Friday, May 3, 2019

Sama-Sama Gurih Enak, Ini Bedanya Keju Parmesan Dan Parmigiano-Reggiano

Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Keju parmesan dan parmigiano-reggiano sama-sama digemari sebab rasanya gurih nikmat. Namun keduanya punya perbedaan dari sisi pengolahan. Seperti apa bedanya?

Sejak zaman dahulu, keju dikenal dengan jenisnya yang beragam. Masing-masing jenis keju mempunyai cita rasa khas yang cocok untuk dipadu padankan dengan banyak sekali makanan. Dari banyak sekali jenis yang ada, parmesan menjadi jenis yang paling umum dan banyak dijumpai di pasaran

Sama-sama Gurih Enak, Ini Bedanya Keju Parmesan dan Parmigiano-ReggianoFoto: iStock

Selain itu, terdapat jenis keju lain yang setipe dengan Parmesan yaitu Parmigiano-Reggiano. Ternyata, Parmiagiano-Reggiano memang merupakan keju jenis Parmesan. Namun tidak semua Parmesan merupakan Parmigiano-Reggiano. Agar Anda sanggup memakai jenis yang sempurna untuk setiap masakan, kenali perbedaannya menyerupai dikutip dari MNN (2/5) berikut ini.

Baca juga: Keju Parmesan Bukan Produk Vegetarian, Ini Penjelasannya

PARMESAN

Sama-sama Gurih Enak, Ini Bedanya Keju Parmesan dan Parmigiano-ReggianoFoto: Getty Images

Keju Parmesan merupakan keju dari susu sapi yang cenderung keras dan mempunyai rasa menyerupai kacang dan tekstur yang sedikit berpasir. Keju jenis ini identik dengan kuliner khas Italia, umumnya dipakai dengan diparut, dipanggang, atau ditabur diatas makanan. Bahan dasar pembuatan Parmesan yaitu susu sapi, garam dan rannet. Rannet sendiri merupakan enzim dari perut sapi, sehingga keju ini bukan merupakaan keju vegetarian.

Kata Parmesan biasanya dipakai sebagai penyebutan jenis keju, namun di beberapa negara penyebutan jenis keju lebih spesifik lagi. Diantara keju jenis Parmesan, terdapat golongan kuallitas yang beragam. Di seluruh dunia terdapat industri kecil yang memproduksi keju Parmesan dan juga pabrik berskala besar. Hal ini menciptakan kualitas dan huruf keju Parmesan sanggup berbeda di setiap wilayah.

Biasanya keju Parmesan dijual dalam bentuk bongkahan atau dalam ukuran siap parut maupun yang sudah diparut. Keju Parmesan yang sudah diparut dan dimasukan dalam kemasan biasanya diberi sedikit tepung atau pati jagung biar tidak melekat satu sama lain. Jika Anda menginginkan keju Parmesan yang murni tanpa perhiasan materi lain, lebih baik membeli dalam bentuk yang belum diparut.

Baca juga: Bagaimana Cara Membedakan Keju Parmesan, Parmigiano dan Pecorino?

PARMIGIANO-REGGIANO

Sama-sama Gurih Enak, Ini Bedanya Keju Parmesan dan Parmigiano-ReggianoFoto: Istimewa

Keju Parmigiano-Reggiano merupakan keju Parmesan yang orisinil dan autentik. Keju jenis ini hanya diproduksi di beberapa kawasan di Italia dan sangat dijaga kualitasnya. Keju Parmesan sanggup disebut Permigiano-reggiano hanya jikalau dibentuk di provinsi Parma, Reggio Emilia, Modena, dan bebrapa kawasan di provinsi Matua dan Bologna, menurut persetujuan Parmigiano Reggiani.

Parmigiano-Reggiano merupakan produk dengan standar hukum yang tinggi. Susu segar yang dipakai harus diperoleh dari sapi yang diberi kuliner yang bersumber dari kawasan asalnya. Keju ini harus disimpan sampai berumur minimal 12 bulan. Bahkan terdapat peraturan untuk ukuran bongkahan keju dan warna dari belahan luar keju. rasa dari keju ini juga bermacam-macam sesuai di provinsi mana keju diproduksi. Namun secara umum Parmigiano-reggiano niscaya mempunyai kualitas yang tinggi.

Anda sanggup memakai keju jenis ini pada resep apapun yang mengandung Parmesan. Untuk mengetahui apakah keju Parmigiano-Reggiano yang adan beli autentik, perhatikanlah belahan luarnya. Jika terdapat cetakan kata "PARMIGIANO REGGIANO" maka keju tersebut orisinil dibentuk sesuai standar yang ada.

Baca juga: Keju yang Gurih dan Kaya Rasa Makara Favorit Orang Indonesia

Artikel Terkait

Sama-Sama Gurih Enak, Ini Bedanya Keju Parmesan Dan Parmigiano-Reggiano
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email