Sunday, October 6, 2019

5 Bumbu Ikan Bakar Nila, Racikan Mana Yang Kau Suka?

Bumbu ikan bakar nila pedas. Foto: detikFoodBumbu ikan bakar nila pedas. Foto: detikFood

Jakarta - Selain dimasak dengan paduan bumbu pecak. Ikan nila juga yummy diolah dengan cara dibakar. Bumbu ikan bakar nila yang enak, dari rasa pedas hingga gurih khas Padang.

Jenis ikan air tawar ini mempunyai daging yang gurih dengan tekstur lembut. Salah satu racikan ikan nila yang paling cocok ialah dibakar. Agar menghasilkan cita rasa yang enak, tentunya sanggup diolesi bumbu rempah.


Kunci kesuksesan menciptakan ikan bakar ialah dengan buat sayatan di kedua sisi ikan nila yang sudah dibersihkan. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis yang sudah dicampur garam hingga merata dan meresap ke dalam ikan. Diamkan 5 menit sebelum dibakar.

Nah, kalau hari libur ini mau bikin ikan bakar. Dirangkum oleh detikFood, berikut ini 5 bumbu ikan bakar nila yang yummy sanggup kau coba:

1. Bumbu Ikan Bakar Nila Pedas Manis

Bumbu halus untuk ikan bakar nila pedas bagus sanggup kau buat dengan 3 siung bawang putih, 2 buah cabai rawit, 3 buah cabai merah besar, 1 sendok teh ketumbar, 5 butir bawang merah, 4 buah cabai merah keriting, asam Jawa dan kecap bagus secukupnya.

Setelah itu dibakar hingga matang dan sajikan dengan sambal kecap yang terbuat dari kecap, tomat, cabai rawit hijau dan irisan bawang merah. Cek resep lengkapnya di sini.

2. Bumbu Ikan Bakar Nila Kecap

Bumbu kecap merupakan bumbu yang paling terkenal untuk memperabukan ikan, terutama nila. Selain penyajiannya yang mudah, rasanya juga enak, manis, gurih dan pedas. Untuk menyiapkan bumbu kecap tidaklah sulit, hanya diharapkan kecap manis, bawang merah dan putih, merica, garam, hingga jeruk nipis.

Bumbu ikan bakar nila yang pedas.Bumbu ikan bakar nila yang pedas. Foto: dok. detikFood

3. Bumbu Ikan Bakar Nila Padang

Bosan dengan bumbu ikan bakar nila kecap? Kamu sanggup menciptakan bumbu ikan bakar dengan sentuhan Padang. Bumbu Padang sanggup dibentuk dengan bumbu halus yang terdiri dari cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, daun jeruk, jahe dan lengkuas.

Cara menciptakan bumbunya ialah dengan menumis bumbu halus dan tambahkan sedikit santan. Masak hingga menyusut dan kental. Bumbu ini sanggup diolesi ke ikan ketika proses pemanggangan.

Dalam prosesnya, pemanggangan ikan ini sanggup memakai teflon yang sudah diolesi dengan sedikit minyak atau membarnya di atas arang biar rasa dan aromanya lebih mantap.

Bumbu ikan bakar nila ala Padang.Bumbu ikan bakar nila ala Padang. Foto: Istimewa

4. Bumbu Ikan Bakar Nila Pedas

Kamu salah satu pecinta makanan pedas? Nah, kalau bumbu yang satu ini terkenal sebagai bumbu ikan bakar dari Manado dengan sensasi rasa pedas. Kamu sanggup mengolah ikan bakar nila dengan bumbu ini. Bahan-bahan yang dipakai ada bawang putih, kunyit, garam, lada, cabai merah, cabai rawit, serai dan daun jeruk. Haluskan bumbu ini.

Setelah ikan dibelah dua, ikan lebih dulu dilumuri jeruk nipis biar tidak amis. Kemudian campur semua materi hingga menjadi halus. Jika suka aroma yang kuat, sebelum dioles ke ikan, bumbu halus sanggup ditumis hingga aromanya keluar. Setelah itu gres olesi ikan dengan bumbu hingga merata, dan dibakar hingga tekstur ikan renyah. Kalau suka pedas,selama memanggang sanggup diolesi sisa bumbu hingga bumbu meresap dan ikan matang.

5. Bumbu Ikan Bakar Nila Parape

Tak hanya kakap dan kerapu, kau juga sanggup mengolah ikan nila bakar dengan bumbu parape.

Sebelum mulai memasak, ada beberapa bumbu yang perlu dipersiapkan. Salah satunya ialah bawang merah, merica bubuk, kecap bagus hingga asam Jawa. Semua materi dihaluskan lalu ditumis dan siram ke atas ikan bakar. Bumbunya gurih bagus sehingga cocok dinikmati dengan sambal dan nasi hangat. Yuk, intip resepnya di sini.



Simak Video "Review 3 Martabak Legendaris, Mana yang Paling Enak?"
[Gambas:Video 20detik]

Artikel Terkait

5 Bumbu Ikan Bakar Nila, Racikan Mana Yang Kau Suka?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email