Thursday, August 1, 2019

Cara Bikin Kentang Panggang Seenak Buatan Restoran

Foto: IstimewaFoto: Istimewa

Jakarta - Kentang panggang buatan restoran begitu garing di luar dan lembut di dalam. Ternyata ada diam-diam dalam menciptakan kentang panggang tepat ini.

Selain kentang goreng, kentang panggang juga jadi kudapan yang digemari banyak orang. Apalagi bila tekstur kentang panggang garing di luar dan lembut di dalam. Camilan ini pun gampang ditemui di restoran cepat saji.

Bukan hanya enak, ternyata kentang panggang mempunyai manfaat kesehatan menyerupai menjaga kesehatan tulang, mengurangi peradangan dan tekanan darah.

Dilansir dari Times of India (19/7), inilah hal yang perlu diperhatikan dalam menciptakan kentang panggang supaya mempunyai tekstur sama menyerupai di restoran.

Baca Juga: Ini Caranya Agar Kentang Cepat Empuk Saat Direbus

1. Perhatikan cara memotong kentang

Cara Bikin Kentang Panggang Seenak Buatan RestoranFoto: Istimewa

Meskipun yang Anda inginkan ialah kentang panggang, namun cara memotongnya juga tetap harus diperhatikan. Jika Anda ingin mendapat tekstur yang luarnya renyah dan di dalamnya lebih lembut, Anda harus memotongnya dalam permukaan lebih besar.

Pertama, potong kentang menjadi dua, kemudian potong lagi setiap cuilan dengan sudut 30 derajat. Ini akan membantu Anda meningkatkan ukuran permukaan cuilan kentang.

2. Minyak yang tepat

Cara Bikin Kentang Panggang Seenak Buatan RestoranFoto: iStock

Sangat penting untuk menentukan minyak yang tepat ketika Anda memanggang kentang. Bila Anda ingin mempunyai hasil selesai renyah pilihlah minyak yang mempunyai suhu tinggi. Cara ini akan membantu mencegah kentang gosong nantinya. Anda dapat gunakan lemak hewani menyerupai mentega yang tahan suhu tinggi, namun tetap menambah rasa ke kentang tersebut.

3. Rebus kentang

Cara Bikin Kentang Panggang Seenak Buatan RestoranFoto: Istimewa

Sebelum di panggang, kentang memang perlu direbus terlebih dahulu supaya dalam memanggangnya tidak membutuhkan waktu yang lama. Anda dapat rebus kentang selama 20 menit dengan api sedang.

4. Lapisi dengan tepung jagung

Cara Bikin Kentang Panggang Seenak Buatan RestoranFoto: Istimewa

Jika Anda menginginkan kentang yang lebih renyah, Anda dapat lapisi dengan tepung jagung. Pertama, lapisi kentang dengan minyak. Kemudian tepung jagung dicampur dengan bumbu menyerupai garam, abu bawang putih, abu dan lain-lain. Jika tepung jagung sudah siap, masukan kentang ke dalamnya.

5. Ukuran loyang disesuaikan

Cara Bikin Kentang Panggang Seenak Buatan RestoranFoto: Istimewa

Kesalahan lain yang mengakibatkan keseluruhan kentang tidak renyah, ialah ketika meletakkan kentang ke dalam wadah sebelum dipanggang. Pastikan kentang-kentang tidak saling tindih alasannya ialah bila itu terjadi, maka kentang yang tidak terkena panas akan menjadi berair dan tidak renyah.

6. Memanggang

Cara Bikin Kentang Panggang Seenak Buatan RestoranFoto: Istimewa

Sebelum memanggang kentang, olesi loyang atau wajan dengan minyak kemudian letakkan kentang di atasnya. Setelah selesai memanggang selama 20 menit dalam suhu 200C, maka perlu membalik sisi untuk mendapat kentang yang renyah secara merata.

Baca Juga: Peneliti Beberkan Rahasia Bikin Kentang Goreng Enak


Simak Video "Review 3 Martabak Legendaris, Mana yang Paling Enak?"
[Gambas:Video 20detik]

Artikel Terkait

Cara Bikin Kentang Panggang Seenak Buatan Restoran
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email