Tuesday, August 6, 2019

5 Olahan Daging Yang Enak Dari Boyolali Sampai Gorontalo

Foto: detikFoodFoto: detikFood

Jakarta - Di hari raya Idul Adha Anda sanggup bereksperimen mengolah daging menjadi menu yang lezat. Contek saja olahan daging dari Solo, Gorontalo sampai Sumbar.

Kalau hanya diolah jadi sate, gulai dan sop saja, daging kambing dan sapi akan membosankan. Cobalah olah dengan variasi berbeda, menggunakan cara orang-orang di banyak sekali kawasan di Indonesia mengolah daging kambing dan sapi.

1. Tengkleng Solo
5 Olahan Daging yang Lezat dari Boyolali sampai GorontaloFoto: Resep Om

Tengkleng merupakan kuliner khas Solo. Sajian tengkleng mirip dengan menu gulai. Yang membedakan yakni kuahnya yang lebih encer tidak mirip gulai. Biasanya tengkleng berisi tulang kambing dengan sedikit daging.

Selain itu juga ada isian lain mirip tulang iga, kaki, mata, kuping, lidah, pipi, sumsum, otak dan lain-lain. Mungkin kedengarannya agak menyeramkan, tetapi itu lah keunikan dari Tengkleng. Untuk membuatnya Anda sanggup mengintip resepnya di sini!

Baca Juga : Resep Daging : Tengkleng

2. Sate Balanga Gorontalo
5 Olahan Daging yang Lezat dari Boyolali sampai GorontaloFoto: Diaryhijaber.com

Sate Balanga Gorontalo dibentuk dari daging kambing. Makanan ini juga salah satu yang sering disajikan ketika Idul Adha. Kata 'Balanga' yakni wadah memasak yang terbuat dari tanah liat atau besi dan sudah digunakan dari zaman dahulu. Dimasak dengan rempah-rempah khas dari Gorontalo, mirip jinten dan kapulaga.

Meski diberi nama sate, tetapi menu khas Gorontalo ini tidak ibarat sate yang mana dagingnya ditusuk-tusuk dengan lidi bambu dan juga tidak dibakar. Melainkan hanya dipotong-potong dan dimasak dengan cara ditumis dengan bumbu. Secara lengkapnya sanggup dilihat di bawah ini!

Baca Juga : Yuk, Masak Kambing Balanga yang Enak Berempah dari Gorontalo!

3. Rabeg Banten
5 Olahan Daging yang Lezat dari Boyolali sampai GorontaloFoto: DetikFood

Kata 'Rabeg' diambil dari nama kota di Arab Saudi yaitu Rabiq. Saat itu Sultan di Banten mencoba kuliner kambing ketika berada di Rabiq. Saat kembali ke Banten, Sultan meminta jurumasaknya untuk memasakan daging kambing yang ia makan itu. Namun, alasannya yakni tidak tahu bagaimana cara masaknya, jurumasak hanya mereka-reka sendiri sampai jadi menu kambing yang sekarang dinamakan Rabeg Banten.

Bumbu yang digunakan yakni gula merah dan kelapa, tetapi sekarang banyak diganti dengan kecam manis. Selain itu juga menggunakan kapulaga, bunga lawang untuk menguatkan cita rasa Arab. Aromanya harum alasannya yakni ada gabungan kayumanis. Selintas, tampilannya mirip semur tetapi rasanya bagus gurih. Cara buatnya sanggup dilihat di sini!

Baca Juga : Resep Daging: Rabeg Asli Banten

4. Gulai Kambing Sumatra Barat
5 Olahan Daging yang Lezat dari Boyolali sampai GorontaloFoto: Resep Kuliner Sumatera

Gulai kambing atau masyarakat Sumatera Barat menyebutnya gulai kambiang merupakan menu berkuah santan dengan materi utama tentunya daging kambing. Makanan ini merupakan salah satu kuliner khas Sumatra Barat dan terkenal jadi kuliner yang wajib dihidangkan ketika Idul Adha tiba.

Daging lebih dulu dipotong berbentulk dadu. Kemudian dimasak dengan bumbu dan rempah-rempah orisinil Indonesia, mirip cabai merah kriting, bawang putih, bawang merah, kemiri, jahe, kunyit, kayu manis, pala, ketumbar, jinten dan garam. Sehingga rasa gulai kambing ini mempunyai cita rasa yang kaya dan khas. Tertarik untuk membuatnya? ikuti resep dibawah ini!

Baca Juga : Resep Daging: Gulai Kambing

5. Tongseng Kambing Boyolali
5 Olahan Daging yang Lezat dari Boyolali sampai GorontaloFoto: detikFood

Masyarakat Boyolali juga tak mau kalah untuk menyajikan hidangan daging kambing ketika Idul Adha. Dikenal dengan nama tongseng kambing, yang mana kata 'tongseng' diambil dari cara memasak hidangan ini, yaitu dengan mengongseng daging kambing yang dicampur kecap, bumbu, irisan tomat, dan kubis.

Ciri khas menu ini menggunakan bumbu gule, gulai khas Jawa. Biasanya ditambahkan irisan kol, tomat dan cabai rawit merah. Paduan daging empuk dengan bumbu-bumbu menghasilkan rasa yang bagus gurih dan renyah dari irisan kol. Resep dan cara buatnya sanggup dilihat di sini!

Baca Juga : Resep Tongseng Kambing Sederhana untuk Sajian Idul Adha

Simak Video "'Lamang Tukek', Makanan Khas Idul Adha dari Sawahtulo"
[Gambas:Video 20detik]

Artikel Terkait

5 Olahan Daging Yang Enak Dari Boyolali Sampai Gorontalo
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email