Friday, February 22, 2019

Ini 5 Diam-Diam Bikin Soto Kuah Santan Yang Gurih Sedap

Foto: detikFoodFoto: detikFood

Jakarta - Mendung begini enaknya menikmati semangkuk soto hangat. Dipadu dengan suwiran ayam, soto makin enak dipadu dengan santan gurih.

Rahasia kelezatan soto ayam terletak pada kaldunya. Penambahan santan segar juga sanggup dilakukan biar rasanya semakin nikmat. Selain pemilihan ayam dan santan, berikut ini beberapa hal yang sanggup diperhatikan ketika menciptakan soto ayam santan enak.

1. Santan

Ini 5 Rahasia Bikin Soto Kuah Santan yang Gurih SedapFoto: iStock

Soto santan yang gurih enak harus menggunakan santan segar. Jangan menggunakan santan instan. Karena rasa santan segar lebih gurih dengan aksen rasa elok alami yang enak.

Jika ingin membeli kelapa untuk santan, sebaiknya pilih kelapa segar yang renta dengan daging tebal. Kupas bab kulit luarnya kemudian parut dan peras hingga hasilkan santan yang sempurna.

Selain itu, Anda juga sanggup eksklusif memarut di pasar. Asalkan pilih kelapa yang segar. Agar makin enak sebaiknya santan eksklusif dimasak atau sanggup disimpan dalam freezer. Kalau ingin kurangi lemak, Anda juga sanggup mengganti setengah dosis santan dengan susu rendah kalori.

Baca juga: Jokowi, SBY hingga Prabowo, Punya Pilihan Soto Favorit, Apa Saja?

2. Kaldu

Ini 5 Rahasia Bikin Soto Kuah Santan yang Gurih SedapFoto: Istock

Kaldu menjadi kunci rasa dari soto. Kaldu sanggup dibentuk dari tulang dan sayap ayam kampung. Yang terbaik untuk kaldu ayam andal kampung atau ayam berukuran besar. Jenis ayam ini menghasilkan kaldu yang gurih pekat.

Potong ayam menjadi 4 bab atau lebih sanggup ditambahkan ceker ayam. Masukkan ke dalam air mendidih, biarkan mendidih sebentar kemudian angkat ayam. Buang air perebusnya. Ganti dengan air panas, didihkan kembali.
Masukkan ayam kembali dan rebus dengan api kecil hingga mendidih pelan hingga ayam empuk.

Masukkan bumbu tumis dan masak kembali hingga ayam lunak dan bumbu meresap. Angkat ayam dan tambahkan santan segar, didihkan dengan api kecil.

3. Bumbu

Ini 5 Rahasia Bikin Soto Kuah Santan yang Gurih SedapFoto: iStock

Untuk menciptakan soto ayam yang gurih Anda sanggup menggunakan bumbu kuning. Bumbu halus kuning terdiri dari bawang putih, bawang merah, kemiri dan kunyit. Jangan lupa tambahkan daun salam, serai dan daun jeruk. Tumis hingga harum dan bumbu berbutir halus sebagai tanda sudah matang. Angkat dan masukkan dalam air kaldu dan santan.


4. Suwiran ayam

Ini 5 Rahasia Bikin Soto Kuah Santan yang Gurih SedapFoto: Istimewa


Ada dua pilihan untuk suwiran ayam. Tiriskan cuilan ayam kemudian suwir kecil dagingnya. Atau goreng ayam sebentar hingga agak kering kemudian disuwir.


5. Sajikan dengan perhiasan lain

Ini 5 Rahasia Bikin Soto Kuah Santan yang Gurih SedapFoto: Istimewa

Pelengkap makan soto jangan dimasukkan ke dalam kaldu. Karena sanggup menciptakan kuah soto keruh dan tak enak. Seduh tauge dan suun sebentar hingga lunak kemudian tiriskan. Sajikan juga dengan telur rebus, bawang goreng, jeruk nipis, kecap dan sambal rawit.

Makin enak disantap dengan nasi dan juga kerupuk. Nyam!

Baca juga: Mau Pilih Mana? Di Resto Ini Ada Soto Jokowi dan Nasi Goreng Prabowo

Artikel Terkait

Ini 5 Diam-Diam Bikin Soto Kuah Santan Yang Gurih Sedap
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email