Wednesday, December 26, 2018

Populer Di Amerika, Saus Tomat Ternyata Orisinil Asia

Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Saus tomat ialah saus terkenal di Amerika Serikat. Sering disebut berasal dari sana, saus tomat aslinya justru dari Asia.

Sebuah laporan menyebut 97% orang Amerika menyimpan setidaknya 1 botol saus tomat di dalam kulkas. Saus tomat atau ketchup memang jadi condiment favorit mereka, sama halnya dengan saus sambal bagi orang Indonesia.

Saus tomat digunakan sebagai cocolan kentang goreng hingga dituangkan ke dalam pasta dan burger. Selain terasa asam dan manis, rasa umami atau gurih pada saus tomatlah yang menciptakan banyak orang suka.

Populer di Amerika, Saus Tomat Ternyata Asli Asia Foto: Metro/Heinz

Baca Juga: Dicocol Apa Saja, Kenapa Saus Tomat Enak Gurih Rasanya Ya?

Ada dua merek saus tomat terkenal di Amerika yaitu Heinz dan Hunt's. Namun keduanya bukanlah pihak yang memperkenalkan saus tomat ke Amerika. Saus tomat punya sejarah panjang dikala pertama kali diperkenalkan pada penjajah Inggris kemudian terkenal di Amerika.

Dikutip dari Next Shark (26/12), National Geographic mencatat orang Inggris kemungkinan besar menemukan saus tomat pertama kali dalam bentuk saus fermentasi ikan. Mereka menemukannya pada final era 17 dan awal era 18 di Asia Tenggara.

Populer di Amerika, Saus Tomat Ternyata Asli Asia Foto: iStock

Hal ini dikuatkan dengan inovasi resep "Ketchup in Paste" yang dipublikasikan Richard Bradley pada tahun 1732, merujuk pada "Bencoulin in the East-Indies" sebagai asalnya. Setelah mencicip saus itu, orang Inggris coba menciptakan sendiri di rumah berdasarkan ingatan mereka akan rasa saus hasil fermentasi tersebut.

Bahan-bahan yang mereka gunakan antara lain jamur, kenari, tiram atau teri. Uniknya, tomat tidak digunakan dalam resep saus itu hingga pada tahun 1812 ketika peneliti dan hortikultura James Mease menambahkan buah yang ia sebut "apel cinta." Ia turut menambahkan ampas tomat, rempah, dan brandy sebagai materi utama saus.

Populer di Amerika, Saus Tomat Ternyata Asli Asia Foto: Avclub/Getty Images

Baca Juga: Bagaimana Membuat Saus Tomat Sendiri yang Enak?

Nama "ketchup" sendiri bahkan berasal dari Asia. Kemungkinan besar dari dialek Amoy China, berdasarkan profesor sejarah masakan Andy F. Smith di New York City. Penulis buku "Pure Ketchup: A History of America's National Condiment" ini juga menjelaskan lebih lanjut asal kata "ketchup."

Awalnya "ketchup" disebut "Ke-tsiap" yang berarti "air asin dari acar ikan." Kata ini mungkin berasal dari komunitas China di utara Vietnam.

Artikel Terkait

Populer Di Amerika, Saus Tomat Ternyata Orisinil Asia
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email