Tuesday, January 29, 2019

Biar Tak Diremehkan Mertua Dan Suami, Ini 5 Sajian Yang Perlu Dikuasai Istri

Foto: dok. detikFoodFoto: dok. detikFood

Jakarta - Tak harus jago, lima hidangan rumahan ini gampang dibentuk siapa pun yang mau mencobanya. Mulai dari sayur bening, ayam goreng, hingga sambal!

Rencana ijab kabul Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok dengan Puput Nastiti Devi begitu menarik perhatian. Yang terbaru BTP mengutarakan pesan sang ibu yang seolah membandingkan Puput dan mantan istrinya, Veronica Tan sebab tak mau masak.

"Iya kan mama aku bilang 'gini Hok, aku nggak mungkin ngurus kamu, tinggal sama kamu, aku sudah 70-an, mau hingga kapan? Mama aku sudah bilang 'istri kau itu harusnya pengganti saya, soal masak memasak, bikin camilan manis dan mengurusi kamu. Yang dulu kan nggak mau," ujar Ahok menyerupai dilansir dari video OSOTv Channel.

Baca Juga: Ahok Sebut Vero Tak Mau Masak, Adik: Dulu Memuji Selangit

Pernyataan ini eksklusif menuai ragam komentar. Banyak netizen menyayangkan perkataan Ahok tersebut sebab seolah tak memikirkan perasaan Veronica.

Nah, bagi Anda yang tak jago masak, paling tidak kuasai cara menciptakan lima hidangan rumahan ini. Kelimanya gampang dibuat, rasanya enak, dan jadi favorit banyak orang.

1. Nasi goreng

Biar Tak Diremehkan Mertua dan Suami, Ini 5 Menu yang Perlu Dikuasai IstriFoto: dok. detikFood


Foto: dok. detikFood
Nasi goreng sering jadi hidangan mudah andalan banyak orang. Bahan utama menciptakan nasi goreng hanya nasi putih, kecap, bawang putih, bawang merah, dan cabe. Bahan tersebut perlu dihaluskan kemudian ditumis sebelum dicampurkan bersama nasi dan kecap.

Tak ketinggalan topping atau pemanis nasi goreng sesuai selera. Ada telur, sosis, bakso, atau suwiran daging ayam. Kalau mau tahu resep nasi goreng lezat dan gampang dibuat, resep detikFood ini dapat jadi panduan.

2. Sayur bening

Biar Tak Diremehkan Mertua dan Suami, Ini 5 Menu yang Perlu Dikuasai IstriFoto: iStock

Foto: iStock
Yang juga wajib Anda kuasai cara membuatnya yakni sayur bening. Racikan sayur ini hanya dibentuk dari 3 materi dan dapat siap dalam 10 menit saja. Bahannya yakni daun bayam, temu kunci, dan bawang merah. Tak ketinggalan bumbu dapur menyerupai garam dan gula pasir.

Pelengkapnya dapat menggunakan belahan wortel, oyong, jagung manis, atau labu kuning. Untuk membuatnya hanya perlu merebus bayam dalam air yang sudah berisi bawang merah dan temu kunci. Resep lengkapnya ada di sini.

3. Tumis sayur

Biar Tak Diremehkan Mertua dan Suami, Ini 5 Menu yang Perlu Dikuasai IstriFoto: dok. detikFood

Foto: dok. detikFood
Ragam sayuran juga lezat ditumis. Salah satu yang jadi favorit yakni tumis kangkung. Dipadukan bawang putih, cabe, dan saus tiram, tumis kangkung dapat tersaji. Resepnya dapat diintip di sini.

Pilihan lain yakni tumis pare dan tumis tauge. Ada juga tumis sayuran ala China yang mudah dan lezat menyerupai kailan dan bok choy.

4. Ayam goreng

Biar Tak Diremehkan Mertua dan Suami, Ini 5 Menu yang Perlu Dikuasai IstriFoto: dok. detikFood

Foto: dok. detikFood
Jodoh paling pas dari nasi hangat dan sayur yakni ayam goreng. Menu rumahan terkenal ini umumnya dibentuk dengan balutan bumbu kuning sehingga gurih meresap. Racikannya ada bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, asam dan gula Jawa. Resepnya ada di sini.

Pilihan lain yakni ayam goreng rempah dengan tambahan jahe, ketumbar, dan daun salam yang nikmat. Bumbu rempah ini juga jadi favorit untuk pemanis nasi hangat. Bahan dan cara membuatnya ada di resep ini.

5. Sambal

Biar Tak Diremehkan Mertua dan Suami, Ini 5 Menu yang Perlu Dikuasai IstriFoto: iStock

Foto: iStock
Sambal terasi merupakan jenis sambal terkenal yang cocok dihidangkan dengan bermacam-macam hidangan rumahan. Bahan utamanya yakni cabai dan terasi. Dalam membuatnya perlu memperhatikan beberapa trik. Salah satunya pemakaian cabai merah keriting dan cabai rawit merah yang segar.

Begitu juga dengan terasi yang harus berkualitas bagus. Terasi ini perlu dikukus atau panggang sebentar di atas bara api hingga aromanya harum dan matang. Bisa juga tambah penyegar sambal menyerupai air jeruk limau dan jeruk nipis. Contekan resep sambal terasi ada di sini.

Artikel Terkait

Biar Tak Diremehkan Mertua Dan Suami, Ini 5 Sajian Yang Perlu Dikuasai Istri
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email