Monday, May 27, 2019

Makanan Legendaris Di Nirwana Masakan Sepanjang Jalur Mudik

Foto: Fitraya RamadhannyFoto: Fitraya Ramadhanny

Jakarta - Idulfitri segera tiba, sebagian besar masyarakat Ibukota siap berbondong mudik ke kampung halaman. Sepanjang perjalanan mudik, banyak masakan khas yang patut disambangi.

Melintasi jalur Pantai Utara dan Pantai Selatan ketika pulang kampung bukan hanya akan dimanjakan pemandangan yang indah tapi juga masakan enak. Hampir setiap kota yang dilewati jalur pulang kampung mempunyai ragam masakan khas yang sayang dilewatkan.

Misalnya di jalur Pantura yang melintasi daerah Cirebon, Brebes, Tegal, Pekalongan, Semarang, Solo, Surabaya hingga Banyuwangi. Sebut saja ketika melintas Cirebon, pemudik dapat jajan telur asin yang gurih.
Makanan Legendaris di Surga Kuliner Sepanjang Jalur MudikFoto: Fitraya Ramadhanny

Baca juga : Mudik ke Solo? Jangan Lupa Cicipi 5 Kuliner Legendaris Ini Bersama Keluarga

Lanjut lagi ke daerah Brebes harus mencicip sate batibul hingga nasi gombyang. Beralih ke daerah jalur Batang-Semarang tak lengkap tanpa mencicip nasi megono hingga sate kendal yang fenomenal.

Nah jikalau sempat singgah di Semarang ketika malam hari, pastikan untuk menikmati wisata masakan di daerah Simpang Lima. Hingga kesudahannya jalur berakhir di Banyuwangi yang punya sego tempong dan rujak soto enak.

Lain lagi jikalau pulang kampung melintasi jalur Selatan, ragam kulinernya tak kalah menggoda. Baru hingga Bandung saja, selera sudah digoda dengan sajian hangat mie kocok atau bubur ayam Bandung, belum lagi paket nasi timbelnya yang harum.

Ketika datang di Yogyakarta, rugi rasanya jikalau tak menjajal aneka masakan legendaris yang populer enak sekaligus murah meriah. Jangan lewatkan kopi joss atau sate klathak yang maknyus.

Tak hanya mencicip, beberapa masakan yang punya masa simpan lama, dapat juga dijadikan oleh-oleh ataupun bekal selama perjalanan.

Semua masakan ini dapat dicicipi ketika pulang kampung mengendarai kendaraan pribadi. Kalau punya banyak waktu, tak usah ragu untuk keluar masuk tol demi dapat makan enak.
Makanan Legendaris di Surga Kuliner Sepanjang Jalur MudikFoto: Getuk Goreng Banyumas

Baca juga : 100 Mak Nyus Jalur Mudik Buku Panduan Wajib Buat Pemudik

Oya, sebelum berangkat mudik, pastikan juga sudah menyiapkan perbekalan kuliner dan minuman yang cukup. Siapkan beberapa kuliner dan minuman mudah yang dapat disantap sebagai kuliner sahur atau berbuka puasa selama di perjalanan.

Sementara itu buat yang tak pulang kampung niscaya tak kalah sibuk. Menu sajian Idulfitri tentu sudah siap diolah. Lontong, ketupat hingga bermacam-macam lauknya menjadi suguhan ikonik lebaran. Selain resep andalan keluarga, Anda juga dapat menyelipkan sajian gres dari banyak sekali daerah.

Kalau tak berilmu memasak, kami akan memandu Anda dengan bermacam-macam tips. Dari bikin ketupat atau lontong plus lauk-pauknya hingga menyetok lauk untuk hari H. Meskipun tanpa tangan kanan rumahtangga, sajian lebaran lengkap dapat tetap tersaji.

Pada ulasan Kuliner Mudik dan Lebaran, detikFood akan menemani Anda mudik dengan rekomendasi tempat santap di jalur mudik. Juga bermacam-macam resep-resep mudah sajian lebaran untuk suguhan tamu di rumah. Ada info, tips hingga trik menyiasati sajian lebaran yummy tanpa repot. Pantau terus Detikfood ya! Selamat pulang kampung dan selamat berlebaran!

Artikel Terkait

Makanan Legendaris Di Nirwana Masakan Sepanjang Jalur Mudik
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email