Thursday, May 9, 2019

Resep Kering Tempe Renyah Untuk Lauk Sahur

Foto: detikfoodFoto: detikfood

Jakarta - Kering tempe renyah yang gurih manis rasanya yummy disantap dengan nasi hangat. Agar sukses menciptakan kering tempe renyah simak tipsnya.

Kering tempe merupakan lauk suplemen nasi uduk, nasi kuning atau nasi langgi dan nasi rames. Meski terlihat sederhana dan mudah, buktinya masih banyak yang gagal menciptakan kering tempe. Melempem dan terlalu manis. Beberapa hal ini perlu Anda perhatikan ketika menciptakan kering tempe yang renyah dan gurih.


Resep Kering Tempe Renyah Untuk Lauk SahurFoto: Istock

1. Tempe

Pilih tempe yang manis kualitasnya. Butir kedelainya rapat dan padat. Jika ditekan agak keras dan tidak empuk atau lembek. Siapkan 1 potong besar tempe sekitar 500 gram.

Potong-potong tempe dengan pisau tajam berukuran 2 mm x 0.5 cm x 3 cm. Taruh pecahan tempe ini di baki atau tampah. Angin-anginkan sambil sesekali aduk sampai agak kering. Goreng irisan tempe hinggga kuning kecokelatan dan kering. Angkat dan tiriskan. Taruh di atas baki sampai dingin.

Resep Kering Tempe Renyah Untuk Lauk SahurFoto: iStock

2. Bahan dan bumbu lainnya

Siapkan 100 gram cabe merah besar, buang bijinya, iris sering tipis. Siapkan juga 8 butir bawang merah dan 4 siung bawang putih. Iris tipis keduanya. Goreng cabe merah sampai agak kering. Goreng bawang merah dan bawang putih sampai kering. Sisihkan. Siapkan bumbu lainnya. 2 cm lengkuas, 1 lembar daun salam, 4 sdm gula pasir dan 1 sdm gula merah yang audah disir halus.

Resep Kering Tempe Renyah Untuk Lauk SahurFoto: detikfood

3. Bahan tambahan

Jika akan ditambahkan teri dan kacang. Siapkan 50 g teri tawar dan 50 g kacang tanah. Goreng keduanya terpisah sampai kering. Untuk teri, pilih jenis teri tawar menyerupai teri Medan yang kecil putih, teri jengko yang utuh dengan kepala atau teri belah tawar yang pipih.

4. Mencampur bahan

Untuk mencampur semua bahan, panaskan 3 sdm minyak dalam wajan. Masukkan gula pasir, gula merah, daun salam dan lengkuas. Bubuhi sedikit garam. Tuangi 200 ml air dan didihkan sampai kental.

Jika gabungan gula ini sudah berbuih merata di seluruh permukaan wajan dan agak kental, masukkan tempe, cabe merah goreng, teri goreng, kacang goreng, bawang merah dan bawang putih goreng. Aduk-aduk sampai seluruhnya tercampur rata. Setelah dingin, kemas dalam wadah bertutup rata.


Artikel Terkait

Resep Kering Tempe Renyah Untuk Lauk Sahur
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email