Tuesday, May 21, 2019

Cara Menciptakan Nastar Mulus Tanpa Retak-Retak Halus

Foto: InstagramFoto: Instagram

Jakarta - Cara menciptakan nastar mulus tanpa permukaan yang retak tidak sulit. Chef pastry senior mengungkapkan penyebab camilan manis nastar retak.

Kue berisi selai nanas nan lembut ini agaknya selalu jadi suguhan Hari Raya wajib. Anda mungkin sudah mulai menciptakan camilan manis nastar jelang lebaran. Bisa jadi Anda termasuk orang yang belum berhasil menciptakan nastar mulus bundar anggun menyerupai bikinan bakery langganan.

Cara Membuat Nastar Mulus Tanpa Retak-retak HalusFoto: Instagram

Anda niscaya sudah percaya diri menciptakan nastar dengan resep andalan. Harapannya tentu nastar berwarna kuning keemasan, mulus dan rasa serta aroma yang enak.

Kalau nastar buatan Anda masih retak, tak usah berkecil hati. Chef Yongki Gunawan mengungkapkan penyebab camilan manis nastar retak. Menurut chef yang sudah menulis banyak buku Baking ini, Anda hanya perlu menciptakan adonan camilan manis nastar dengan benar.

Baca juga: Resep Nastar Empuk Manis yang Enak Buat Camilan

"Banyak yang menciptakan adonan nastar yang salah. Tepung yang digunakan untuk menciptakan nastar haruslah tepung berprotein sedang," terang chef yang sudah berkiprah di dunia pastry Indonesia selama 39 tahun itu pada detikFood (20/5/2019).

Cara Membuat Nastar Mulus Tanpa Retak-retak HalusFoto: Istock

Chef Yongki mengungkap cara menciptakan camilan manis nastar yang tidak retak dapat diperoleh dengan mengukus tepung berprotein sedang sebelum digunakan. Waktu mengukusnya pun tidak terlalu lama, sekitar setangah hingga satu jam.

"Setelahnya kita keringkan saja, dikipas-kipas hingga kering. Atau jikalau ingin lebih kering disangrai sebentar tapi jangan hingga cokelat," paparnya.

Pencampuran materi dasar pembuatan camilan manis nastar menyerupai mentega, telur, gula, dan tepung juga perlu diperhatikan. Anda dapat memakai mikser dalam mencampur semua materi tersebut dengan catatan jangan pribadi memasukkan semua tepung ke dalam mikser.

Cara Membuat Nastar Mulus Tanpa Retak-retak HalusFoto: iStock

"Mentega, telur, dan gulanya kita kocok dulu hingga mengembang. Setelah mengembang, pada ketika memasukkan terigu, jangan semuanya pribadi dimasukkan," jelasnya.

Anda gres dapat memasukkan setengah tepung yang ada usai adonan tersebut mempunyai tekstur menyerupai karet, layaknya tepung yang terkena air. Jika sudah, matikan mikser kemudian masukkan sisa tepung dan aduk dengan garpu.

"Setelah diaduk barulah adonan nastar dibentuk. Biasanya perbandingannya, 5:4. Makara 5 belahan kulit, 4 belahan isi. Kalau kulitnya 10 gram, isinya harus 7 atau 8 gram," terang Chef Yongki.

Dengan begini, Anda dapat menciptakan nastar yang mulus tanpa retakan halus di permukaannya. Tekstur nastar juga tetap renyah dengan rasa yang gurih enak.

Baca juga: Ragam Kue Ikonik yang Meriahkan Silaturahmi Hari Raya

Artikel Terkait

Cara Menciptakan Nastar Mulus Tanpa Retak-Retak Halus
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email