Monday, December 17, 2018

Mau Bikin Gingerbread House Sendiri? Ikuti Tips Penting Ini

Foto: IstockFoto: Istock

Jakarta - Saat Natal, gingerbread house jadi hidangan manis yang dinantikan alasannya yakni bentuknya unik. Tak harus beli, kuliner ringan manis berbentuk rumah ini dapat dibentuk sendiri.

Eva Christiani selaku owner chef dari Bake of Art membagikan tips sukses menciptakan gingerhouse bread di rumah. Apa saja yang harus diperhatikan?

1. Buat Adonan Cookies
Mau Bikin Gingerbread House sendiri? Ikuti Tips Penting IniFoto: Istock

Kukis untuk ginger bread punya komposisi yang berbeda alasannya yakni diperlukan kukis kokoh yang kuat. Bahan utama untuk menciptakan kukis ini antara lain tepung terigu, susu, mentega, corn syrup, gula palem dan soda kue.

"Pakai gula palem biar kukisnya warna cokelat ya, gelap. Kalau pakainya gula pputih nanti jadi kukisnya krem kekiningan," kata Eva.

Cara membuatnya juga gampang yakni tinggal mencampur mentega leleh dengan semua materi kering kemudian diuleni hingga elastis. Adonan harus disimpan dulu dalam freezer selama satu jam biar kokoh. Untuk menciptakan adonan gingerbread house, coba cek resepnya di sini.

Baca juga : Gingerbread, Kue Berempah dari Dunia Dongeng hingga Makara Ikon Natal

2. Cetak Pondasi Rumah
Mau Bikin Gingerbread House sendiri? Ikuti Tips Penting IniFoto: Istock

Setelah adonan siap, maka dapat pribadi digiling dengan rolling pin. Langkah selanjutnya yakni mencetak adonan dengan cetakan cookies.

Perhatikan ketebalan kukis alasannya yakni kalau terlalu tipis akan rapuh, sementara kalau terlalu tebal akan keras. Cetak bentuk tembok, atap, pintu serta jendela pelengkapnya.

Cetakan gingerbread house ini banyak dijual di toko materi kuliner ringan manis jadi tak perlu khawatir mencarinya.

3. Hias dengan Icing Sugar
Mau Bikin Gingerbread House sendiri? Ikuti Tips Penting IniFoto: Istock

Gingerbread house identik dengan tampilannya yang manis dan menarik. Biasanya hiasan yang dipakai yakni royal icing.

Royal icing ini terbuat dari adonan putih telur, gula halus dan sedikit cuka. "Bahannya gula, putih telur dan cuka. Cuka ini ditambahkan biar cepat kering. Semua dicampur hingga kental," kata Eva.

Agar tampilannya menarik, royal icing dapat dicampur pewarna makanan. Setelah diaplikasikan, royal icing harus didiamkan hingga kering.

Baca juga : Ini 5 Tips dari Pemegang Rekor untuk Bikin Konstruksi Gingerbread House yang Kuat

4. Keringkan
Mau Bikin Gingerbread House sendiri? Ikuti Tips Penting IniFoto: Istock

Setelah diaplikasikan untuk menghias dan menyusun setiap pondasi gingerbread house, royal icing harus dikeringkan dulu. Untuk membuatnya kering setidaknya membutuhkan waktu 15 menit.

Royal icing paling ideal untuk dijadikan hiasan alasannya yakni teksturnya bagus, gampang diaplikasikan dan dapat mengeras dengan cepat. Berbeda kalau memakai cokelat yang gampang rusak kalau terkena suhu panas.

"Kalau sudah kering, beliau kuat, bentuknya nggak akan berubah meskipun disentuh," ujar Eva.

Artikel Terkait

Mau Bikin Gingerbread House Sendiri? Ikuti Tips Penting Ini
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email