Wednesday, May 22, 2019

Ternyata Ini Sebabnya Sereal Makin Yummy Disiram Susu Dingin

Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Sereal yang dicampur dengan susu sering menjadi sajian sarapan. Inilah alasan kenapa sereal biasa disajikan dengan susu.

Semangkuk sereal dengan siraman susu segar jadi sajian sarapan favorit banyak orang. Meski begitu, ada saja orang yang tak terlalu suka paduan ini. Salah satunya mengklaim air putih sanggup jadi pengganti susu untuk menciptakan rasa sereal lebih enak.

Sebenarnya ada alasan mengapa sereal harus disiram dengan susu dan mengapa cocok dimakan untuk sarapan. Apakah hanya susu saja yang cocok dicampur dengan sereal?

Baca Juga: Sarapan dengan Sereal yang Besar Kepingannya Bisa Bantu Turunkan Berat Badan


Ternyata Ini Sebabnya Sereal Makin Enak Disiram Susu DinginFoto: iStock
Dilansir dari msn (21/5) tahun 1800-an, orang Amerika sering sarapan dengan bacon, telur, daging, dan masakan berat lainnya. Tetapi karenanya banyak orang mengeluh mengalami gangguan pencernaan, dan andal kesehatan menyebutnya sebagai penyakit dispepsia.

Penyakit yang tidak terperinci ini dianggap akhir dari konsumsi masakan lengkap di pagi hari. Karenanya banyak orang beropini bahwa sarapan harus lebih ringan dan lebih sehat. Berupa masakan yang sederhana dan gampang dicerna.

Adalah James Caleb Jackson, seorang vegetarian yang mengelola sanatorium berjulukan 'Our Home on the Hillside' di Dansville, New York. Pada ketika itu, sanitarium ini dianggap sebagai retret yang menerapkan cara konsumsi makan dan olahraga sehat. Jackson juga pengikut Pendeta Sylvester Graham, penemu graham crakers yang percaya bahwa sereal sanggup membantu mengkontrol selera seksual.

Pada tahun 1870-an, Jackson mulai memasarkan produk yang disebutnya sebagai granula. Terbuat dari tepung graham yang dipanggang, dihancurkan, kemudian dipanggang kembali. Jackson dan sang ibu Lucretia menyampaikan bahwa granula yang dimakan kering itu rasanya sangat keras menyerupai menelan puing-puing bangunan. Lucretia mengingatkan bahwa sereal harus direndam dalam susu atau air hangat.

Kemudian pemilik sanatorium lain yang berjulukan John Harvey Kellogg menggandakan resep yang sama dengan Jackson. Kellogg, yang mempunyai Battle Creek Sanitarium di Battle Creek, Michigan, menyebutnya sebagai granola bukan granula. Sengaja dibentuk beda untuk menghindari dilema hukum.

Ternyata Ini Sebabnya Sereal Makin Enak Disiram Susu DinginFoto: iStock

Pada 1889, Kellogg menjual dua ton granola dalam seminggu. Pada 1903, lebih dari 100 perusahaan sereal beroperasi di Battle Creek. Tentu saja, menjadi populer alasannya ialah Corn Flakes milik Kellogg jauh lebih menarik. Bahkan granola milik Kellogg diproses menjadi lebih lembut, sehingga tetap cocok untuk dihidangkan dengan susu.

Susu paling tepat untuk menambah kelembapan pada masakan kering tanpa mengubah rasa. Seperti sereal, susu juga identik dengan kesehatan, penuh vitamin dan kalsium. Kemudian dalam iklan di surat kabar Corn Flakes 1922, Kellogg's memperlihatkan saran kombinasi menarik. "Dengan susu hambar dan buah segar yang lezat, tekstur Kellog's makin renyah, dan menggugah selera."

Salah satu penelitian ilmiah yang diterbitkan dalam Journal of Food Science pada 2011, menemukan bahwa lemak dalam susu sanggup melekat pada permukaan sereal dan menjaga sereal renyah lebih usang dibandingkan kalau dicelupkan ke dalam air.

Baca Juga: Sebut Sereal Enak Diaduk Air Putih, Akun Ini Bikin Netizen Heran

Artikel Terkait

Ternyata Ini Sebabnya Sereal Makin Yummy Disiram Susu Dingin
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email