunkan kolesterol hingga menjaga sistem imunitas.

Baca juga: Bawang Putih Ampuh Cegah Flu

Untuk mendapat aroma yang maksimal dari bawang putih, cara pengolahannya harus sempurna dan sesuai kebutuhan. Aroma yang berpengaruh sanggup diperoleh dengan mememarkan bawang putih dan mencincangnya dengan halus. Sebaliknya, untuk aroma yang lembut cukup iris tipis bawang putih dan gunakan untuk memasak.

Ini Khasiat Bawang Putih, Si Mungil yang Penuh ManfaatFoto: Istock

Aroma bawang putih ini berasal dari enzim berjulukan allyl methyl sulfide. Keberadaan enzim tersebut juga mengakibatkan aroma bawang putih sanggup bertahan 24 jam di mulut.

Selain dipakai pribadi dalam masakan, bawang putih sanggup diolah menjadi minyak yang sanggup dipakai ketika anda menumis atau menciptakan resep lain. Caranya, haluskan beberapa siung bawang putih kemudian tumis dengan sedikit minyak hingga bawang kaku. Jika sudah dingin, campurkan minyak hasil tumisan dengan minyak yang lebih banyak.

Baca Juga: Rutin Konsumsi Bawang Putih Bikin Marcel Chandrawinata Sehat dan Bugar

Sayangnya, bawang putih tidak disukai beberapa orang alasannya ialah meninggalkan busuk yang berpengaruh sesudah dikonsumsi. Untuk menghilangkan aroma bawang putih, ada beberapa makanan yang sanggup dikonsumsi.

1. Apel
Mengonsumsi buah apel sanggup membantu mengatasi persoalan dengan aroma bawang putih. Kandungan senyawa polyphenol di dalamnya sanggup menghilangkan aroma tak sedap khas bawang putih.

2. Susu
Lemak yang terkandung dalam susu sanggup melarutkan zat dari bawang putih yang menjadikan aroma tidak sedap.

3. Teh hijau
Teh hijau juga sanggup menjadi alternatif lain untuk usir aroma bawang putih. Sama ibarat apel, teh hijau mengandung senyawa polyphenol yang sanggup menghilangkan bau.

Ini Khasiat Bawang Putih, Si Mungil yang Penuh ManfaatFoto: Independent/Thinkstock

Meskipun aromanya kuat, bawang putih tetap jadi bumbu yang selalu ada di dapur rumah. Khasiatnya pun tetap sanggup dirasakan meski bukan dengan dikonsumsi secara pribadi atau dalam masakan. Karena bawang putih juga sanggup dimanfaatkan sebagai perawatan badan dari luar bahkan untuk tanaman. Berikut manfaat serta cara mengunakannya.

1. Mengusir Ketombe
Memarkan sekitar 5 siung bawang putih dan biarkan 10 hingga 15 menit. Kemudian tambahkan dengan 7 sdm madu organik dan aduk rata. Madu ditambahkan alasannya ialah punya sifat anti jamur. Caranya oleskan leskan gabungan madu dan bawang pada kulit kepala dan rambut secara menyeluruh. Diamkan 5-10 menit. Terakhir, bilas higienis dengan shampoo.

2. Meredakan Jerawat
Ambil setengah siung bawang dan gosokkan pada area berjerawat. Bawang putih punya sifat antiradang untuk mengurangi iritasi kulit. Bawang putihpun mengandung alicin yang akan membunuh basil penyumbat pori-pori penyebab jerawat.

3. Mengusir hama
Cukup campur beberapa siung bawang putih dan air kemudian blender. Semprotkan cairan tersebut secara terencana pada bunga dan tumbuhan. Serangga niscaya akan menghindar.

4. Mengembalikan warna kuku
Ambil cotton bud dan celup sedikit ke minyak bawang putih kemudian oleskan ke jari kuku. Secara perlahan, kuku jari kaki akan kembali ke warna normal dalam seminggu.

Baca juga: Bau Bawang Putih Lekat di Mulut? Atasi dengan Konsumsi Apel dan Jus Lemon

Artikel Terkait

Ini Khasiat Bawang Putih, Si Mungil Yang Penuh Manfaat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email