Thursday, October 10, 2019

Pakai Topping Kekinian, Jajanan Kampung Ini Jadi Naik Kelas

Foto: IstimewaFoto: Istimewa

Jakarta - Jajanan tradisional yang terbelakang nyatanya tetap terkenal dan digemari. Agar menarik anak milenial, jajanan inipun diberi aneka topping dan isian kekinian.

Sering disebut sebagai jajanan kampung, makanan ringan ini dulunya dijual di gerobak, kaki lima di pinggir jalan sampai pasar-pasar tradisional. Tapi sejak banyaknya kreasi makanan kekinian, jajanan kampung ini pun kembali hits. Tentunya dengan penampilan baru, dan topping yang beragam, sesuai selera masa kini.

Seperti bakpia khas Yogyakarta yang disulap dengan isian green tea sampai strawberry. Kemudian ada juga cireng leleh keju, sampai klepon yang dikemas dengan bentuk baru.

Baca Juga: Ini Nih 5 Jajanan Tradisional yang Cocok Kaprikornus Teman Ngopi


1. Klepon

Pakai Topping Kekinian, Jajanan Kampung Ini Kaprikornus 'Naik Kelas'Foto: Istimewa

Klepon merupakan jajanan kampung yang berasal dari Jawa, dan terkenal di banyak sekali kota yang ada di Indonesia. Klepon terbuat dari tepung beras ketan yang dibuat jadi bola, dan dibalut kelapa parut.

Kini klepon dimodifikasi dan digabungkan dengan makanan lain. Salah satunya donat rasa klepon, dengan taburan kelapa di atasnya. Kemudian ada cake klepon yang istimewa, muncul juga roti klepon yang kenyal legit dan cocok untuk jadi teman minum kopi.


2. Cireng

Pakai Topping Kekinian, Jajanan Kampung Ini Kaprikornus 'Naik Kelas'Foto: Istimewa

Aci digoreng atau cireng, merupakan makanan ringan atau jajanan kampung asal Jawa Barat yang banyak ditemukan di tukang gorengan, dengan harga yang murah. Jajanan ini dibuat dari tepung kanji, yang dicampur dengan bumbu sederhana, lalu digoreng sampai garing.

Kini cireng sudah 'naik kelas', banyak tempat nongkrong, restoran, sampai kafe yang memasukan cireng ke dalam salah satu sajian makanan mereka. Tentunya dengan sentuhan modern, menyerupai cireng isi suwiran ayam pedas, cireng berbalur keju mozzarella yang lumer di mulut, sampai cireng banyur yang disajikan dengan kuah gurih menyerupai bakso.


3. Bakpia

Pakai Topping Kekinian, Jajanan Kampung Ini Kaprikornus 'Naik Kelas'Foto: Istimewa

Bakpia merupakan jajanan kampung yang juga merangkap sebagai buah tangan khas Yogyakarta. Bakpia ini terinspirasi dari kudapan elok China, yang disebut kudapan elok isi. Dulu bakpia dijual dengan isian kacang hijau.

Tapi sekarang bakpia sudah menjadi jajanan kekinian, yang tak lagi ndeso. Kini banyak produsen bakpia yang menjual kudapan elok tradisional ini dengan tampilan menyerupai mini cake, salah satunya dengan menggabungkan bakpia bersama topping pisang keju, blueberry cheese, green tea, sampai isian abon.


4. Kue Cubit

Pakai Topping Kekinian, Jajanan Kampung Ini Kaprikornus 'Naik Kelas'Foto: Istimewa

Kue cubit sudah tidak absurd lagi, terutama di Jakarta. Jajanan kampung yang satu ini, bisanya banyak ditemukan di depan sekolah sampai di pasar. Terinspirasi dari masakan Belanda, sekarang kudapan elok cubit jadi salah satu jajanan tradisional yang paling hits.

Hampir setiap kafe dan restoran kekinian, punya sajian kudapan elok cubit dengan aneka topping dan gabungan kekinian yang tentunya berbeda dari racikan tradisional. Salah satu topping kudapan elok cubit yang paling populer, ada green tea, red velvet, Nutella, greentea, sampai cokelat keju.


5. Pisang Goreng

Pakai Topping Kekinian, Jajanan Kampung Ini Kaprikornus 'Naik Kelas'Foto: Istimewa

Hampir setiap tempat di Indonesia, punya resep dan sajian pisang goreng masing-masing. Jajanan kampung yang satu ini, jadi kudapan yang digemari di tukang gorengan, warung kopi, sampai penjual makanan lainnya.

Kini pisang goreng variannya sudah beragam. Mulai dari pisang goreng krispi, sampai pisang nugget dengan aneka topping yang melimpah, dan isian yang bermacam-macam menyerupai keju, strawberry, taro, green tea, dan aneka cokelat kekinian.

Baca Juga: Jokowi dan Prabowo, Kompak Soal Selera Jajanan Ndeso

Simak Video "Mengintip Pembuatan Si Manis Bernama Pukis"
[Gambas:Video 20detik]

Artikel Terkait

Pakai Topping Kekinian, Jajanan Kampung Ini Jadi Naik Kelas
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email