Saturday, March 30, 2019

Di Dalam Buku Kuno Berusia 300 Tahun Ini Ada Resep Kari Tertua

Foto: istimewaFoto: istimewa

Jakarta - Sebuah buku kuno berusia 300 tahun gres saja dilelang. Di dalam buku ini tercatat resep masakan kuno termasuk resep kari tertua di Inggris.

Dikabarkan The Daily Mail (29/3) sebuah buku berisi resep masakan dan pengobatan tradisional gres saja masuk dalam daftar barang lelang. Buku ini sebelumnya sudah disimpan berabad-abad oleh keluarga yang enggan disebutkan namanya.

Buku ini mulai ditulis pada tahun 1688 oleh Sarah Jackson dan catatan terakhirnya ditulis pada tahun 1755. Dalam buku ini tercatat banyak sekali resep kuliner dan cara pengobatan kuno.
Di Dalam Buku Kuno Berusia 300 Tahun Ini Ada Resep Kari Tertua Foto: istimewa

Baca juga : Pertama di Dunia, Buku Resep Masakan Universal Tanpa Kata-kata

Sebelumnya dipercaya resep kari Inggris paling awal ditemukan pada 1747 oleh Hannah Glasse, seorang chef yang berbasis di London. Tapi lewat buku ini, resep kari kuno kembali dibuktikan.

Buku tebal dengan lembaran kertas yang telah menguning ini ditulis oleh empat orang. Sebagai penulis pertama, Sarah diketahui berprofesi sebagai seorang koki. Inilah yang menciptakan ia juga karenanya mengerti manfaat banyak sekali materi makanan.

Bukan hanya resep makanan, dalam buku ini juga tercantum banyak sekali pengobatan tradisional. Sarah mencatat air siput biasa dijadikan obat untuk mengobati TBC. Ia mencampur air siput dengan banyak sekali bumbu ibarat adas, daun mint dan gula.

Zaman dahulu, orang belum mengenal vaksin sehingga banyak penderita TBC harus meregang nyawa alasannya yakni tak tertolong. Tak hanya obat TBC, Sarah juga mencatat banyak sekali ramuan kuno yang diolah memakai materi herbal mulai sage, rosemary, kapulaga dan lain sebagainya.

Buku ini juga mencatat banyak sekali obat yang berasal dari kotoran hewan. Misalnya saja kotoran unggas biasa dijadikan obat untuk luka bakar. Ada juga pengobatan memakai kotoran kuda, namun sayangnya goresan pena di buku ini kurang lengkap.

Buku ini sekarang masuk dalam daftar barang lelang di Forum Auction. Pihak rumah lelang ini menyampaikan kalau buku berusia ratusan tahun ini dalam kondisi baik.
Di Dalam Buku Kuno Berusia 300 Tahun Ini Ada Resep Kari Tertua Foto: istimewa

"Dalam buku ini tercatat kerja sama persilangan antara resep kuliner dan pengobatan," kata Max Hasler dari Forum Auctions. "Buku ini memberi kita citra kehidupan yang sangat baik pada masa itu, ramuan dan rempah-rempah yang sanggup mereka gunakan, apa yang mereka konsumsi setiap hari, apa yang dipikirkan orang wacana penyakit dikala itu."

Baca juga : 'The Cookbook Diary', Dari Dapur Keluarga Kaprikornus Buku Panduan Memasak

Dalam buku ini juga tercatat resep marshmallow. Makanan cantik yang diyakini sudah ada semenjak zaman Mesir Kuno ini dipercaya sanggup jadi hantaran untuk bangsawan. Marshmallow yang terbuat dari akar tanaman mallow ini juga biasa dijadikan obat untuk mengobati batuk dan sakit tenggorokan.

Buku ini mulai dilelang di London dan sanggup dibeli oleh siapapun yang berminat. Buku ini diperkirakan akan terjual dengan harga £6.000 (Rp 111 juta).

Di Dalam Buku Kuno Berusia 300 Tahun Ini Ada Resep Kari Tertua

Artikel Terkait

Di Dalam Buku Kuno Berusia 300 Tahun Ini Ada Resep Kari Tertua
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email