Tuesday, May 21, 2019

Kue Tradisional Dalam Kemasan Modern, Bisnis Anak Muda Ala Iki Koue

Foto: dok. detikFoodFoto: dok. detikFood

Jakarta - Tak hanya masakan ringan manis kering, masakan ringan manis tradisional alias jajan pasar dapat jadi wangsit masakan ringan manis lebaran enak. Pilihannya bermacam-macam dalam kemasan yang anggun dan modern.

Salah satu produsen masakan ringan manis tradisional modern yang punya banyak peminat yaitu Iki Koue. Mengawali bisnisnya pada 11 Januari 2016, Iki Koue berhasil memasarkan ragam kue tradisional melalui media sosial, salah satunya Instagram. Tampilan masakan ringan manis tradisional dibuat dalam bentuk mungil dan menarik, kemudian dikemas dalam wadah karton praktis, cantik, dan modern.

Kue Tradisional dalam Kemasan Modern, Bisnis Anak Muda ala Iki KoueKarina dan Laura, dua aktivis bisnis Iki Koue (Foto: dok. detikFood)

Rumah produksi Iki Koue berada di daerah Serpong. DetikFood (20/5) berbincang dengan Karina Kumarga dan Laura Wiramihardja selaku Co-founder Iki Koue. Dua anak muda ini menyampaikan banyak anak muda Indonesia ternyata tertarik mencicip masakan ringan manis tradisional. Hanya saja perlu pendekatan yang berbeda semoga masakan ringan manis tradisional itu menyita perhatian mereka.

"Kue tradisional sangat disayangkan jikalau hilang. Harus ada yang nerusin. Asal mulanya kita (memulai bisnis ini adalah) nggak mau resep ibu-ibu kita hilang. Anak muda harus mulai mau melestarikan kue tradisional," tutur Laura yang bertugas sebagai chef di Iki Koue. Wanita yang pernah mengenyam pendidikan di Belanda ini pun bahagia dengan respons positif pembeli Iki Koue yang kebanyakan anak muda.

Soal hidangan andalan, Iki Koue punya Tumpeng Sawut. Kue tradisional ini yaitu versi manis dari nasi tumpeng. Sebab sawut yang berupa irisan singkong plus gula merah dibuat kerucut layaknya nasi tumpeng di belahan tengah. Pelengkapnya ada jagung manis rebus, ketan item, cenil ungu, getuk pelangi, lupis, dan parutan kelapa.

Kue Tradisional dalam Kemasan Modern, Bisnis Anak Muda ala Iki KoueProses pembuatan sawut menjadi Tumpeng Sawut di Iki Koue (Foto: dok. detikFood)

Tumpeng Sawut tersedia dalam pilihan tampah berdiameter 55 cm yang dapat untuk 25 orang, atau yang mini untuk porsi perseorangan. Harganya Rp 18.000 untuk Sawut Mini dan Rp 600.000 untuk Tumpeng Sawut.

Kue Nampan juga menarik perhatian dalam pilihan isian 30, 60, dan 100. Untuk paket Kue Nampan isi 30, ukuran kuenya normal. Sedangkan yang isian 60 dan 100, kue-kuenya hadir dalam bentuk mungil. Jenisnya dapat dipilih sendiri sesuai selera pengunjung.

Beberapa yang jadi andalan yaitu getuk pelangi, lemper, masakan ringan manis mangkok ubi, risoles ragout, masakan ringan manis ku, masakan ringan manis sus, pie buah, dan sosis Solo. Tak ketinggalan siomay ayam dan tahu isi yang dapat dipilih pencinta gorengan. Harga Kue Nampan yaitu Rp 250.000, Rp 300.000, dan Rp 475.000.

Kue Tradisional dalam Kemasan Modern, Bisnis Anak Muda ala Iki KoueKue Nampan yang dapat jadi wangsit suguhan masakan ringan manis lebaran (Foto: dok. detikFood)

Khusus untuk Lebaran, Karina mengatakan, "Kue Nampan Idulfitri jadi favorit. Isinya ada gorengan menyerupai pisang keju cokelat, lemper goreng, kroket, dan onde-onde. Pastel bunga dan martabak juga ada." Menu ini dapat dipesan hingga 2 Juni 2019.

Ada juga Tampah Gorengan yang berisi 50 buah gorengan mungil menyerupai bakwan, tempe, risoles, sosis Solo, dan tahu ini. Harganya Rp 325.000 sudah termasuk komplemen sambal kacang. Tampah Gorengan pun dapat jadi wangsit hantaran masakan ringan manis lebaran berbeda.

Kue Tradisional dalam Kemasan Modern, Bisnis Anak Muda ala Iki KoueDapur produksi Iki Koue di daerah Serpong (Foto: dok. detikFood)

Untuk pencinta sajian manis, Iki Koue memperlihatkan Bubur Jawa Kendil seharga Rp 650.000 yang dapat untuk 25 orang. Karina mengatakan, "Bubur manis ini pake kendi. Isiannya ada bubur biji salak, kacang ijo, ketan item, bubur sumsum, dan kolak. Dapat santan dan gula Jawa." Kendi dan alat makan pun dapat menjadi hak milik pembeli.

Nah, jikalau tertarik mencicip kue tradisional buatan Iki Koue, pemesanan paling lambat H-1. Khusus untuk Lebaran, pemesanan hanya hingga tanggal 2 Juni 2019. Iki Koue gres akan kembali buka pada 10 Juni 2019.

Artikel Terkait

Kue Tradisional Dalam Kemasan Modern, Bisnis Anak Muda Ala Iki Koue
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email