Thursday, August 8, 2019

Resep Soto Ayam Gurih Dan Yummy Yang Gampang Dibentuk Sendiri

Resep soto ayam. Foto: iStockResep soto ayam. Foto: iStock

Jakarta - Butuh kehangatan? Semangkuk soto ayam dapat kau nikmati. Daripada membeli, buat saja soto ayam di rumah dengan melihat resep soto ayam gurih dan enak di sini.

Rahasia kelezatan soto ayam terletak pada kuah kaldunya. Soto ayam juga sangat bermacam-macam jenisnya, ada soto ayam bening, soto ayam kuning, soto ayam dengan kuah santan hingga soto ayam Lamongan. Semua resep soto ayamnya dapat jadi inspirasi untuk jualan.

Umumnya, satu porsi soto ayam dilengkapi dengan tauge, suun, telur rebus, suwiran ayam goreng, bawang goreng, jeruk nipis, kecap, dan sambal rawit. Beberapa juga ada yang menambahkan koya serta kerupuk udang, menyerupai resep soto Lamongan.

Butuh insipirasi sajian masakan buat besok? Berikut ini beberapa resep soto ayam dari detikFood yang gurih dan enak.

1. Resep Soto Ayam Bening

Resep soto ayam bening khas Kudus.Resep soto ayam bening khas Kudus. Foto: iStock

Resep soto ayam bening ini merupakan soto yang menjadi kuliner khas Kudus. Banyak orang juga menyebutnya soto Kudus. Soto Kudus mempunyai kuah yang bening dan biasanya disajikan dengan mangkuk kecil.

Soto Kudus berisi nasi putih, suun, tauge rebus, dan siraman kuah soto. Makin enak resep soto ayam ini dilengkapi dengan perkedel kentang, sate paru, telur pindang, hingga sate kerang.

Jangan lupa ya untuk tambahkan kucuran jeruk nipis dan juga sambal. Tertarik membuatnya di rumah? Berikut ini resep soto ayam bening: soto Kudus dapat kau cek di sini.


2. Resep Soto Ayam Kuning

Resep soto ayam kuning.Resep soto ayam kuning. Foto: detikFood

Selain resep soto ayam bening, kau juga dapat menciptakan resep soto ayam kuning yang warnanya lebih cerah. Soto ayam kuning isinya ada suwiran daging ayam, tauge, suun, dan telur rebus. Tambah dengan taburan bawang goreng serta perasan jeruk nipis.

Ini beliau resep soto ayam kuning yang dapat kau contek. Klik di sini untuk lihat cara membuatnya secara lengkap.

Tertarik dengan resep soto ayam santan? Kamu dapat lihat beberapa tips dikala menciptakan resep soto ayam yang berpadu dengan santan. Apa saja ya?

Salah satu yang patut kau perhatikan ialah cara pembuatan kaldu dan juga pemilihan santannya. Selain itu pemilihan ayamnya juga perlu kau ketahui.

Resep soto ayam santan.Resep soto ayam santan. Foto: Detikfood

1. Santan

Dalam pembuatan resep soto ayam santan, kau harus menentukan santan yang segar. Sebaiknya jangan memakai santan instan, semoga rasa sotonya lebih gurih.

Pilih kelapa segar yang sudah bau tanah dengan daging tebal. Setelah diparut dan diperas, sebaiknya santan eksklusif dimasak atau disimpan dalam freezer.

2. Kuah Kaldu

Kuah kaldu dapat dibentuk dari tulang dan sayap dari ayam kampung atau ayam negeri. Potong ayam menjadi 4 bab kemudian tambahkan dengan ceker ayam dan campurkan air, masak hingga mendidih, angkat ayam. Buang air rebusan pertama.

Supaya tak kedaluwarsa anyir, ganti air panas, dan didihkan kembali. Masukkan ayam kembali kemudian masak dengan api kecil hingga ayam empuk.

3. Bumbu Resep Soto Ayam

Untuk menciptakan resep soto ayam yang gurih kau dapat memakai bumbu kuning. Bumbu halus kuning terdiri dari bawang putih, bawang merah, kemiri, dan kunyit. Jangan lupa tambahkan daun salam, serai, dan daun jeruk.

Tumis hingga harum dan bumbu berbutir halus sebagai tanda sudah matang. Angkat dan masukkan dalam air kaldu dan santan. Praktis kan?

Sajikan soto ayam dengan suwiran ayam serta beberapa perhiasan soto yaitu tauge, suun, telur rebus, hingga bawang goreng.


Selamat mencoba menciptakan resep soto ayam enak!







Simak Video "Review 3 Martabak Legendaris, Mana yang Paling Enak?"
[Gambas:Video 20detik]

Artikel Terkait

Resep Soto Ayam Gurih Dan Yummy Yang Gampang Dibentuk Sendiri
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email