Friday, May 24, 2019

Tips Menciptakan Pengecap Kucing Renyah Dan Manis

Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Tips menciptakan pengecap kucing renyah juga perlu diperhatikan ketika Anda mau bikin sendiri. Proses mengocok campuran dan memasukkan putih telur jadi kuncinya.

Di Indonesia ada 4 jenis camilan anggun kering klasik yang selalu dicari untuk Idulfitri ataupun Natal. Nastar, kastengel, putri salju, dan pengecap kucing. Seperti halnya kastengel, pengecap kucing juga berasal dari Belanda.

Di sana pengecap kucing disebut "Katte Tong" yang secara harfiah memang "Lidah Kucing". Menggambarkan bentuk camilan anggun kering ini yang menyerupai pengecap kucing, lingkaran panjang tipis dan renyah. Sementara di Filipina, pengecap kucing disebut "Lengua de gato".

Tips Membuat Lidah Kucing Renyah dan ManisFoto: iStock

Baca Juga: Yuk, Bikin Sendiri Lidah Kucing Keju untuk Lebaran!

Sebenarnya camilan anggun ini dibentuk untuk memanfaatkan sisa putih telur yang berlimpah ketika orang menciptakan cake dengan kuning telur, menyerupai lapis legit dan lapis Surabaya. Adonan utama pengecap kucing yaitu tepung terigu, mentega, dan putih telur. "Biasanya pengecap kucing dibikin alasannya yaitu ada limpahan sisa putih telur," kata Chef Yongki Gunawan pada detikFood (24/5).

Untuk menciptakan adonannya, mentega dikocok hingga naik. "Baru masukkan tepung terigu. Terakhir, masukkan putih telur yang sudah dikocok, diaduk-aduk," lanjutnya. Adonan pengecap kucing kemudian dapat dicetak.

Bisa memakai loyang biasa atau loyang khusus pengecap kucing. "Sifat pengecap kucing nantinya melumer alasannya yaitu mengandung putih telur. Kue kering yang ada putih telurnya memang niscaya melumer dan melebar. Dipanggangnya sebentar saja," kata Chef Yongki.

Tips Membuat Lidah Kucing Renyah dan ManisFoto: iStock

Selain camilan anggun kering, resep pengecap kucing ternyata juga dapat digunakan di roti. Ada juga yang menambahkannya ke camilan anggun sus. Sementara paduan rasanya, pengecap kucing lezat ditambahkan cuilan kacang mete atau kacang tanah. Pencinta keju juga dapat menambahkan taburan keju di atas pengecap kucing.

Tren lain dari pengecap kucing yaitu pengecap kucing rainbow. Beberapa tahun lalu, camilan anggun kering tipis renyah ini hadir dalam warna semarak. Lidah kucing rainbow dibentuk dengan embel-embel pewarna makanan. Adonannya kemudian disusun menurut urutan warna. Atau dengan warna merah ala Red Velvet dan diberi teh hijau atau matcha.

Baca Juga: Harga Nastar Rp 100 Ribu-an Ada di Tempat Ini

Artikel Terkait

Tips Menciptakan Pengecap Kucing Renyah Dan Manis
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email