Friday, August 9, 2019

Praktis Banget! Tips Cerdas Bikin Bakso Kenyal Pakai Daging Kurban

Foto: IstimewaFoto: Istimewa

Jakarta - Bosan daging kurban hanya dibuat rendang? Coba olah jadi bakso. Bakso enak dan kenyal makin sedap disajikan dengan kuah kaldu gurih.

Jika sanggup banyak daging sapi ketika Idul Adha, cobalah mengolahnya jadi bakso. Dengan teknik sederhana, bakso siap jadi suguhan untuk orang-orang tercinta.

Membuat bakso juga tak sulit. Simak tips dan resep lengkap ini sebelum mengolah bakso sapi.

1. Gunakan bab dagingnya saja
Praktis Banget! Tips Cerdas Bikin Bakso Kenyal Pakai Daging Kurban Foto: dok. detikFood

Bakso yang yummy dibuat dari bab daging saja. Makara pastikan untuk memisahkan daging, lemak, jeroan dan tulangnya. Boleh saja menambahkan sedikit lemak supaya bakso lebih empuk.

Setelah itu, potong-potong daging sapi jadi bab kecil supaya gampang ketika digiling. Untuk hasil maksimal, eksklusif olah daging sapi segar alasannya daging beku akan merusak tekstur bakso.

Baca juga : Sluurp! Hangat Gurih Bakso yang Kenyal Bisa Dibuat Sendiri

2. Bumbu
Praktis Banget! Tips Cerdas Bikin Bakso Kenyal Pakai Daging Kurban Foto: Zulkipli Natsir

Rasa bakso yang gurih berasal dari bumbu yang ditambahkan dalam adonan. Umumnya, bakso dibuat dengan bumbu bawang putih, bawang merah goreng, merica, garam dan abu kaldu. Semua materi ini dihaluskan sebelum dicampur dalam adonan.

Tambahkan juga bawang putih goreng untuk bakso yang lebih sedap beraroma. Bisa juga berkreasi dengan bumbu lain, contohnya sanggup menambahkan abu cabe untuk yang suka pedas.

3. Bahan tambahan
Bakso yang yummy biasanya terbuat dari 100 persen daging sapi, namun sanggup juga mencampur daging sapi dan ayam. Selain itu, ada juga beberapa materi tambahan yang diperlukan untuk menciptakan bakso.

Siapkan tepung tapioka dan es watu yang sudah dicacah. Jumlah tepung yang ideal adalah 10 persen dari berat daging. Sementara es batunya gunakan sekitar 250 gram setiap 1 kilogram daging. Es watu ini menciptakan tekstur bakso kenyal dan garing.

Kalau mau bikin bakso sapi enak, coba cek resep lengkapnya di sini.

4. Campur adonan
Praktis Banget! Tips Cerdas Bikin Bakso Kenyal Pakai Daging Kurban Foto: iStock/detikFood

Jika semua materi sudah siap, saatnya mencampurkan semua materi mulai dari daging, bumbu dan materi pelengkap. Giling dalam food processor sampai tercampur rata dan menjadi campuran yang liat serta sanggup dibentuk.

Setelah tercampur rata, ambil sedikit campuran kemudian bentuk menjadi bulat-bulat. Bisa manfaatkan sendok untuk mencungkil bakso. Rebus bakso sampai matang.

Baca juga : Bikin Bakso Sapi, Udang dan Ayam Sendiri di Rumah dengan Resep Ini

5. Kuah dan pelengkapnya
Praktis Banget! Tips Cerdas Bikin Bakso Kenyal Pakai Daging Kurban Foto: Istock

Semangkuk bakso kurang lengkap jikalau disajikan tanpa kuah. Kaldu dari rebusan tulang sapi sanggup jadi kuah bakso yang gurih. Tambah bumbu bawang putih, merica dan daun bawang untuk kuah kaldu yang sedap.

Bakso juga makin nikmat disantap hangat dengan banyak sekali pemanis mulai dari mie kuning, bihun, tauge dan sawi.

Untuk kuah yang gurih nikmat, sanggup cek resep ini.

Simak Video "Sensasi Volcano Bakso Misterius yang Pedas"
[Gambas:Video 20detik]

Artikel Terkait

Praktis Banget! Tips Cerdas Bikin Bakso Kenyal Pakai Daging Kurban
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email