Friday, August 2, 2019

3 Resep Opor Ayam Yummy Dan Tips Membuatnya

Resep opor ayam enak. Foto: iStockResep opor ayam enak. Foto: iStock

Jakarta - Resep opor ayam kuning, bakar, dan pedas dapat dibentuk di rumah. Perpaduan gurihnya ayam dan santan lezat disantap dengan nasi atau lontong. Yuk, coba!

Masakan rumahan yang satu ini identik dengan hidangan Lebaran. Meskipun begitu, opor dapat jadi hidangan harian untuk keluarga di rumah. Opor merupakan masakan khas Indonesia yang mempunyai ragam berbeda di setiap daerah.

Berikut ini tips membuatnya biar opor ayamnya enak:

1. Ayam

Agar rasa opor ayamnya semakin gurih, kau dapat memakai ayam kampung yang gemuk dan mengandung lemak. Akan tetapi kalau tak mau terlalu banyak lemak, kau dapat bakar atau panggang ayam terlebih dulu sebelum dibentuk opor.

2. Santan

Untuk mendapat kuah opor ayam yang gurih alami, gunakan santan dari kelapa segar. Pilihlah kelapa bau tanah yang dagingnya tebal. Dalam proses perebusan, sebaiknya rebus ayam dengan bumbu dan santan encer terlebih dulu hingga ayam hampir lunak. Tambahkan santan kental kemudian masak hingga matang.

3 Resep Opor Ayam Enak dan Tips MembuatnyaBumbu untuk resep opor ayam. Foto: detikFood

3. Bumbu

Agar rasanya gurih dan enak, dalam resep opor ayam untuk pemula wajib memakai bumbu dasar putih kalau ingin menciptakan resep opor ayam putih. Bisa juga tambahkan bumbu dasar putih dengan kunyit untuk menciptakan resep opor ayam kuning.

Sebelum dicampurkan dengan ayam, pastikan kau sudah menumis bumbu hingga matang dan tambahkan daun salam serta daun jeruk.


4. Masak dengan api kecil

Setelah pecahan ayam dimasukkan ke dalam kuah santan, biarkan hingga mendidih. Setelah itu, masak dengan api kecil hingga santan menyusut dan ayam menjadi empuk.

DetikFood punya beberapa resep opor ayam lezat nih. Mau coba?

1. Resep Opor Ayam Kuning

3 Resep Opor Ayam Enak dan Tips MembuatnyaResep opor ayam kuning. Foto: detikFood

Opor ayam kuning sering dijadikan sebagai hidangan Idulfitri orang Jawa. Supaya makin enak, opor ayam dapat ditambahkan dengan belimbing wuluh. Ayamnya yang empuk cocok dipadu dengan nasi atau pun lontong. Jangan lupa sambal dan kerupuknya ya.

Mau bikin? Klik di sini untuk melihat resep opor ayam kuning secara lengkap. Resep opor ayam ini juga cocok untuk kau yang pemula lho.

2. Resep Opor Ayam Pedas

Resep opor ayam pedas.Resep opor ayam pedas. Foto: iStock

Opor ayam yang satu ini tidak hanya gurih tapi juga bercitarasa pedas. Bumbu rempahnya komplet, dengan kuah santan yang gurih.

Klik resep opor ayam pedas di sini untuk melihat materi serta cara pembuatannya.

3. Resep Opor Ayam Bakar

Resep opor ayam bakar.Resep opor ayam bakar. Foto: iStock

Kalau resep opor ayam selanjutnya, ini yaitu khas Jawa khususnya Jawa Timur. Ayam kampung dibakar terlebih dulu hingga bab luarnya kering. Setelah itu, ayam dapat dicampurkan ke dalam kuah santan opor ayam.

Tertarik mencoba? Langsung yuk klik resepnya di sini untuk melihat secara lengkap cara membuat resep opor ayam bakar.








Simak Video "Resep Opor Ayam"
[Gambas:Video 20detik]

Artikel Terkait

3 Resep Opor Ayam Yummy Dan Tips Membuatnya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email