Tuesday, March 26, 2019

Resep Kentang Goreng Renyah Gurih Seenak Bikinan Resto

Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Kentang goreng jadi kudapan favorit banyak orang. Tak perlu beli, kentang goreng yang renyah gurih seenak bikinan resto dapat dibikin dengan resep dan trik ini.

Meski sederhana, kentang goreng selalu jadi buruan. Potongan kentang diiris, digoreng garing, kemudian diberi embel-embel menyerupai saus, mayonnaise atau abu cabe. Kepopuleran kentang goreng tak hanya di Indonesia, tapi juga dibanyak negara di dunia.

Kanada, misalnya, punya poutine. Bahan utama hidangan ini memang kentang goreng, keju, dan saus. Potongan kentang gorengnya tak terlalu tebal kemudian digoreng hingga kering. Untuk sausnya, pertama kali diracik oleh penemu poutine yakni Warwick Quebec.

Warna sausnya cokelat, kental, dengan rasa gurih sedikit asam. Sementara kejunya harus jenis keju segar menyerupai cheddar putih dan keju feta. Bisa juga ditambahkan materi lain menyerupai bacon, daging asap, atau sosis.

Resep Kentang Goreng Renyah Gurih Seenak Bikinan RestoFoto: iStock/Istimewa

Selain poutine, ada juga slap chips dari Afrika Selatan. Kentang goreng ini menggunakan bumbu utama cuka. Untuk membuatnya, kentang goreng dipotong tebal-tebal kemudian direndam larutan cuka.

Selanjutnya kentang goreng ini digoreng dua kali. Proses penggorengan memastikan kentang goreng nantinya renyah di luar namun tetap lembut dan empuk di dalam.

Lalu dari mana asal kentang goreng? Ternyata kentang goreng diklaim orang Belgia sebagai kuliner yang berasal dari negara mereka. Tetapi hal itu kurang didukung bukti yang kuat. Sejarawan Belgia berjulukan Jo Gerard menyatakan bahwa resep kentang goreng sudah ada di Belgia semenjak tahun 1680.

Kentang goreng kemudian terkenal sebab banyak restoran yang menyajikannya. Mereka menjajakan kentang goreng dengan saus dan mayonnaise sebagai kuliner pelengkap.

Baca Juga: 7 Varian Kentang Goreng Enak dari Spanyol hingga Vietnam

Seiring waktu, kentang goreng bukan hanya kentang yang digoreng biasa. Inovasi muncul di banyak sekali restoran menyerupai kentang goreng crispy, kentang goreng kress keju, dan balado kentang kering. Ada kentang yang dibalut tepung sebelum digoreng, ada yang dilumuri keju dan ada yang diberi bumbu pedas.

Resep Kentang Goreng Renyah Gurih Seenak Bikinan RestoFoto: Istimewa

Bahkan di Jepang juga ada kentang goreng yang mempunyai ukuran panjangnya 25 cm yang yummy dinikmati dengan paduan saus gurih. Tren kentang goreng ekstra panjang ini juga sudah hingga ke Indonesia.

Berbentuk adonan, kentang ini dibuat dengan alat khusus sehingga ukurannya dapat panjang. Popotato menjadi salah satu gerai kentang goreng panjang dengan pilihan saus yang beragam.

Baca Juga: Renyah Lembut. Kentang Goreng 25cm dengan Saus Mayo dan Keju

Nah, bagi penggemar kentang goreng yang mau bikin sendiri kentang goreng di rumah. Bisa ikuti trik menciptakan kentang goreng ala resto. Perhatikan materi utama kentang dan teknik menggorengnya.

1. Jenis kentang
Penggunaan kentang Russet (kentang tes), lebih baik untuk kentang goreng dibandingkan varietas menyerupai Yukon gold. Sebab kentang Russet punya kandungan pati lebih tinggi.

2. Pengupasan
Sebaiknya gunakan pengupas kentang yang dilengkapi poin tajam di pecahan ujung. Ini dapat menghilangkan titik-titik pada permukaan kulit kentang.

3. Pemotongan
Gunakan pengiris sayuran (French mandolin) untuk memotong kentang. Kalau menggunakan pisau biasa, potonglah sedikit lebih besar menyerupai kentang goreng pendamping steak. Sebaiknya potong salah satu ujung kentang sebelum mulai mengirisnya semoga lebih stabil.

4. Perendaman
Rendam potongan kentang dalam air hambar untuk menghilangkan kelebihan pati. Ini akan membantu menciptakan hasil final sangat renyah.

5. Masak tahap pertama
Untuk kentang goreng yang empuk di dalam dan renyah di luar, Anda perlu menggorengnya dua kali. Pada penggorengan pertama gunakan suhu lebih rendah sekitar 127 derajat C hingga 138 derajat C. Ini akan memastikan kentang matang, tapi tidak berlebihan. Sehingga kentang tidak berantakan.

Resep Kentang Goreng Renyah Gurih Seenak Bikinan RestoFoto: iStock

6. Penyimpanan
Setelah memasaknya, kentang perlu waktu untuk didiamkan dan didinginkan. Tapi jangan bungkus kentang dengan plastic wrap sebab dapat membuatnya lembab. Sebaiknya biarkan kentang tanpa epilog atau tutup dengan tisu dapur higienis dan dinginkan di lemari es.

7. Kontrol suhu
Biarkan suhu kentang turun jadi sesuai suhu ruang sebelum menggorengnya. Supaya kentang lebih renyah dan membantu menjaga suhu minyak goreng lebih konstan.

8. Masak tahap kedua
Proses penggorengan terakhir pada kentang goreng dilakukan dengan suhu tinggi sekitar 190 derajat C. Ini akan menciptakan hasil kentang berwarna keemasan dan renyahnya sempurna.

9. Beri garam
Tiriskan kentang dengan rak kawat (wire rack) yang ditaruh di atas nampan. Bukan meniriskan dengan tisu. Anda perlu sedikit minyak tetap ada di permukaan kentang sehingga garam dapat melekat lebih baik. Gunakan garam maritim yang halus daripada garam kasar.

Baca Juga: Tanpa Alat, Begini Cara Gampang Kupas Kentang

Artikel Terkait

Resep Kentang Goreng Renyah Gurih Seenak Bikinan Resto
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email