Tuesday, August 6, 2019

Empuk Cuek Es Krim Sandwich Punya 6 Fakta Menarik Ini

Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Es krim sandwich jadi kegemaran banyak orang. Selain tidak praktis meleleh, es krim ini mempunyai 6 fakta lain yang mungkin belum Anda ketahui.

Dilansir dari MSN (4/8), es krim sandwich dikenal sebagai es krim vanilla yang diapit dua potong biskuit cokelat. Namun kini variasinya semakin berkembang dengan pilihan rasa yang makin banyak. Di balik kepopulerannya, ada fakta menarik soal es krim sandwich ibarat berikut:

Baca Juga: Es Krim Angi: Creamy Alami Es Krim Legendaris Pontianak

1. Pedagang kaki lima di Kota New York mulai menjual es krim sandwich pada final tahun 1800-an

Meskipun tidak ada tanggal niscaya yang sanggup memilih kapan pertama kali es krim sandwich ditemukan, namun penulis masakan Jeri Quinzio menyampaikan kepada The Boston Globe bahwa versi pertama es krim ini yaitu pada pergantian era ke-20 ketika pedagang kaki lima berjualan di Bowery di New York City. Saat itu, roti lapis sederhana ini hanya berupa es krim yang disatukan dengan dua lembar kertas.

Empuk Dingin Es Krim Sandwich Punya 6 Fakta Menarik IniFoto: iStock

2. Resep es krim sandwich pertama kali memakai sponge cake

Menurut Food Network, resep es krim sandwich pertama kali tidak disatukan dengan biskuit, melainkan dengan dua iris sponge cake yang empuk dan lembut.

3. Es krim sandwich dikenal sebagai dessert murah, tetapi kini tersedia di restoran kelas atas

Pada umumnya es krim sandwich dijual di pinggir jalan sehingga peminatnya biasanya pekerja. Bahkan alasannya kelezatannya, es krim ini cepat terkenal di kalangan pekerja Wall Street. Sehingga pada 19 Agustus 1899, New York Sun menyatakan "Para pekerja itu harus membeli es krim sandwich dan perlu makan bersama para kurir dan office boy."

Namun siapa sangka ternyata banyak restoran kelas atas mulai menciptakan es krim sandwich di sajian mereka. Namun agar terlihat lebih glamor daripada yang biasa dijual di jalan, pelanggan di restoran memakai piring dan garpu ketika memakannya.

Empuk Dingin Es Krim Sandwich Punya 6 Fakta Menarik IniFoto: iStock

4. Es krim sandwich lahir di San Francisco.

Menurut Food Network, pada tahun 1928, seorang penjual es krim di San Francisco berjualan es krim yang lalu diapit di antara sepasang biskuit gandum lalu mencelupkan semuanya ke dalam cokelat. Maka dari sinilah sanggup dikatakan bahwa es krim sandwich lahir, meskipun dahulu memakai biskuit gandum.

5. Penjual masakan di Baseball Stadium menerima banyak kebanggaan alasannya berdasarkan Wikipedia mereka-lah yang membuat es krim sandwich

Bisa dikatakan mereka yang membuat es krim sandwich, alasannya ketika itu Jeremy Newberg penjual es krim di Pittsburgh, konon membuat sandwich es krim kotak rasa vanilla dan cokelat lalu diletakkan di antara dua biskuit cokelat persegi panjang. Persis ibarat es krim sandwich pada umumnya. Dia membuat dan menjual es krim ini di pertandingan bisbol di tahun 1940-an. Dari sinilah ia kerap disebut sebagai pencipta es krim sandwich.

Empuk Dingin Es Krim Sandwich Punya 6 Fakta Menarik IniFoto: iStock

6. Beberapa negara lain mempunyai es krim sandwich dengan versi yang berbeda-beda

Meskipun es krim sandwich pertama diciptakan di Amerika, dessert ini ternyata telah menginspirasi negara lain ibarat Australia, Irlandia, Singapura, Israel, Uruguay, Iran, dan Vietnam, namun dengan versi yang berbeda.

Di Iran, ada bastani-e nooni, yaitu es krim saffron dan air mawar yang disajikan di antara dua wafer dan dicelupkan ke dalam pistachio atau kacang. Sedangkan pedagang kaki lima di Vietnam menjual bánh mì kẹp kem, es krim yang dihancurkan di antara dua potong roti, dan di atasnya ditaburi kacang.

Baca Juga: Ini Sebabnya Es Krim Sandwich Lebih Tahan Leleh Dibanding Es Krim Cone


Simak Video "Jajan Es Krim Kekinian dengan Banyak Varian Rasa!"
[Gambas:Video 20detik]

Artikel Terkait

Empuk Cuek Es Krim Sandwich Punya 6 Fakta Menarik Ini
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email