Friday, May 24, 2019

Mau Bikin Biji Ketapang Lezat Dan Renyah? Ikuti Tips Berikut

Foto: istimewaFoto: istimewa

Jakarta - Setiap momen Idulfitri ada kudapan khas Betawi yang kerap hadir. Ya, biji ketapang yang cantik renyah kriuk-kriuk. Meskipun mudah, biji ketapang yang lezat harus diolah dengan teknik khusus.

Untuk menciptakan kudapan berbentuk bundar runcing ini terbilang mudah, materi bakunya juga sederhana. Tapi diharapkan beberapa trik untuk menghasilkan biji ketapang yang renyah.

Kalau lebaran tahun ini ingin menciptakan biji ketapang yang empuk renyah dan enak, simak serta ikuti tips berikut.

1. Pilih bahan
Mau Bikin Biji Ketapang Enak dan Renyah? Ikuti Tips Berikut Foto: istimewa

Untuk menciptakan biji ketapang, diharapkan beberapa materi mulai dari tepung terigu, margarin, gula pasir, santan dan kelapa parut. Gunakan tepung terigu protein sedang biar biji ketapang bertekstur empuk dan renyah.

Perhatikan juga penggunaan santan kentalnya, pastikan menggunakan santan segar. Demikian juga perhatikan kesejukan kelapa parut sebab santan dan kelapa ini yang memilih rasa gurih dari biji ketapang.

Baca juga : Kriuk Renyah Biji Ketapang Ini Cocok Buat Sajian Idulfitri

2. Sangrai kelapa
Mau Bikin Biji Ketapang Enak dan Renyah? Ikuti Tips Berikut Foto: istimewa

Sebelum dicampur dengan banyak sekali materi lain, kelapa parut harus lebih dulu disangrai. Siapkan wajan anti lengket kemudian sangrai kelapa parut hingga kering dan berwarna kecoklatan.

Sangrai kelapa dengan api kecil sambil terus diaduk, perhatikan warna kelapa biar tidak terlalu gosong. Setelah kelapa siap, haluskan menggunakan blender hingga menjadi debu kelapa yang harum.

3. Cara mencampur bahan

Saat menciptakan adonan biji ketapang, materi pertama yang harus dicampur yaitu gula pasir, garam, telur dan santan. Aduk semua materi ini hingga tercampur rata kemudian sisihkan.

Buat adonan kedua yakni adonan tepung terigu dan kelapa sangrai. Aduk hingga rata kemudian tambahkan margarin dan aduk kembali hingga tercampur rata. Campur kedua adonan kemudian uleni hingga jadi adonan yang gampang dicetak.

4. Cetak adonan dan goreng
Ambil bertahap adonan, kemudian pulung memanjang. Gunakan gunting untuk memotong adonan biar balasannya sama rata. Usahakan untuk menciptakan biji ketapang ukuran kecil setidaknya setebal 1 cm.

Setelah biji ketapang tercetak, panaskan minyak di atas api sedang kemudian goreng adonan hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan biji ketapang.

Baca juga : Kriuk... Kriuk si Biji Ketapang

5. Simpan
Mau Bikin Biji Ketapang Enak dan Renyah? Ikuti Tips Berikut Foto: istimewa

Saat sudah matang, biji ketapang harus didiamkan terlebih dulu hingga dingin. Menyimpan biji ketapang yang masih hangat akan membuatnya lembab dan cepat melempem.

Untuk menciptakan tekstur biji ketapang yang renyah dan tidak keras, kudapan ini juga harus disimpan dalam wadah kedap udara. Gunakan stoples dengan epilog rapat dan simpan dalam suhu ruang serta jauh dari sinar matahari. Kalau mau menciptakan biji ketapang enak, coba cek resep lengapnya di sini.



Artikel Terkait

Mau Bikin Biji Ketapang Lezat Dan Renyah? Ikuti Tips Berikut
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email