Friday, May 24, 2019

Tips Semoga Gula Putri Salju Melekat Dan Lembut Lumer Di Mulut

Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Masih tergolong camilan anggun ikonik Lebaran, putri salju juga selalu dicari. Ada tips semoga gula putri salju melekat tepat dan teksturnya lembut lumer di mulut.

Putri salju atau snow white cookies sangat terkenal di Indonesia, terutama ketika Hari Raya. Tampilan camilan anggun kering ini berbeda dari yang lain alasannya yaitu dilapisi gula bubuk di seluruh permukaannya.

Putri salju ternyata bukan kue kering orisinil Indonesia. Pastry chef senior Yongki Gunawan menjelaskan camilan anggun ini dari Filipina dan sangat terkenal di sana. "Putri salju bergotong-royong camilan anggun kering biasa, resepnya sama ibarat menciptakan kastengesl dan camilan anggun kering lainnya. Bentuknya setengah bulan, kayak tapal kuda," kata Chef Yongki pada detikFood (20/5).

Tips semoga Gula Putri Salju Menempel dan Lembut Lumer di MulutFoto: iStock

Baca Juga: Cara Membuat Kastengels Renyah dan Gurih

Untuk menciptakan putri salju yang lembut lumer di lisan pun triknya ada pada cara mengocok adonan. Kocok jadi satu mentega, gula dan telur.

Sebaiknya gunakan mentega yang sudah didinginkan lebih dulu kemudian kocok memakai mikser hingga putih. Matikan mikser dan masukkan tepung terigu. Aduk dengan garpu, jangan pakai mikser.

Adonan putri salju pun siap dipanggang hingga matang. Tips semoga gula putri salju melekat yaitu taburi gula ketika putri salju masih dalam keadaan panas. "Jadi nggak boleh taburi gula ketika camilan anggun sudah dingin. Nanti gulanya tidak menempel. Harus dalam keadaan panas, begitu keluar masih panas. Kuenya masih empuk, eksklusif taburi dengan gula," terang Chef Yongki.

Tips semoga Gula Putri Salju Menempel dan Lembut Lumer di MulutFoto: iStock

Pria yang kerap mengadakan kurus bikin camilan anggun ini juga memberi tips jenis gula. Ia berujar, "Gula yang digunakan bukan gula halus biasa. Harus gula yang jenisnya fruktosa. Ada yang bentuknya bubuk, biasa disebut gula donat. Dia tidak dapat meleleh, jika dimakan agak sedikit dingin-dingin. Itu yang benar."

Gula lain yang dapat digunakan yaitu icing sugar. "Nggak ada rasa dinginnya tapi, hanya eksklusif anggun saja," tambah Chef Yongki. Menurutnya, semoga putri salju tampil berbeda, Anda dapat mengkreasikan rasanya. "Selain vanilla, dapat masukkan rasa green tea, strawberry, pistachio, atau kacang mete. Silakan berkreasi," tutupnya.

Baca Juga: Empuk Manis Donat Kentang dengan Taburan Gula

Artikel Terkait

Tips Semoga Gula Putri Salju Melekat Dan Lembut Lumer Di Mulut
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email