Friday, August 9, 2019

Ragam Bumbu Sate Yang Cocok Dipadu Dengan Daging Kambing Sampai Sapi

Bumbu sate enak. Foto: dok. detikFoodBumbu sate enak. Foto: dok. detikFood

Jakarta - Idul Adha jadi waktu umat muslim menikmati ragam hidangan daging kurban. Daging kambing hingga sapi yummy dibentuk jadi sate. Tentu bumbu satenya harus pas dan gurih.

Potongan daging dengan selipan lemak yang dibakar hingga matang biasa disebut dengan sate. Di Indonesia, bumbu sate sangat beragam. Bumbu sate ada yang dibentuk dengan gabungan kacang dan cabai, kecap dan cabai, hingga irisan tomat dan cabai.

Untuk wangsit kau mengolah sate, detikFood punya beberapa resep bumbu sate yang dapat kau buat. Caranya praktis dan bahannya praktis dicari!

1. Bumbu Sate Kambing

Sate kambing dan bumbu sate kambing.Sate kambing dan bumbu sate kambing. Foto: dok. detikFood

Sebelum dibakar, pecahan daging kambing perlu dimarinasi terlebih dulu dengan bumbu. Bumbu yang dipakai untuk marinasi yaitu bawang putih, daun jeruk, dan ketumbar.

Sedangkan, bumbu sate kambing saat dibakar dapat memakai olesan bumbu yang terbuat dari gabungan jahe, bawang putih, dan kecap.

Bumbu sate kambing yang banyak disukai yaitu bumbu kecap. Cara meracik bumbu kecap yaitu dengan cara mengiris cabai, bawang merah, bawang goreng serta diberi kucuran jeruk limau, dan ditambah dengan kecap manis.


2. Bumbu Sate Sapi

Bumbu sate untuk menciptakan sate sapi.Bumbu sate untuk menciptakan sate sapi. Foto: iStock

Tak suka dengan kambing, daging sapi juga dapat dibentuk menjadi sate. Bumbu sate sapi dapat dibentuk lebih modern dengan mencampurkan mustard. Agar rasanya lebih gurih, kau dapat menyiapkan mustard pasta, gula pasir, bawang putih, merica bubuk, bumbu kari, dan garam.

Kalau butuh resepnya, detikFood punya resep sate sapi yummy yang dapat kau coba di rumah. Klik di sini untuk kuliner Semarang dan cek resep dan bumbu sate sapi mustardnya.

3. Bumbu Sate Ayam

Sate ayam dan bumbu sate dengan lontong.Sate ayam dan bumbu sate dengan lontong. Foto: Istimewa

Sate ayam yummy dinikmati bersama dengan bumbu sate Madura. Bumbu sate (https://www.detik.com/tag/sate) ayam Madura terbuat dari gabungan kacang tanah sangrai, cabe merah, cabe rawit, kecap manis, dan garam.

Sate ayam yang sudah dibakar, paling yummy disajikan dengan bumbu sate Madura dengan bermacam-macam pelengkap. Pelengkapnya ada bawang merah goreng, sambal rawit merah, kecap manis, serta jeruk nipis.

Tertarik menciptakan sate ayam beserta bumbu sate Madura? Klik di sini untuk lihat resep lengkapnya.

4. Bumbu Sate Maranggi

Sate maranggi.Sate maranggi. Foto: detikFood

Sate Maranggi dapat dibentuk dari daging kambing, sapi, atau ayam. Supaya lebih gurih, satenya pun tentu harus diberi lapisan lemak. Sebelum dibakar, sate dapat dimarinasi terlebih dulu dengan bumbu halus.

Bumbu halusnya menyerupai bawang merah, air asam, ketumbar, bawang putih, dan garam.

Setelah dibakar, sate pun dapat disajikan dengan bumbu uniknya. Sate khas Purwakarta ini makin yummy disajikan dengan sambal. Bumbu sate Maranggi ini dapat dibentuk dari bawang merah cincang, cuka, cabe hijau kecil cincang, 1 tomat merah cincang, dan kecap manis.

Kamu lebih suka bumbu sate yang mana detikers?



Simak Video "'Lamang Tukek', Makanan Khas Idul Adha dari Sawahtulo"
[Gambas:Video 20detik]

Artikel Terkait

Ragam Bumbu Sate Yang Cocok Dipadu Dengan Daging Kambing Sampai Sapi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email