Tuesday, August 6, 2019

Makan Pasta 3 Kali Seminggu Tak Bikin Berat Tubuh Naik, Ini Syaratnya

Foto: ThinkstockFoto: Thinkstock

Jakarta - Banyak orang percaya tidak mengonsumsi karbohidrat menyerupai pasta efektif turunkan berat badan. Rupanya, hal ini tak sepenuhnya benar.

Times of India (5/8) melaporkan, ada sebuah studi yang pertanda bahwa konsumsi pasta ketika melaksanakan kegiatan diet justru bisa mengurangi kelebihan kalori di tubuh. Penelitian ini diikuti oleh 2.488 partisipan dan telah dipublikasikan dalam jurnal BMJ Open.

Penelitian dilakukan dengan mengukur berat tubuh dan indeks massa tubuh penerima yang didapatkan dari 30 uji coba terkontrol secara acak. Para penerima juga diminta untuk mengonsumsi sekitar 3,3 porsi atau setara 64 gram pasta matang dalam seminggu, dan juga mempertahankan contoh makan rendah glikemik.

Makan Pasta 3 Kali Seminggu Tak Bikin Berat Badan Naik, Ini SyaratnyaFoto: iStock

Kemudian para peneliti menemukan bahwa para penerima dalam percobaan ini, berat badannya turun sekitar 0,5 kg selama 12 minggu.

Meskipun banyak orang percaya bahwa karbohidrat sangat kuat terhadap kenaikkan berat badan. Namun kalau Anda menentukan jenis karbohidrat yang tepat, karbohidrat justru bantu turunkan berat tubuh dengan cara mencegah rasa lapar dan pasta ialah salah satunya.

Baca Juga: 5 Cara Mudah dan Mudah Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Pasta mempunyai indeks glikemik rendah, yang menjadikan peningkatan kadar gula darah yang lebih kecil daripada sebagian besar karbohidrat olahan lainnya, menyerupai nasi dan roti.

Makan Pasta 3 Kali Seminggu Tak Bikin Berat Badan Naik, Ini SyaratnyaFoto: iStock

"Studi ini juga menemukan bahwa pasta tidak berkontribusi terhadap kenaikkan berat tubuh atau peningkatan lemak di tubuh. Kaprikornus mungkin pasta bisa menjadi kepingan dari diet sehat menyerupai diet rendah Indeksi Glikemik," kata pemimpin penulis Dr. John Sievenpiper, seorang ilmuwan nutrisi.

Namun kalau Anda tetap ragu terhadap pasta yang dibentuk di restoran, Anda bisa membuatnya sendiri. Mungkin saja pasta di restoran cenderung memakai garam berlebih dan saus lemak yang tidak sehat. Anda bisa menciptakan sendiri dengan memakai pasta gandum untuk meningkatkan kesehatan Anda sebab akan menunjukkan karbohidrat baik, zat besi, serat, vitamin dan mineral penting lainnya. Hindari menambahkan terlalu banyak keju.

Baca Juga: 5 Resep Pasta Gaya Resto yang Mudah dan Enak

Simak Video "Review 3 Martabak Legendaris, Mana yang Paling Enak?"
[Gambas:Video 20detik]

Artikel Terkait

Makan Pasta 3 Kali Seminggu Tak Bikin Berat Tubuh Naik, Ini Syaratnya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email