Monday, August 12, 2019

Bukan Kebetulan, Ini Alasan Makanan Ringan Elok Pengantin Sering Dibentuk Tiga Tingkat

Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Kue pengantin jadi bab penting perayaan janji nikah dan sering dibentuk tiga tingkat. Hal ini bukan kebetulan alasannya ternyata ada sejarah di baliknya.

Di sebuah program janji nikah tentu Anda sering melihat kuliner ringan manis pengantin elok yang nantinya akan dipotong oleh kedua mempelai. Jika diperhatikan, kuliner ringan manis pengantin itu selalu bertingkat dan minimal bertingkat tiga.

The Sun (7/8) melaporkan, bukan alasannya kebetulan, kue pengantin yang dibentuk tiga tingkat itu ternyata mempunyai sejarah tersendiri. Menurut tradisi, tingkat kuliner ringan manis ulang tahun paling bawah sanggup dimakan ketika program pesta berlangsung dan dua tingkat lainnya akan dibagikan sehabis acara.

Bukan Kebetulan, Ini Alasan Kue Pengantin Sering Dibuat Tiga TingkatFoto: iStock

Semua berawal ketika kurun ke-17, kuliner ringan manis pengantin sengaja harus dipersiapkan sebanyak dua kuliner ringan manis yaitu kuliner ringan manis pengantin perempuan dan kuliner ringan manis pengantin pria. Kue pengantin laki-laki biasanya berwarna gelap.

Baca Juga: Keren! Tren Kue Pengantin yang Canggih Berhiaskan Video Mapping

Bahkan pada kurun ke-19, tingkat kuliner ringan manis paling atas biasanya disimpan sampai program pembaptisan anak pertama. Itulah mengapa diperlukan resep khusus untuk menciptakan kue pengantin sanggup bertahan cukup lama, bahkan sampai bertahun-tahun sehabis pesta janji nikah diselenggarakan.

Kemudian tradisi lain pada kurun ke-20 dan ke-21, ketika banyak pasangan mulai menunggu sebelum mereka mengadakan pernikahan, arti tingkatan kuliner ringan manis pun berganti. Tingkatan kuliner ringan manis paling atas ketika itu harus disimpan untuk hari ulang tahun pertama janji nikah sang pengantin.

Bukan Kebetulan, Ini Alasan Kue Pengantin Sering Dibuat Tiga TingkatFoto: iStock

Kelezatan dari kuliner ringan manis yang ditumpuk ini memang berasal dari tradisi. Kue sengaja ditumpuk setinggi mungkin kemudian kemudian pengantin diminta untuk menciumnya. Ciuman yang dikatakan sukses adalah ketika kuliner ringan manis tidak jatuh, yang artinya pernikahannya akan bahagia.

Kue pengantin tiga tingkat yang orisinil mempunyai lapisan yang terbuat dari gula dan diolesi secara berputar, alasannya jikalau hanya dengan lapisan gula awal, maka tidak sanggup menopang kuliner ringan manis yang berat ini. Namun jikalau lapisan gula sudah mengeras, maka lapisan atasnya sanggup menopang dengan kuat.

Inspirasi kuliner ringan manis pengantin konon pertama kali diciptakan oleh pastry chef London William Rich (1755-1812), yang menciptakan model kuliner ringan manis pernikahannya sendiri di menara gereja St. Bride di London.

Baca Juga: Kue Pengantin yang Diprediksi Bakal Hits Tahun Ini

Simak Video "Cantiknya Puluhan Kue Pengantin dengan Dekorasi Menarik"
[Gambas:Video 20detik]

Artikel Terkait

Bukan Kebetulan, Ini Alasan Makanan Ringan Elok Pengantin Sering Dibentuk Tiga Tingkat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email