Monday, May 13, 2019

Perlu Kau Tahu, 9 Hal Yang Dapat Dilakukan Dengan Microwave

Foto: GettyImagesFoto: GettyImages

Jakarta - Microwave jadi alat dapur andalan banyak orang. Tak sekadar memanaskan makanan, Anda sanggup melaksanakan 9 hal ini dengan microwave.

Beberapa waktu ini, banyak juru masak profesional yang memuji microwave alasannya sanggup dipakai untuk aneka macam kebutuhan. Pakar masakan Kathy Fang menyampaikan "Microwave sanggup melaksanakan multitasking, terutama kalau kau sudah mempunyai beberapa materi yang dimasak dengan kompor atau sesederhana kalau sibuk dengan aneka macam kiprah sehingga tidak perlu khawatir masakan menjadi gosong. Microwave juga metode yang lebih cepat dalam memasak, ideal untuk pemula alasannya memangkas waktu memasak dan persiapan."

Berikut beberapa kegunaan microwave yang menjadi favorit para chef dan pakar kuliner. Trik yang dirangkum Self (13/5) ini sanggup Anda praktekkan di rumah.

Baca juga: Tirukan Makanan yang Tengah Berputar Kaprikornus Tren Terbaru Microwave Challenge

Perlu Kamu Tahu, 9 Hal yang Bisa Dilakukan dengan Microwave Foto: iStock

1. Rempah kering
Karena fungsi microwave yang terpusat pada materi dan memanaskan air, Abbey Sharp, R.D, yang merupakan seorang penulis Mindful Glow Cookbook, menyampaikan bahwa microwave juga manis untuk menciptakan rempah kering. Meski begitu, disarankan untuk memakai rempah ibarat rosemary dan thyme, alasannya rempah yang halus ibarat daun mint dan bakteri tidak tahan terhadap kekuatan panas microwave. Untuk melakukannya, jajarkan rempah daun diantara dua helai tisu dapur dan panaskan pada temperatur tinggi selama 2-3 menit.

2. Mengupas bawang
Jika Anda tidak menyukai aroma dan rasa lengket yang ditinggalkan ketika mengupas bawang putih, maka gunakanlah microwave. Masukan satu bonggol bawang putih kedalam microwave dan panaskan selama 15-20 detik dengan temperatur tinggi. Setelahnya, kulit bawang akan lebih gampang dikupas tanpa tunjangan pisau.

3. Mengukus ikan
Buatlah ikan kukus yang sehat dengan memakai microwave. Caranya, masukan ikan dalam mangkuk dangkal, lumuri dengan butter atau minyak zaitun, garam, lada, dan rempah lain sesuai resep. Kemudian tambahkan air ke dalam mangkuk dan bungkus memakai plastic wrap kemudian tusuk-tusuk kecil plastik supaya mendapat sirkulasi udara. Panaskan dalam temperatur tinggi selama 6-7 menit.

Perlu Kamu Tahu, 9 Hal yang Bisa Dilakukan dengan Microwave Foto: iStock

4. Mematangkan pisang
Untuk sanggup segera mengonsumsi pisang yang masih mentah, matangkanlah memakai microwave. Tusuk kulit pisang dengan garpu ke seluruh kulit pisang untuk mencegah letupan. Kemudian, panaskan dalam microwave selama 1-2 menit.

Baca juga: Duh, Gadis Ini Buta Gara-Gara Masak Telur di Oven Microwave

5. Melelehkan butter atau cokelat
Cara yang lebih gampang dan cepat untuk melelehkan butter atau cokelat yakni dengan memakai microwave. Cukup masukan cokelat atau butter yang telah di potong-potong dalam mangkuk dan panaskan selama 30 detik sambil diaduk sesekali.

6. Memasak telur
Telur merupakan salah satau materi yang sangat terkenal untuk diolah memakai microwave. Dari aneka macam resep yang ada, Anda sanggup mencoba resep Chawanmushi khas Jepang ibarat rekomendasi dari Fang. Bahan yang diperlukan dalah 2 butir telur, garam, lada, kucai, air, minyak wijen, dan tamari atau kecap asin. Pengolahannya pun sangat mudah, cukup kocok telur, air, dan bumbu kemudian panaskan dalam microwave memakai mangkuk selama 3 menit kemudian taburi dengan kucai dan sedikit kecap asin.

Perlu Kamu Tahu, 9 Hal yang Bisa Dilakukan dengan Microwave Foto: iStock

7. Mengeluarkan air lemon
Ketika memeras lemon, tentu menyebalkan kalau air tidak keluar dengan sempurna. Agar air lemon keluar dengan maksimal, panaskan lemon dalam microwave selama 15 detik sebelum diperas.

8. 'Memanggang' kentang
Memanggang memang lebih ideal dilakukan dengan oven. Namun ternyata microwave di rumah Anda juga sanggup dipakai untuk memperlihatkan fungsi memanggang kentang. Caranya, masukkan kentang ke dalam mangkuk dan berikan sedikit air, kemudian panaskan selama 5 menit untuk setiap sisi. Untuk metode ini, Anda tidak perlu melumuri kentang dengan minyak zaitun yang tentunya lebih praktis.

Perlu Kamu Tahu, 9 Hal yang Bisa Dilakukan dengan Microwave Foto: Istimewa

9. Membuat kue
Berbagai resep camilan manis yang sanggup dimasak mengunakan microwave memang terkenal alasannya sangat mudah. Kue dalam gelas atau mug cake sanggup anda buat dengan mencampurkan telur, tepung, cokelat atau pelengkap isian lain, kemudain memasukannya dalam microwave sampai mengembang.

Baca juga: Ini 12 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Saat Memakai Oven Microwave (1)

Artikel Terkait

Perlu Kau Tahu, 9 Hal Yang Dapat Dilakukan Dengan Microwave
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email